EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. ANTAM TBK UBPE PONGKOR DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN DAN PEMBERDAYAAN KELOMPOK DESA CISARUA
DOI:
https://doi.org/10.58890/eleste.v5i2.434Kata Kunci:
Corporate Social Responsibility (CSR); Efisiensi; Efektivitas; Kesejahteraan; Pemberdayaan.Abstrak
Penelitian ini menganalisis pengaruh efisiensi dan efektivitas program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Antam Tbk UBPE Pongkor terhadap kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat di Desa Cisarua. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, penelitian ini melibatkan 60 kelompok masyarakat penerima manfaat sebagai sampel jenuh. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan, efisiensi dan efektivitas program CSR memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan kelompok masyarakat. Koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0.710 mengindikasikan bahwa 71% variasi kesejahteraan dan pemberdayaan dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa program CSR yang dikelola secara efisien dan efektif berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara substansial.Unduhan
Referensi
Daniel. (2022). Pengertian Manajemen Strategi Menurut Para Ahl. https://ekonomimanajemen.com/pengertian-manajemen-strategi-menurut-para-ahli/?utm_source=chatgpt.com.
Fazar, A., Widyaningrum, D., & Ismiyah, E. (2024). USULAN STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN DAYA JUAL SARUNG TENUN DENGAN METODE SWOT DAN STP DI UD. BIN ARIS. 5(1). https://doi.org/10.30587/justicb.v5i1.8495.
Hapsari, R. A., & Asis, Z. W. (2023). Analisis Efektivitas dan Efisiensi Anggaran Corporate Social Responsibility. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.57151/JEKO.V2I1.67.
Hasan, S., Syaifullah, Rukaiyah, Sihombing, N. S., Laan, R., & Awalia, S. (2021). MANAJEMEN STRATEGI.
Juliansyah, A. R., Febrilian Ringgani, F., Alfajrin, M. D., Fauziah, S. N., Hastuti, T., & Nawawi, A. M. (2024). Literatur Review: Peran Corporate Social Responsibility Perusahaan BUMN Bagi Masyarakat. https://senmabis.nusaputra.ac.id/.
Kanita, O. :, Nisa, K., Alhada, M., Habib, F., Kalijaga, N. S., & Ekonomi, D. S. (2020). PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONCIBILITY (CSR) DI TBBM PERTAMINA REWULU SEBAGAI BENTUK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Jurnal Sosiologi, III(2). https://doi.org/10.59700/jsos.v3i2.1018.
Ningtyas, C. P., Kambolong, M., & Makmur, M. (2022). IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PT. ANEKA TAMBANG Tbk. UBPN SULAWESI TENGGARA. Journal Publicuho, 5(4), 1091–1112. https://doi.org/10.35817/PUBLICUHO.V5I4.50.
Nopriyanto, A. (2024). ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(2). https://doi.org/10.15575/jim.v5i2.37655.
Putri, N. E., & Sisdianto, E. (2025). ANALISIS EFEKTIVITAS PROGRAM CSR DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI TENGAH ERA DIGITALISASI. JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI, 2(1), 76–83. https://doi.org/10.61722/JRME.V2I1.3308.
Rafiandi, Q. A., Amin, M., & Fauzi Kartika, A. (2024). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat. E_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 13(01), 732–740. http://jim.unisma.ac.id/index.php/jra.
Rahim, A. R., & Radjab, E. (2017). MANAJEMEN STRATEGI (1st ed.). Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.
Romadona, A., Lestari, E. W., Oktaviani, E. M., Arisanti, V. A., Ibad, M. A. A., & Huda, B. (2023). Implementasi Progam Corporate Sosial Responsibility Bank Jatim Surabaya Berbasis Pemberdayaan Masyarakat dalam Peningkatan Produktivitas Usaha Mikro Kecil Menengah. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(1), 462–475. https://doi.org/10.56799/EKOMA.V3I1.2510.
SIliwadi, D. N., & Fachrurrazy, M. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian. Cv Feniks Muda Sejahtera, January, 71–72.
Simbolon, A. A. (2023). Analisis Efektivitas Program Corporate Social Responsibility (CSR). Literacy Notes, 1(2). https://liternote.com/index.php/ln/article/view/140.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup, Ed.). Literasi Media Publishing.
Sofwatillah, Risnita, & Jailani, S. (2024). TEHNIK ANALISIS DATA KUANTITATIF DAN KUALITATIF DALAM PENELITIAN ILMIAH. https://ejournal.uncm.ac.id/index.php/gm/article/view/1147.
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721–2731. https://doi.org/10.29303/JIPP.V9I4.2657.
Wahyanti, C. T. (2021). Program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk Peningkatan Kesejahteraan dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(1), 108–114. https://doi.org/10.23887/jppsh.v5i1.33289.



