PENGARUH HARGA, DISKON DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RENTAL HIACE BERKAH TRANS
DOI:
https://doi.org/10.58890/eleste.v5i2.433Kata Kunci:
Harga, Diskon, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan KonsumenAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis harga, diskon dan kualtias pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Rental Hiace Berkah Trans. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang diambil dari 100 responden. Hasil uji koefisien determinasi 67% menunjukkan bahwa faktor-faktor kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh harga, diskon dan kualitas pelayanan sedangkan 33% sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji T variabel harga menunjukkan thitung (2,247) > ttabel (1,984), hasil uji T variabel diskon menunjukkan thitung (2,958) > ttabel (1,984), hasil uji T menunjukkan variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil thitung (3,495) > ttabel (1,985) maka variabel harga, diskon dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Selanjutnya hasil uji F mendapatkan fhitung (68,031) > ftabel (2,700) maka secara simultan variabel harga, diskon dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan merupakan variabel paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen dengan nilai beta sebesar 0,394 dengan indikator jaminan menjadi faktor utama dalam meningkatkan kepuasan konsumen Berkah Trans.
Unduhan
Referensi
Cahyono, A. D. (2020, December 2). Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit : Literature Study Of Service Quality Towards Patients Satisfaction In Hospitals. Jurnal Ilmiah Pamenang -JIP. https://doi.org/DOI:10.53599
Dwi, D. M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Diskon dan Keputusan Pembelian Online Maharani Prima Skin Care di Blitar.
Heriyanto, H., Ririn, R., Nurahman, N., & Mulyanto, S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Diskon Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunkan Aplikasi Onlineshop Shopee. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 7(1), 86–94. https://doi.org/10.35326/JIAM.V7I1.5211
Saputra, S., & Yulistianis, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Grand Setiabudi Hotel & Apartment. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 9(2), 11–11. https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/576
Sinaga, D. (2020). Statistik Dasar. UKI PRESS.
Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Susilo, H., & Sitanggang, J. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kualitas Pelayanan, dan Fasilitas Belajar terhadap Kepuasan Mahasiswa STIE GICI Business School. Sosio E-Kons, 16(1), 20–29. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v16i1.21324
Sutisna. (2020). Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Remaja Rosdakarya.
Sutra, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Loyalias Konsumen pada Pengguna Kartu Telkomsel (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Bengkulu). Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS), 2(2), 209–226. https://doi.org/10.36085/JEMS.V2I2.1559
Zaini, A. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen “Warung Bek Mu 2” Banjaranyar Paciran Lamongan). Al-Maqashid: Journal of Economics and Islamic Business, 2(2), 47–54. https://doi.org/10.55352/MAQASHID.V2I2.269



