PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CV. BANGKIT JAYA SOLUSINDO
DOI:
https://doi.org/10.58890/eleste.v5i1.369Kata Kunci:
Harga, Promosi, Keputusan PembelianAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian CV. Bangkit Jaya Solusindo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Accidental Sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis linier regresi berganda. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh harga dan promosi sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel harga dan promosi secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung > Ftabel. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung > ttabel dan variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung > ttabel, maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian CV. Bangkit Jaya Solusindo. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah promosi
Unduhan
Referensi
Alma H. Buchari, (2018), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Chaniago, H. (2021). Manajemen Ritel & Implementasinya. Bandung: Edukasi Riset Digital.
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Gitosudarmo, Is (2021) Manajemen Pemasaran , Edisi Pertama, Cetakan Keempat Penerbit: BPFE – Yogyakarta.
Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: UNDIP.
-------------- (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2019). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13.
Kurniawan, A. (2019). Pengolahan Riset Ekonomi Jadi Mudah Dengan IBM SPSS. Surabaya: Jakad Publishing.
Kurniawan.,Diyan.,H. (2018). Pengaruh harga dan kualitas pelayanann dan lokasi terhadap keputusan pembelian. (studi kasus pada konsumen JNE. Jl. Glagahsari No. 62 Yogyakarta. Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 1 No. 4. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Laksana,. Fajar.,M (2019), Praktis Memahami Manajemen Pemasaran, Depok: Khalifah Mediatama.
Salehuddin,.Hasan Hafidzi., A,. & Jekti Rahayu,.J. (2022) Pengaruh kualitas pelayanan, promosi, harga dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian jasa (Studi kasus JNT Ekpress Cabang Mlandingan kabupaten Situbondo). Jurnal Ekonomi dan Bisnis GROWTH. Vol. 20 ,No. 1. P-ISSN 0215 – 1030. E-ISSN 2715 – 1719. Universitas Muhammadiyah
Sujarweni, V. Wiratna. 2020. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Sunyoto.,D. (2020). Dasar – dasar Manajemen Pemasaran (ketiga). CAPS (Center of Academic Publishing Service).
Tjiptono. F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy.
Tjiptono.,F., Diana.,A.(2020). Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.
Unaradjan, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. (K. Sihotang, Penyunt.) Jakarta: Unika Atma Jaya Jakarta.
Yulihapsari.,Utami.,I,. Simarmata.,J,. Pahala.,Y,. & Veronica, Keke.,Y,.( 2023). Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi dan Citra Merek : Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pengiriman PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Attractive : Innovative Education Journal. Vol. 5, No. 1, Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, Indonesia.