PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA KSPPS BMT BERKAH MANDIRI SEJAHTERA
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan dan Loyalitas PelangganAbstrak
Seiring perkembangan dunia bisnis, lembaga keuangan memegang peranan yang sangat penting, BMT termasuk kedalam perusahaan jasa yang mana perlu mewujudkan kepuasan pelanggannya sehingga menimbulkan loyalitas nasabah BMT itu sendiri, Adapun permasalahan yang dihadapi yaitu banyaknya komplain yang berhubungan dengan kualitas pelayanan karyawan. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada KSPPS BMT Berkah Mandiri Sejahtera. Jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan model analisisnya regresi linier sederhana. Penentuan sampel dilakukan dengan cara sampling insidental berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 31,8% faktor-faktor loyalitas nasabah dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan sedangkan sisanya 68,2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil Uji t menunjukkan variabel kualitas pelayanan hasil analisis t hitung (6,862) > t tabel (1,661) maka secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah pada KSPPS BMT Berkah Mandiri Sejahtera.
Unduhan
Referensi
Curatman, A. et al. 2020. Program Loyalitas Pelanggan. Cetakan Pertama Yogyakarta: Penerbit Deepublish. Hal. (25)
Hurriyati, R. 2019. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Pelanggan. Cetakan kedua. Bandung: Penerbit Alfabeta. Hal (128,130-132,154,)
Laksana, M. F. 2019. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Depok: Penerbit Khalifah Mediatama. Hal. (79-82)
Lina, I. N , Joko W dan Sri W. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Onelight Photography di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Penelitian. ISSN: 2684-6853. Nihayah, A. Z. 2019.Pengolahan data Penelitian Menggunakan Software SPSS 23.0.
Semarang: Penerbit Universitas Islam Negeri Walisongo. Hal (30 & 34)
Panjaitan, M dan Selamat S. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen pada PT.Pos Indonesia Medan. Jurnal Penelitian. ISSN: 2460-562X
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Kedua puluh Tujuh. Bandung:Penerbit Alfabeta. Hal (6,39,60,80-81,85&137)
Sujarweni,V, W. 2020. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru Press. Hal (66,83 & 85)
Sumarwan,U. et al. 2018. Riset Pemasaran dan Konsumen. Cetakan Pertama. Bogor: Penerbit PT IPB Press. Hal. (233)
Suyono. 2018. Analisis Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Deepublish. Hal. (5&81)
Widodo, S. (2018). Pengaruh Kualitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Ahad Mart Cinere. Jurnal Penelitian. ISSN: 2598-0823.
Windasuri,H dan Hyacintha,S. 2017. Service Excellent. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit PT.Gramedia. Hal. (82)