STUDI KELAYAKAN BISNIS KEDAI KOPI SOLDADU DI TAMAN PERANGINAN KOTA BOGOR

Penulis

  • Arshala Maharani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Desi Harsanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Studi Kelayakan Bisnis, Aspek Finansial, Aspek Non Finansial.

Abstrak

Budaya minum kopi saat ini telah mengalami pergeseran. Kedai kopi saat ini menjadi sebuah gaya hidup dan kebutuhan modernisasi yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan dan profesi. Selain itu, jumlah masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi kopi meningkat secara signifikan. Konsumsi kopi pada 2016 mencapai sekitar 250 ribu ton dan tumbuh 10,54% menjadi 276 ribu ton. Konsumsi kopi Indonesia sepanjang periode 2016-2021 diprediksi tumbuh rata-rata 8,22% per tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mencari tahu mengenai hal-hal baru tentang sebuah fenomena yang belum banyak diketahui masyarakat umum. Hasil penelitian berdasarkan aspek finansial dan non finansial dapat dinyatakan layak dan dapat memberikan keuntungan dengan NPV pada Kedai Kopi Soldadu menunjukkan hasil positif yaitu sebesar Rp. 110.654.266, IRR sebesar 63,3%, PI sebesar 2,1 kali dan payback period selama 1 tahun 8 bulan 23 hari.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aditama, R. A. dan M. Rofiudin (2020). Pengantar Bisnis. Malang: AE Publishing.

Adyana, I. Made. (2020). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Lembaga PenerbitanUniversitas Nasional (LPU-UNAS).

Bungin, Burhan. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Fahmi, Irham. (2016). Manajemen Operasi dan Produksi. Bandung: Alfabeta.

Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Jakarta: Pranamedia Group.

Hamdir, A. W. (2019). Studi Kelayakan Bisnis Pendirian Coffee & Coworking Space Yogyakarta. [Skripsi]. Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada.

Haryanto, Felix. (2019). Rencana Pendirian Usaha Coffee Shop Na Kulana di Sukasari, Bogor. [Skripsi]. Jakarta. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.

Kasmir dan Jakfar. (2020). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Pranamedia Group.

Kotler, P. dan K. L. Keller (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lubis, R. M. (2020). Studi Kelayakan Usaha Coffee Shop Komit. [skripsi]. Medan. Universitas Sumatera Utara.

Mangkunegara, A. A. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Musafar, Tengku. F. (2020). Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Rosyada, Dede. (2020). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana

Subagyo, Ahmad (2008). Studi Kelayakan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyanto., L. Nadi dan I. K. Wenten. (2020). Studi Kelayakan Bisnis Teknik Mengetahui Bisnis Dapat Dijalankan atau Tidak.. Banten: Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM).

Sutrisno, Edy. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tanjung, A. A dan Mulyani. (2021). Metodologi Penelitian: Sederhana, Ringkas, Padat dan Mudah Dipahami. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Thamrin, C. H. (2014). Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublisher CV Budi Utama.

Coffee, S. (n.d.). Sejarah dan Jenis Kopi Dunia dan Indonesia. Diakses pada 21 Maret 2022, dari sasamecoffee.com: https://www.sasamecoffee.com/kopipedia/sejarah-dan-jenis-kopi/

Ekarina. (2020, November 9). Trend Bisnis Kedai Kopi 2021. Diakses pada 14 Maret, 2022, dari katadata.co.id: https://katadata.co.id/ekarina/berita/5fa93cddb3869/tren-bisnis-kedai-kopi-2021-harga-makin-terjangkau-kualitas-bersaing

Kurniawan, D. (18 Desember, 2019). Kedai Kopi di Indonesia Hampir Mencapai 3000 Gerai. Diakses pada 14 Maret 2022, dari voi.id: https://www.google.com/amp/s/voi.id/amp/925/kedai-kopi-di-indonesia-hampir-mencapai-3-000-gerai

Nestle. (n.d.). Sejarah dan Ragam Jenis Kopi di Indonesia. Diakses pada 29 Maret, 2022, dari nescafe.com: https://www.nescafe.com/id/artikel/sejarah-dan-ragam-jenis-kopi-di- indonesia#:~:text=Seperti%20sejarah%20pada%20umumnya%2C%20sejarah,sebuah%20daerah%20agrikultur%20dekat%20Batavia.

Rizeki, D. N (19 Januari 2022). Term of Reference: Definisi, Isi, dan Cara Membuat TOR. Diakses pada 13 April 2022, dari https://majoo.id/solusi/detail/term-of-reference-tor-adalah

Yuliandri, M. T. (12 November 2015). Evolusi Kedai Kopi. Diakses pada 21 Maret 2022, dari m.ottencoffee.co.id: https://m.ottencoffee.co.id/majalah/evolusi-kedai-kopi

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-29

Cara Mengutip

Maharani, A., & Harsanti, D. (2022). STUDI KELAYAKAN BISNIS KEDAI KOPI SOLDADU DI TAMAN PERANGINAN KOTA BOGOR. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 2(2), 185–195. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/36 (Original work published 29 Oktober 2022)