PENGARUH KOMUNIKASI, KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN HEAD OFFICE PT TRUELOGS GEO ENERGI

Penulis

  • Firza Rahadian Dwi Putra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Eko Wahyu Widayat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Komunikasi, Kompensasi, Motivasi, Kinerja Karyawan

Abstrak

Sumber Daya Manusia merupakan aset paling utama dalam perusahaan. Untuk mencapai tujuan perusahaan diperlukan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Agar keberlangsungan perusahaan tetap berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan perusahaan maka hal yang perlu diperhatikan adalah kinerja karyawannya. Dampak negatif dari penurunan kinerja karyawan dari berbagai faktor mengakibatkan tingginya tingkat keluar masuk karyawan (turnover).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Komunikasi, Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Head Office PT Truelogs Geo Energi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif  asosiatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Menggunakan sampel berjumlah 34 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 18% faktor-faktor kinerja karyawan dapat  dijelaskan oleh komunikasi, kompensasi dan motivasi sedangkan sisanya 82%  dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel komunikasi, kompensasi dan motivasi secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (3,422) > Ftabel (2,920). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel komunikasi menunjukkan hasil analisis thitung (1,833), variabel motivasi menunjukkan hasil analisis thitung (1,883) dimana ttabel (1,697), maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan head office PT Truelogs Geo Energi. Adapun variabel kompensasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan head office PT Truelogs Geo Energi dengan nilai hasil analisis thitung (0,438). Variabel dominan yang mempengaruhi kinerja karyawan head office PT Truelogs Geo Energi adalah komunikasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ardansyah dan Wasilah. (2014). Pengawasan, Disiplin Kerja dan Kinerja Pegawai Badan Pusat Statistik Kabupaten Lampung Tengah. Vol. 16.No2. Lampung: Universitas Bandar Lampung.

Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Cetakan IV. Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu S.P. (2006). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. Martoyo, Susilo. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: PT BPFE Yogyakarta.

Rachman, Taufiq. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Pertama. Diedit oleh Risman Sikumbang. Bogor: Ghalia Indonesia.

Situmorang, S. H., D. M. J. Dalimunthe., I. Muda, M. Lufti., & Syahyunan. (2008). Analisis Data Penelitian (Menggunakan Program SPSS). Cetakan Pertama. Medan: USU Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Unaradjan. D. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya.

Uno B. Hamzah, (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan.

Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wibowo. (2014). Perilaku Dalam Organisasi. Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Widodo, Suparno Eko. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zainal, Veithzal Rivai, DKK. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-29

Cara Mengutip

Rahadian Dwi Putra, F., & Wahyu Widayat, E. (2022). PENGARUH KOMUNIKASI, KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN HEAD OFFICE PT TRUELOGS GEO ENERGI. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 2(2), 112–120. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/29 (Original work published 29 Oktober 2022)