PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MEREK AQUA DI KOTA BOGOR

Penulis

  • Nara Tirta Tirani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Eko Wahyu Widayat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

Kata Kunci:

Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstrak

Air minum dalam kemasan atau yang biasa disebut AMDK adalah air yang diolah dengan menggunakan teknologi tertentu, kemudian dikemas dalam beberapa ukuran. Adapun ukuran air minum kemasan yang umum antara lain : gelas 240 ml, botol 330 ml, botol 600 ml, botol 750 ml, botol 1500 ml, galon 19 l maupun ukuran kemasan lainnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif degan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis linear berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 36,80% faktor – faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh produk, harga, dan promosi sedangkan sisanya 63,20% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel produk, harga dan promosi secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis, yaitu nilai Fhitung (20,201) > dari Ftabel = (2,70). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel produk menunjukkan hasil analisis thitung (4,190) dan variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung (2,025) dimana ttabel (1,985) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Aqua di Kota Bogor. Adapun variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Aqua di Kota Bogor dengan hasil nilai analisis thitung (0,168). Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk Aqua di Kota Bogor adalah produk.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Cetakan Pertama. Yogyakarta:SUKA- Press UIN Sunan Kalijaga. (5, 58, 59, 67,129, 130).

Daud, Z. U. (2018). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Jurnal Manajemen Dan Keuangan. ISSN:2615-1316. Vol. 7, No. 2. November 2018. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. Aceh. (174 – 183)

Firmansyah, A. M. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning and Strategy). Cetakan Pertama. Surabaya:CV Penerbit Qiara Media. (260, 262).

Gerung, C. J., Sepang, J., Loindong, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail Pada Pt. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA. ISSN:2303-1174. Vol. 5 No. 2. Juni 2017. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen. Universitas Sam Ratulangi. Manado. (2221 – 2229).

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. UNDIP Semarang. (161-167).

Imanudin. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Pt. Citra Makmur Sejahtera. Jurnal Indonesia Membangun. ISSN:2579- 8189. Vol. 20, No. 2. Mei-Agustus 2021. Program Studi Manajemen. STIE Tridharma.

Bandung. (54 – 63).

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Cetaka Pertama. Surabaya:Unitomo Press. (9, 26, 27, 28, 32, 33, 36, 38, 39, 42, 43, 44, 45, 70, 71, 74,

.

Mamlukhah, M., & Setiawan, A. (2022). Pengaruh Promosi (Promotion) Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah Satuan Pendidikan Muadalah (SPM) Ulya Blokagung Banyuwangi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 3(2), 304-314.

Nalendra, A. R. A., Rosalinah, Y., Priadi, A., Subroto, I., Rahayuningsih, R., Lestari, R., Kusamandari, S., Yuliasari, R., Astuti, D., Latumahina, J., Purnomo, M. W., Zede, V.

A. (2021). Statistika Seri Dasar Dengan SPSS. Bandung:Penerbit Media Sains Indonesia. (28).

Puspitasari, R. S. L. (2021). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Central Asia (Studi Kasus Nasabah KCP BCA Kota Bogor). Program Studi Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI. Depok.

Simarmata, H. M. P., Revida, E., Sari, I. K. J., Simatupang, S, Faisal, A. S. M., Tjiptadi, D. D., Anggusti, S. M., Muliatie, Y. E. (2021). Manajemen Perilaku Konsumen dan Loyalitas. Cetakan Pertama. Medan:Yayasan Kita Menulis. (106).

Sudirman, A., Alaydrus, S., Rosmayati, S., Syamsuriansyah., Nugroho, L., Arifudin, O., Hanika, I. M., Haerany, A., Rusmana, F. D., Rijal, K. (2020). Perilaku Konsumen Dan Perkembangannya Di Era Digital. Cetakan Pertama. Bandung:Penerbit Widina Bhakti Persada. (29, 30).

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. (02, 08).

Internet :

https://m.liputan6.com/bisnis/read/2471902/7-negara-dengan-konsumsi-air-minum-botol- terbanyak-di-dunia (diakses pada hari Senin, 07 Maret 2022. Jam 14.58 WIB)

https://bisnisindonesia.id/article/2022-industri-amdk-diproyeksi-tumbuh-7-persen (diakses pada hari Senin, 07 Maret 2022. Jam 15.32 WIB)

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/05/sebagian-besar-masyarakat-indonesia- minum-air-isi-ulang-pada-2020 (diakses pada hari Senin, 07 Maret 2022. Jam 16.33 WIB)

https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=aqua (diakses pada hari Senin, 07 Maret 2022. Jam 17.55)

https://www.bps.go.id/indicator/5/2107/1/rata-rata-konsumsi-perkapita-seminggu-menurut- kelompok-makanan-dan-minuman-jadi-per-kabupaten-kota.html (diakses pada hari Senin, 07 Maret 2022. Jam 16.49 WIB)

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-29

Cara Mengutip

Tirta Tirani, N., & wahyu Widayat, E. (2022). PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MEREK AQUA DI KOTA BOGOR. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 2(2), 167–176. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/34 (Original work published 29 Oktober 2022)