PERANAN PERILAKU KONSUMEN DALAM PEREKONOMIAN MODERN DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.58890/eleste.v5i1.366Kata Kunci:
Peranan, Perilaku Konsumen, Perekonomian, ModernAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membahas tentang bagaimana peranan perilaku konsumen dalam perekonomian modern di Indonesia. erilaku konsumen adalah studi tentang bagaimana individu, kelompok, atau organisasi memilih, membeli, menggunakan, dan menghabiskan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan mereka. Dalam konteks perekonomian modern, perilaku konsumen memegang peranan yang sangat penting, karena konsumsi merupakan salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan Kualitatif dengan jenis data mengunakan data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Revolusi digital melalui perkembangan system informasi memberikan banyak kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan bagi konsumen baik dalam penggunaan maupun kelebihan manfaat yang dapat diberikan untuk memberikan perubahan perilaku pada konsumen dan pelaku bisnis lainya. (2) Perilaku konsumen dalam perekonomian modern di Indonesia sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling berinteraksi, baik secara ekonomi, sosial, maupun psikologis yang memungkinkan mereka untuk membuat keputusan yang lebih terinformasi dan kompleks. (3) Perubahan demografis meningkatnya kesadaran sosial dan lingkungan di kalangan konsumen, yang mengarah pada preferensi terhadap produk yang ramah lingkungan dan etis. (4) Perilaku konsumen juga tidak hanya dipengaruhi oleh faktor rasional seperti harga dan kualitas produk, tetapi juga oleh faktor psikologis dan emosional serta mampu memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan interaksi dan pengalaman pelanggan
Unduhan
Referensi
Evasari, A. D., Yani, A., & Syahputra, E. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Pasar Pucung Jambean Kras Kediri Pada Masa Pandemi Covid-19. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 136-141. https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v11i1.2655
Fitri. (2018). Analisis Prioritas Solusi Pengelolaan Wakaf Produktif. Jurnal Al-Muzara’ah, 6(1), 41–59. https://doi.org/10.29244/jam.6.1.41-59
Hariadi, G. T. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen berbelanja di minimarket (Studi pasa Indomaret dan Alfamart di Semarang). Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis (JPEB), 16-23.
Indranata, C. J. (2022). Perilaku Konsumen Islam Modern Perspektif Konsumsi dalam Islam. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 22(01), 59-81. https://doi.org/10.32939/islamika.v22i01.1094
Nisa, K. (2020). Analisis perilaku konsumen dalam memilih tempat belanja (studi kasus minimarket dan toko kelontong di Kelurahan Kali Rungkut Kecamatan Rungkut Kota Surabaya). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1281-1288. https://doi.org/10.47492/jip.v1i7.251
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sari, D. M. (2023). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Beras Organik di Pasar Modern Kota Jambi. fakultas pertanian universitas jambi.
Zusrony, E. (2021). Perilaku konsumen di era modern. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-159.