STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SAYURAN LAPAK BAPAK MA’MUN DI CIKERETEG BOGOR

Penulis

  • Heni Fitrian Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Altatit Dianawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Data Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Matriks Internal Eksternal (IE), Analisis SWOT, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan usaha sayuran pada lapak Bapak Ma’mun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deksriptif dengan pengumpulan data menggunkan kuesioner dengan jumlah sampel 3 orang. Pengolahan data menggunakan analisis data internal factor evaluation (IFE), external factor evaluation (EFE), matriks internal eksternal (IE), analisis SWOT, dan quantitative strategic planning matrix (QSPM). Berdasarkan hasil identifikasi didapatkan 14 faktor internal dan 11 faktor eksternal yang dapat digunakan untuk menilai kondisi lapak Bapak Ma’mun. Dari hasil pengolahan data, total skor bobot pada matriks Internal Factor Evaluation (IFE) yaitu 2,46 dan total skor bobot matriks External Factor Evaluation (EFE) yaitu 3,54. Total skor bobot matriks IFE dan EFE dimasukkan ke dalam matriks Internal-Eksternal (IE), sehingga diketahui bahwa posisi lapak Bapak Ma’mun berada pada sel II. Selanjutnya dirancang alternatif strategi menggunakan matriks SWOT. Kemudian alternatif strategi yang diperoleh dari matriks IE dan matriks SWOT diberikan skor daya tarik terhadap faktor-faktor utama kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk memperoleh prioritas strategi yang akan dijalankan oleh pemilik usaha sayuran lapak Bapak Ma’mun. Berdasarkan hasil pada tahap keputusan diperoleh strategi yang memiliki prioritas tertinggi yaitu strategi “Menyediakan produk yang bervariatif dan mengoptimalkan pemasaran yang dapat dilakukan melalui sosial media untuk meningkatkan penjualan”.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

David, F. & Forest. R. David (2016). Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing . Jakarta: Salemba Empat. Hal 4, 65, 66, 111, 171, 172, 181, 182, 185, 186

Miftakhulhuda, A., & D. Elvianita. (2018). Pengantar Manajemen Strategik. Bali: Jayapangus Press.

Samsu, S. M. (2017). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet. Hal: 142

Tamia, V., Zaini, O. K., Irawan, A. W., & Soepardi, M. (2021). Analisis Strategi Pemasaran pada Produk UMKM (Studi Kasus Pada Vivan Shoes di Kecamatan Ciomas Kota Bogor). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, Vol 6(4).

Yam., J. H. (2020). Manajemen Strategi konsep & Implementasi. Makassar : CV. Nas Media Pustaka. Hal 18-21, 30

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-29

Cara Mengutip

Fitrian Dewi, H., & Dianawati, A. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SAYURAN LAPAK BAPAK MA’MUN DI CIKERETEG BOGOR. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 2(2), 121–132. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/30 (Original work published 29 Oktober 2022)