Analisis Determinan Efisiensi Perbankan Dengan Data Envelopoment Analysis

Sebuah Kajian Literatur

Authors

  • Muhammad Nugraha Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v14i1.12

Keywords:

Efisiensi Perbankan, Data Envelopment Analysis

Abstract

Penelitian ini merupakan literature review dari beberapa penelitian terdahulu yang terkait dengan efisiensi perbankan dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA). Studi yang akan ditelaah dikumpulkan melalui database elektronik melalui google scholar dan research gate. Berdasarkan hasil telaah dari beberapa artikel mengenai efisiensi perbankan melalui metode Data Envelopment Analysis, adalah sebagai berikut Efisiensi adalah perbandingan yang terbaik antara input (masukan) dan output (hasil antara keuntungan dengan sumber-sumber yang dipergunakan), seperti halnya juga hasil optimal yang dicapai dengan penggunaan sumber yang terbatas. Dengan kata lain hubungan antara apa yang telah diselesaikan (Sutawijaya, 2009). Kemampuan menghasilkan output yang maksimal dengan input yang ada, adalah merupakan kinerja yang diharapkan. Saat pengukuran efisiensi dilakukan bank dihadapkan pada kondisi bagaimana medapatkan tingkat output yang optimal dengan tingkat input yang ada, atau menetukan tingkat input yang minimum dengan pencapaian tingkat output tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Charnes A., Cooper, W. W,. & Rhodes, E. (1978). Measuring the efficiency of decision making unit, European Journal of Operasional Research. 2. 429-444.

Cooper, W. W., Seiford, L.M., and Tone, K. (2007). Data Envelopment Analysis: A Comprehensive Text with Models, Applications, References and DEA Solver Software (2nd ed.). New York: Springer.

Hadad, Muliaman D. (2003). Analisis Efisiensi Industri Perbankan Indonesia: Penggunaan Metode Nonparametrik Data Envelopment Analysis (DEA). Biro Stabilitas Sistem Keuangan Bank Indonesia, Research Paper, No. 7/5.Irawati, Luci. (2008). Pengukuran Tingkat Efisiensi Bank Umum Syariah di Indonesia dan Analisis Beberapa Faktor Penentu. Tesis Magister Sains Program Timur Tengah dan Islam, Universitas Indonesia.

Miftahurrohman. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Efisiensi Perbankan Syariah Dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis (Studi Pada Bank Syariah Negara-Negara ASEAN). Jurnal Lentera Akuntansi. Vol. 4. No. 1.

Paradi, J. C., Sherman, H. D., & Tam, F. K. (2018). Bank Branch Productivity Applications: Basic Applications – Efficiency Measurement. In Data Envelopment Analysis in the Financial Services Industry (pp. 87-100).

Poernomo, Eddy. (2006). Pengaruh Kreativitas dan Kerjasama Tim Terhadap Kinerja Manajer Pada PT. Jesslynk Cakes Indonesia Cabang Surabaya, Adm. Bisnis UPN Veteran Jawa Timur. Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi Vol. 6 No. 2.

Renata P & Dony A.C. (2021). Bank Brance Closure Assesment Using DEA. Journal of Economic and Policy (Jejak). Vol 14.

Saputra, Arie. (2016). Analisis Kinerja Kantor Unit Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Meulaboh Melalui Pendekatan Metode Data Envelopment Analysis (DEA). Jurnal Optimalisasi. Vol. 2 No. 2.

Sumanth, D.J. (1985). Productivity Engineering and Management. USA: McGraw-Hill. Inc., USA.

Sutawijaya, A., Lestari, E. P. (2009). Efisiensi Teknik Perbankan Indonesia Pasca Krisis Ekonomi: Sebuah Studi Empiris Penerapan Model DEA.” Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 10. No. 1. Hal 49-67.

Tri M, Machfud, & Lukman M.B. (2018). Efisiensi Kantor Cabang Bank (Studi Kasus: Kantor Kas Bank XYZ Di DKI Jakarta). Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis. Vol. 4 No.

Published

2022-06-30

How to Cite

Nugraha, M. (2022). Analisis Determinan Efisiensi Perbankan Dengan Data Envelopoment Analysis: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal GICI Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 14(1), 66–73. https://doi.org/10.58890/jkb.v14i1.12