PENGARUH EKUITAS MEREK, KUALITAS PRODUK, HARGA, IKLAN DAN SPG TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HANDPHONE MEREK XIAOMI (STUDI KASUS DI KOTA JAKARTA)

Penulis

  • Ahmad Subagyo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Farzaher Rahmanullah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Ekuitas Merek, Kualitas Produk, Harga, Iklan, SPG, Keputusan Pembelian

Abstrak

Dalam perkembangan ekonomi dan teknologi di era globalisasi ini, alat komunikasi merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat dunia. Handphone menjadi bagian penting. Bahkan sudah termasuk menjadi gaya hidup dalam masyarakat modern. Salah satu tren handphone saat ini adalah handphone dengan merek Xiaomi yang merupakan salah satu handphone produksi Cina yang sedang popular saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Produk, Harga, Iklan dan SPG Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi (Study Kasus di kota Jakarta). Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 97 responden. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa nilai nilai Adjusted R Square adalah 0,383 atau 38,3%. Ini berarti bahwa variabel independen berupa ekuitas merek, kualitas produk, harga, iklan dan SPG secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen keputusan membeli handphone Xiaomi di Kota Jakarta sebesar 38,3% sedangkan sisanya sebesar 61,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 12,935 yang berarti lebih besar dari Ftabel = 2,310. Ini berarti bahwa variabel independen yang terdiri dari ekuitas merek, kualitas produk, harga, iklan dan SPG berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian handphone Xiaomi di Kota Jakarta Secara parsial ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli handphone Xiaomi di Kota Jakarta karena thitung (2,371) > ttabel (1,986) serta nilai signifikansinya dibawah 0,05 lalu Secara parsial kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli handphone Xiaomi di Kota Jakarta karena thitung (2,176) > ttabel (1,986) serta nilai signifikansinya dibawah 0,05. Berikutnya Secara parsial harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli handphone Xiaomi di Kota Jakarta karena thitung (-0,660) < ttabel (1,986) serta nilai signifikansinya diatas 0,05. Kemudian Secara parsial iklan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan membeli handphone Xiaomi di Kota Jakarta karena thitung (1,360) < ttabel (1,986) serta nilai signifikansinya diatas 0,05 dan Secara parsial SPG berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli handphone Xiaomi di Kota Jakarta karena thitung (2,422) > ttabel (1,986) serta nilai signifikansinya dibawah 0,05. Adapun variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian handphone Xiaomi di Kota Jakarta adalah ekuitas merek.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, T., & F. Tantri. (2014). Manajemen Pemasaran. Cetakan Keempat. Depok: PT. Rajagrafindo Persada. Hal: 161, 159

Abdurrahman, N. H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Jakarta: CV Pustaka Setia. Hal: 109, 35, 36.

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. Hal: 169

Amanto, H. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. ISSN : 2461-0593 Volume 9. No. 9, September 2017. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIESIA) Surabaya. Hal: 72, 4

Aprilia, M., & N. Widyawati. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. ISSN : 2461-0593 Volume 6. No. 6, Juni 2017. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIESIA) Surabaya. Hal: 2, 5, 7

Ghanimata, F. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Produk Bandeng Juwana Erlina Semarang. Penerbit Universitas Diponegoro. Hal: 32, 46

Kotler, P.,& K. L. Keller. (2013). Manajemen Pemasaran. Edisi XIII. Jilid 1. (Alih bahasa Bob, S). Jakarta: Penerbit Erlangga.Hal :258, 263,

(2015). Manajemen Pemasaran. Edisi XIII. Jilid 2. (Alih Bahasa Bob, S). Jakarta: Penerbit Erlangga. Hal: 14, 166

Lupiyoadi, R (2011). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik.Jakarta: Penerbit Salmeba Empat.Hal :178

Nana, A. H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama. Bandung: CV. Pustaka Setia. Hal: 82

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. JBMA. ISSN : 2252-5483. Volume

No. 2, Seprember 2017. Akademi Manajemen Administrasi Ypk Yogyakarta. Hal: 61,

Rachma F.A dan M. Edward. (2017). Pengaruh Sales Promotion Girl dan Sales Promotion boy Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone OPPO di Area Gresik Kota. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). ISSN : 2337-6708. Volume 1. No. 2, Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi, Universitas Surabaya. Hal: 168,

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cetakan Ke-21.

Bandung: Alfabeta. Hal: 6, 85, 137, 113

. (2015). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R & D. Cetakan Ke-22.

Bandung: Alfabeta. Hal: 81

Sumanto. (2014). Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit CAPS (Center of Academic Publishing Service). Hal: 81

Sunyoto, D. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan Kedua). Jakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service). Hal: 113

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi. Hal: 4

Uranadjan, D. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya. Hal: 225, 164, 207, 73

Wicaksono, R. B. (2015). Pengaruh Sales Promotion Girl Smartphone Samsung Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Smartphone Samsung Indonesia Tahun 2015). Jurnal e-Proceeding of Management. ISSN : 2355-9357. Volume 2. No. 3, December 2015. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Telkom, Bandung. Hal: 2885, 2886

https://www.xda-developers.com/idc-samsung-top-smartphone-manufacturer-q3-2017 diakses tanggal 11-11-2017

http://www.telecomlead.com/telecom-statistics/smartphone-share-of-huawei-oppo-and-xiaomi-in-q2-2017-78404, diakses tanggal 11-11-2017

http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_for_teens_index_2017, Diakses tanggal 11-11-2017.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-31

Cara Mengutip

Subagyo, A., & Rahmanullah, F. (2022). PENGARUH EKUITAS MEREK, KUALITAS PRODUK, HARGA, IKLAN DAN SPG TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HANDPHONE MEREK XIAOMI (STUDI KASUS DI KOTA JAKARTA). Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 2(1), 1–12. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/127