Analisis Implementasi Good Coorporate Governance (GCG) Dan Corporate Social Responsibility (CSR) Di PT. Ace Hardware Indonesia Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2016-2018
DOI:
https://doi.org/10.58890/jkb.v14i1.15Keywords:
Good Corporate Governance, Corporate Sosial ResponsibilityAbstract
Good Corporate Governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik suatu perusahaan bisa menjadi alat pertimbangan investor dalam mengambil keputusan. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu konsep organisasi khususnya perusahaan besar yang memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingan. Pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi tidak langsung, yaitu dengan mengumpulkan data dan informasi mengenai tata kelola perusahaan yang baik dan juga CSR yang didapat dari laporan tahunan di BEI (Bursa Efek Indonesia), serta membuat tabel cheklist penilaian GCG versi FCGI dan tabel pengungkapan CSR berdasarkan indikator CSR menurut GRI untuk mengukur kinerja GCG dan CSR. Hasil penelitian menggunakan tabel cheklist penilaian GCG versi FCGI mendapatkan hasil dari scoring yaitu, 100 % sehingga dapat disimpulkan Good Corporate Governance Sangat Terwujud. Sedangkan untuk CSR menggunakan tabel checklist pengungkapan CSR berdasarkan indikator Ekonomi dan Sosial menurut GRI-G4 mendapatkan hasil 66,7 %, sehingga dapat disimpulkan Corporate Social Responsibility Cukup Terwujud.
Downloads
References
Aditya, Dadang.A. (2011). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Perusahaan. Skripsi. Universitas Negeri. Semarang.
Agoes, S. (2011). Etika Bisnis dan Profesi. ISBN : 978-979-061-687-5. Jakarta: Salemba Empat.
Ahira, Anne. (2012). Pengertian Kontribusi. Bandung : Penerbit Kencana.
Alma, Buchari., Doni, Juni Priansa. (2014). Manajemen Bisnis Syariah (Menanamkan Nilai dan Praktik Syariah dalam Bisnis Kontemporer). Bandung : Penerbit Alfabeta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi V. Cetakan Kelima Belas). ISBN : 978-979-098-095-2. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Azheri, Busyra. (2011). Corporate Social Responsibility : Dari Voluntary Menjadi Mandatory. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada.
_____________. (2012). Corporate Social Responsibility : Dari Voluntary Menjadi Mandatory. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada.
Daniri, A. (2014). Lead By GCG. ISBN : 978-602-1265-02-4. Jakarta. Penerbit Gagas Bisnis Indonesia.
Deleni, Alma. (2017). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) UMKM Batik Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.Yogyakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2013). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, cetakan ke-1. Jakarta : Penerbit Gramedia Pustaka.
Dunia, F.A. (2013). Pengantar Akuntansi (Cetakan Keempat). Jakarta: Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Febriyanti, Diah. (2010). Good Corporate Governance Sebagai Pilar Implementasi Corporate Social Responsibility.
Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif:Teori dan Praktik (Edisi Pertama,Cetakan kedua). Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Hadi, Nor. (2011). Corporate Social Responsibility. ISBN : 978-602-262-771-5.
Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Handayati, Puji. (2015). Analisis Kinerja Lingkungan dan Mekanisme GCG Terhadap Pengungkapan Pertanggungjawaban Sosial.
Hery. (2015). Pengantar Akuntansi (Comprehensive Edition). Jakarta: Penerbit PT.Grasindo, Anggota Ikapi.
Marhanani, F.A. (2017). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Menunjang Kinerja UMKM. Skripsi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.
Mulyadi, Deddy. (2015). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. ISBN : 978-602-289-143-7. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Mondy, R.Wayne. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 1, Edisi 10. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Nadapdap, Binoto. (2012). Hukum Perseroan Terbatas. ISBN : 978-623-91864-2-5. Jakarta: Penerbit Permata Aksara.
Nasution, S. (2002). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif (Cetakan ketiga). Bandung: Penerbit Tarsito.
Pratiwi, H.W. (2017). Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Lingkungan dan Masyarakat Pada PT.Tolan Tiga Indonesia di Perlabian Estate Kabupaten Labuhan Batu. Skripsi. Universitas Islam Negeri. Sumatera Utara.
Ratih, Cicilya.Y.S. (2015). Analisis Dampak Implementasi Corporate Social Responsibility Terhadap Deductible Expense Pada PT. Perkebunan Nusantara (Persero). Skripsi. Universitas Islam Negeri. Malang.
Sirait, K.A. (2018). Implementasi Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan PT. Anglo Eastern Palntations. Skripsi. Universitas Islam Negeri. Sumatera Utara, Medan.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ISBN : 978-602-289-533-6. Bandung: Penerbit Alfabeta.
________. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukenti, Sri. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Growth Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial di Perusahaan.
S.R, Soemarso. (2015). Akuntansi Suatu Pengantar (Edisi 5). ISBN : 978-979-061-919-7. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Sutedi, A. (2012). Good Corporate Governance. ISBN : 978-979-007-890-1. Jakarta : Penerbit Sinar Grafika.
Sutopo, Hadi., Adrianus, Arif. (2010). Terampil Mengolah Data Kualitatif Dengan NVIVO. ISBN : 978-623-218-185-4. Jakarta: Penerbit Kencana.
Tadikapury, V. J. (2011). Penerapan Good Corporate Governance (GCG) Pada Bank X Tbk. Kanwil X. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Makasar. www.repository.unhas.ac.id. (diakses 22 Juli 2020).
Tahir, Arifin. (2014). Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. ISBN : 978-602-289-060-7. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tarmiyati, Sri. (2019). Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur. ISBN : 978-602-444-566-9. Jakarta: Penerbit PT.Bumi Aksara.
Tunggal, A.W. (2012) Corporate Governance Suatu Pengantar. ISBN : 978-602-7834-44-6. Jakarta: Penerbit Harvarindo.
Umam, Khoirul. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur Yang Termasuk di Daftar Efek Syariah Tahun 2009-2011.
Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.
Wakid, Nadiah Lutfi. (2013). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Warren, Carl S., James, Reeve., M. J.E, Duchac., Ersa T., Wahyuni., Amir A., Jusuf. (2017). Pengantar Akuntansi 1(Adaptasi Indonesia Edisi 4). ISBN : 978-979-061-747-6. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Wibisono, Yusuf. (2007). Membedah konsep & Aplikasi CSR : Corporate Social Responsibility. Gresik: Penerbit Fascho Publishing.
Zuhairi. (2016). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers.
Sumber Internet :
www.idx.co.id ( diakses tgl. 24 Juni 2020 )
www.fcgi.or.id (diakses tgl. 23 April 2020)
www.globalreporting.org ( diakses tgl. 23 April 2020 )