ANALISIS EFEKTIFITAS MANAJEMEN KEUANGAN PADA INSTITUSI PENDIDIKAN DI TINGKAT TK
DOI:
https://doi.org/10.58890/eleste.v5i1.367Kata Kunci:
Analisis, Efektifitas, Manajemen Keuangan, PendidikanAbstrak
Tujuan dari penelitian Tindakan kelas ini adalah untuk Meningkatkan kemampuan melakukan penelitian bagi guru dan ingin mengetahui serta membahas tentang analisis efektifitas manajemen keuangan pada institusi Pendidikan di tingkat TK, Manajemen keuangan dalam konteks pendidikan melibatkan perencanaan, penganggaran, pengelolaan dana, dan pengawasan untuk memastikan bahwa sumber daya keuangan digunakan dengan bijak dan efektif. Prinsip dasar dari manajemen keuangan adalah efisiensi, efektifitas, dan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk memahami, menjelaskan, dan menjelajahi fenomena sosial dan manusia serta Memahami bagaimana individu merasakan, berpikir, dan memberi makna pada pengalaman mereka. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh peneliti .melalui observasi, catatan lapangan dan studi Pustaka. Hasil dari penelitian Tindakan kelas ini adalah (1) Sumber dana yang terbatas di Lembaga pendidikan dari beberapa factor yang ada dapat diatasi dengan solusi dan strategi dengan melakukan Diversifikasi Sumber Pendanaan, Efisiensi dalam Penggunaan Fasilitas dan Sumber Daya, Prioritas Penggunaan Dana, Pengelolaan Keuangan yang Efisien dan Transparan. (2) Pembiayaan program yang tidak jelas dan tidak tepat sasaran dapat diatasi dengan cara Penyusunan Program Berdasarkan Kebutuhan, Prioritas Penggunaan Dana, Kemitraan dan Kolaborasi dengan Pihak Lain, Perencanaan Anggaran yang Partisipatif dan Terstruktur. (3) Bagaimana merancang anggaran secara tepat dapat dilakukan dengan cara Menggunakan Metode Anggaran Berbasis Kinerja, Perencanaan Anggaran Berdasarkan Kebutuhan yang Jelas
Unduhan
Referensi
Banjarnahor, S., & Daryanto, E. (2023). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Pengelolaan Keuangan yang Efisien: Studi Kasus di TK Santa Lusia. JOURNAL OF DIGITAL LEARNING AND DISTANCE EDUCATION, 2(7), 596-601. https://doi.org/10.56778/jdlde.v2i6.170
Dilla, R. F. (2019). Manajemen Keuangan Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Wealth Management: Studi di TK Ceria Demangan Baru Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 353-371. https://doi.org/10.14421/manageria.2019.42-09
Endaryono, B. T. (2024). Manajemen Keuangan.
Jasmine, S. F. (2023). Analisis Manajemen Keuangan SDN Kandangan III Surabaya. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(02), 231-240. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.440
Rahman, L. K., Suhendar, A. D., & Fauzia, A. E. (2024). Pengaruh Manajemen Keuangan Terhadap Efektivitas dan Efisiensi Lembaga PAUD. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen, 2(1), 219-231.
https://doi.org/10.38204/ekobima.v2i1.2041
Salabi, A. (2024). Strategi Manajemen Keuangan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sekolah Dasar Islam Terpadu Di Banjarmasin. Jurnal Visionida, 10(1), 39-51. https://doi.org/10.30997/jvs.v10i1.12165
Wulaningsih, R., & Asriati, N. (2024). Pengelolaan Keuangan Pendidikan dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Sumber Daya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1723-1732. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.757
Wahyuni, A. (2023). ANALISIS MANAJEMEN KEUANGAN LEMBAGA PAUD (TK, RA DAN KB). Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 109-118. 4853/yby.7.2.109-118