PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SMK YAPPA DEPOK

Penulis

  • Nursaadah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Nuryani Susana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Nurdin Rifai Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/eleste.v5i1.370

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Lokasi, Kepuasan Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualits pelayanan, fasilitas dan lokasi tterhadap kepuasan siswa di SMK Yappa Depok. Dalam penelitian ini digunakan adalah penelitian survei, dengan metode teknik pengumpulan data menggunakan angket,wawancara,pengamatan. Dengan menggunakan analisis regresi berganda. Data yang digunakan sebanyak 100 responden yang dikumpulkan teknik accidental sampling. Hasil analisi uji regresi menunjukan bahwa faktor kepuasan siswa di SMK Yappa Depok 43,8% dapat dijelaskan oleh gabungan antara kualitas pelayanan,fasilitas dan lokasi sedangkan sisanya 56,2% dijelaskan oleh faktor lain yngtidak diteliti dalam penelitian ini. Hassil uji F menunjukan bahwa secara simultan kulitas pelayanan, fasilitas dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa di SMK Yappa Depok dengan hasil Fhitung (26,717)>Ftabel (2,700). Hasil uji T menunjukan bahwa kualitas pelayanan,fasilitas dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa di SMK Yappa Depok. Kualitas pelayanan menunjukan hasil Thitung (3,561) , fasilitas menunjukan hasil Thitung (2,891) dan variabel lokasi menunjukan hasil Thitung (4,974) dimana Ttabel (1,985) maka secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa di SMK Yappa Depok. Dengan demikian penelitan ini menunjukan bahwa variabel lokasi memiliki pengaruh dominan dalam memengaruhi kepuasan siswa di SMK Yappa Depok.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hariaji dan Iriyanto. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Fasilitas Terhadap kepuasan Konsumen (studi pada Warung Kopi Srintil di Temanggung). Majalah Ekonomi dan Bisnis, Jurnal Ilmiah Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media

Hartini, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menginap Di Hotel Sakura Palangka Raya. AL-ULUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1). http://dx.doi.org/10.31602/alsh.v3i1.822

Lupiyoadi, Rambat & A Hamdani. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Lumempow, K. R., Worang, F. G., & Gunawan, E. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan harga terhadap kepuasan konsumen pada swiss belhotel maleosan manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 1-11.

Kurniawan, D. D., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada My Kopi O Semarang. YUME: Journal of Management, 5(1), 348-358.

https://doi.org/10.37531/yum.v5i1.1492

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Saputra, S, (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Grand Setiabudi Hotel& Apartment. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran. Vol. 9, Nomor 2, Sepetember 2019. ISSN: 2087- 3077.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-28

Cara Mengutip

Nursaadah, Susana, N., & Rifai, N. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SMK YAPPA DEPOK. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 5(1), 39–50. https://doi.org/10.58890/eleste.v5i1.370