PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, HARGA, DAN KESADARAN MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TEPUNG TERIGU SEGITIGA BIRU (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BANTEN)

Penulis

  • Aries Zuswana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Maya Rizaniarti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Kualitas produk, Citra Merek, Harga, Kesadaran Merek, Loyalitas Pelanggan

Abstrak

Tepung terigu merupakan bahan pangan yang pada umumnya berasal dari gandum. Ketersediaanya yang melimpah dipasaran dunia membuat tepung terigu merambah cepat ke berbagai negara. Realisasi pertumbuhan konsumsi tepung terigu nasional hingga kuartal III tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 0,65% secara tahunan menjadi 4,39 juta metrik ton, Tentunya konsumen semakin cerdas dan kompetitif didalam memilih produk tepung terigu yang baik untuk dikonsumsi salah satunya Tepung Segitiga Biru. Yang sudah tidak diragukan lagi keberadaaanya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Kualitas produk, Citra Merek, Harga, dan Kesadaran Merek terhadap loyalitas pelanggan tepung terigu Segitiga Biru. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian survei yang berupa pengumpulan informasi dan data melalui kuisioner. Model analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas produk (X1), Citra merek (X2) Harga(X3) dan Kesadaran merek (X4) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan tepung terigu Segitiga Biru. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel, kualitas produk hasil analisis thitung (3.344), harga thitung (3,482), kesadaran merek thitung (2,799) dimana ttabel (1,985), maka secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas tepung terigu Segitiga Biru. Adapun variabel Citra merek tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan tepung terigu Segitiga Biru dengan nilai hasil analisis thitung  (0,803). Variabel yang dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan tepung terigu Segitiga Biru adalah Kesadaran Merek.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, T., Tantri, F. (2016). Manajemen Pemasaran. Cetakan Kelima. Jakarta:Rajawali Pres. (162).

Abdullah, T., Tantri, F. (2015). Manajemen Pemasaran. Cetakan Keempat. Depok: PTRajagrafindo Persada. (159).

Alma, Prof. Dr. H. Buchari. (2016) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung :Alfabeta.Hal 149-150.

Amilia, Suri & M. Oloan Asmara Nst. (2017). Pengaruh Citra Merk , Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembeliaan Handphone Merk Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), 660-669.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan 15.Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Basuki, A. T., N. Prawoto. (2016). Analisis Regresi dalam penelitian Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada.

Ghanimata, F. (2012). Analisis pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus Pada pembeli Produk Bandeng Juwana Erlina Semarang). Skripsi. Universitas Diponegoro, hal: 45-46

Hangestu, N. & Donant Alananto Iskandar. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Air Minum dalam Kemasan. Riset Manajemen dan Bisnis, 2(3), 363-372.

Hurriyati .R.. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Cetakan Keempat.Bandung: CV Alfabeta. (128).

Kotler, P & Amstrong G. (2016) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. JakartaErlangga. (78).

Kotler, P & Amstrong (2012). Principles of marketing. Global Edition, 14 Edition,Pearson Education.

Kotler, P., & K. L. Keller. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid 2. Jakarta: PT.Indeks .(213).

Kotler, P., & K. L. Keller. (2015). Manajemen Pemasaran. Edisi XIII. Jilid 2. (Alih Bahasa Bob, S). Jakarta: Penerbit Erlangga (143).

Kotler, P., & K. L. Keller. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid 2.Jakarta: PT. Indeks. (77).

Kotler, P., & K. L. Keller. (2013). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1.(Alih BahasaBob, S). Jakarta : Penerbit Erlangga.

Manaf, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media. (275).

Nora., N., H. (2011). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas dan Loyalitas Merek terhadap Ekuitas Merek (Studi kasus pada pengguna shampoo dan kondisioner SUNSILK Kota Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Nur A., Halimah, dan Dr.Ir.Harrie Lutfie. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Kaos Kaki pada PT. Soka Cipta Niaga pada tahun 2018. e-Proceeding of Applied Science, 4(2), 388-395.

Quantrianto, F. H.H., Prihatin T.P.H., & Emiliana Sri P., (2013). Pengaruh Brand Awareness,

Brand Association dan Perceived Quality terhadap Loyalitas Pelanggan Kecap Manis merek ABC (studi konsumen Swalayan ADA Siliwangi Semarang).JIDEB, 89-101.

Rahman, A. (2010). Strategi Dahsyat Marketing Mix. Cetkan Pertama. Jakarta:Penerbit Trans Media Pustaka.

Sangadji, E, M. & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Penerbit ANDI. Steyfli Maramis, Freekley, Jantje L Sepang, , dan Agus Supandi Soegoto. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Air Manado. EMBA, 6(3), 1658-1667.

Sudaryono. (2014). Prilaku Konsumen dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta : PenerbitLentera Ilmu Cendekia

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ketiga Belas. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Bisnis Cetakan Ke 17. Bandung: Penerbit.Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2014). Metedologi Penelitian. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit PUSTAKABARUPRESS. (8,81).

Tjiptono, F ,Ph.d., Gregorius Chandra.2012. Pemasaran Strategi. Edisi kedua.Yogyakarta: Andy.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta:Penerbit ANDI. (392).

Wulandari, R. D. & Donant Alananto Iskandar (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kosmetik. JRMB, 3(1), 11-18.

Widyawati (2019). Pengaruh Kesadaran Merek, Kualitas Produk, Harga, Kemasan dan Label Terhadap Loyalitas Pelanggan Wardah Kosmetik (Studi Kasus Masyarakat Kota Bogor). Skripsi. Gici Bussiness School, hal: 14Yuniarti , V. S. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Cetakan Pertama.Bandung: CV Pustaka Setia. (241,242).

Internet :

https://www.bogasari.com/product/brand/segitiga-biru

https://www.bogasari.com/news/segitiga-biru-raih-halal-top-brand

https://gunawannote.wordpress.comeda/2019/01/03/kondisi-industri-tepung-terigu-diindonesia/

https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=segitiga%20biru

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-31

Cara Mengutip

Zuswana, A. ., & Rizaniarti, M. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, HARGA, DAN KESADARAN MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TEPUNG TERIGU SEGITIGA BIRU (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA BANTEN). Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 2(1), 24–34. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/129