ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA BIMBA AIUEO UNIT JATIWANGI

Penulis

  • dini listia novianti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Bambang Suntoro Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/eleste.v5i2.409

Kata Kunci:

Analisis, Strategi, Pemasaran

Abstrak

Strategi pemasaran adalah rencana menyeluruh yang dirancang untuk mencapai tujuan pemasaran melalui pemahaman pasar, kebutuhan konsumen, keunggulan kompetitif, dan penggunaan sumber daya secara optimal. Strategi ini berfungsi sebagai panduan bagi perusahaan dalam memasarkan produk atau jasa kepada target pasar yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi pemasaran pada biMBA AIUEO. Metode peneltian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, teknik pengumpulan datanya dilakukan secara tragulasi (gabungan observasi, wawancara, dokumentasi), data yang diperoleh cenderung dat kualitatif, analisis data, bersifat induktif/kualitatif. Teknis analisa data penelitian ini menggunakan IFAS & EFAS analisis swot (Internal Strategic Factor Analysis Summery) sedangkan EFAS (Eksternal Strategic Factor Analysis Summery) yaitu tabel yang disusun untuk digunakan sebagai alat analisa yang menyajikan kondisi eksternal perusahaan untuk menentukan faktor opportunities dan threats yang dimiliki perusahaan SWOT   singkatan   dari Strength(kekuatan), Weakness(kelemahan), Opportunity(peluang), Threat(ancaman)  Analisa  SWOT  berisi  evaluasi  faktor  internal  perusahaan berupa kekuatan, kelemahannya dan faktor eksternal berupa peluang dan tantangan. Strategi. Hasil penelitian ini adalah Strategi pemasaran yang dilakuykan oleh sekolah biMBA AIUEO memiliki 3 strategi yaitu 1. Menyebar brosur via online dan ofline, 2. Mengadakan acara diluar sekolah, 3. Memberikan diskon pendaftaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Brahim, N. E. (2021). Produk Kreatif dan kwirausahaan akutansi dan keuangan lembaga SMK/Mak kelas Xll semester 1 bidang keahlian bisnis dan manajemen. program keahlian akutansi dan keuangan kopetensi keahlian akutansi dan keuangan lembaga. yogyakarta: Cv. Andi Offset.

D, a., kurniawan. M, z., abidin. (2019). Strategi pengembangan wisata kampoeng durian desa ngrougung kecamatan ngebel ponorogo melalui analisis matrik ifas dan efas. Jurnal unida gontor. 5(2). 2460-4089.

Dosinaen, Y, P, R, P., Widya, S. (2019). Usulan Strategi Pemasaran Pada PT Gunung Amal Solution International Dengan Menggunakan Analisis Strength, Weaknees, Opportunity, Treath dan Matriks EFAS IFAS. ISSN : 2442-3826. Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom

Elwisam, & Lestari, R. (2019). Penerapan strategi peasaran inovasi produk meningkatkan kinerja pemasaran UMKM . Jurnal Riset Manajemen Bisnis, Vol. 4 No 2 P-ISSN = 2527-7502 E-ISSn = 2581-2165.

Haque Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Denok, S. (2021). Strategi pemasaran dan konsep, teori dan Implementasi . Tanggerang selatan: Pascal Book.

Hendrawan , h. (2021). Analisis SWOT dan STP (segmenting, targeting, posisi) terhadap strategi pemasaran digital pada usaha mikro. Jurnal konsep bisnis dan manajemen , Issn:2407-2648 (Print),2407-263x(online). Husein Ritonga, A. A., & Samsu. (2021). Manajemen pemasaran jasa pendidikan islam.Yogyakarta: K. Media.

Ilham, M. (2022). Sistem Informasi Pemasaran jasa Pendidikan. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Musfar, T. F. (2021). Manajemen Produk Dan Merek. Bandung: Media Sains.

Nasruddin. (2021). Pengaruh Startegi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota di Pt. Hadji kalla cabang palopo . universitas Andi Djemma, Vol. 3 No 2 E-ISSN =2654-4504 P-ISSN= 2721-1436.

Nasihin, m. A., & et, a. (2020). Strategi bisnis era new normal pada kedai kopi di surabaya . Journal.stekom.ac.id/index.php/E-bisnis, vol. 13 No. 2 p-issn:1979-0155 e-issn:2614-8870.

Nggini, y. H. (2019). Analisis SWOT Terhadap kebijakan pengembangan Pariwisata Provinsi bali. Jurnal ilmiah dinamika islam, Vol.3 No.1 e-issn:2581-24

Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan strtegi pemasaran. makasar: Cv. Sah Media.

Santono. (2021). Strategi Pemasaran . Pustaka Taman Ilmu.

Sugiono. (2020). Metodologi Penelitan Kualitatif. Bandung: Alfabet. yam, j. h. (2020). manajemen strategi konsep dan implementasi. makasar: nas media pustaka.

Yuliyzar, I., & Effendi, U. (2020). Manajemen Pemasaran. Jakarta Timur: Edu Pustaka.

zainuri, yusron;. (2020). mensinegrikan strategi manajemen dalam dunia pendidikan. yogyakarta: tunas gemilang press.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30

Cara Mengutip

novianti, dini listia, & Suntoro, B. (2025). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA BIMBA AIUEO UNIT JATIWANGI. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 5(2), 75–90. https://doi.org/10.58890/eleste.v5i2.409