PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI KABOBS PREMIUM KEBAB CABANG PAHLAWAN BOGOR
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Kepuasan PelangganAbstrak
Pada era bisnis saat ini, persaingan dalam dunia bisnis semakin bertambah ketat. Persaingan yang semakin ketat ini menurut para pelaku bisnis untuk mampu memaksimalkan kinerja perusahaannya agar dapat bersaing di pasar. Perusahaan harus bekerja keras untuk mempelajari dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggannya. Salah satu usaha yang terkena dampak ketatnya persaingan saat ini adalah usaha makanan ringan atau kudapan. Beberapa gerai kudapan yang cukup terkenal di Jalan Pahlawan Kota Bogor diantaranya adalah Kebab Shafa, Kebab Babarafi, Kebablasan dan Arabia Kebab. Melihat banyaknya gerai kudapan, pelaku usaha dituntut untuk terus berkreasi dalam menciptakan variasi Kebab, baik dari jenis ataupun rasa. Di sisi lain, faktor harga dan kualitas produk juga harus dipertimbangkan agar pelanggan tidak berpindah ke produk pesaing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah secara simultan dan parsial kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei yaitu penelitian yang datanya dikumpulkan dari sampel atas populasi untuk mewakili seluruh populasi. Berdaasarkan hasil uji F atau simultan terdapat pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Kabobs Premium Kebab Pahlawan Bogor. Hasil yang di diperoleh adalah Fhitung 119,223 > Ftabel 2,75, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa kualitas pelayanan (X1), kualitas produk (X2), dan harga (X3) berpengaruh secara bersama-sama. Hasil uji T atau parsial variabel kualitas pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil yang diperoleh thitung 6,828 > ttabel 1,997 dan signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Variabel kualitas produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil yang diperoleh thitung 4,550 > ttabel 1,997 dan signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Dan variabel harga (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil yang diperoleh thitung 0,199 < ttabel 1,997, serta nilai signifikansinya sebesar 0,843 > 0,05.
Unduhan
Referensi
Abdullah, T., & F. Tantri. (2016). Manajemen Pemasaran. Cetakan Kelima. Jakarta: Rajawali Pers.
Abdurrahman, H. N. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama. Bandung: CV. Pustaka Setia. (41).
Adisti. (2017). Pengaruh Kualitas Pesan, Iklan,Kualitas Produk, Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Serta Citra Merek dan Sikap Terhadap Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Produk Bedak Wajah Viva Cosmetics di Kota Semarang). Jurnal Sains Terapan. ISSN : 2337-3792.
Agustian, E., dan Sujana. (2013). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Studi Kasus Pada Produk Wall’s Conello. Program Studi Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan Bogor, Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan. Volume 1. No. 2. Tahun 2013. Pp 169-178. STIE Kesatuan. ISSN: 2337-7860.
Bayu, D. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Iklan, Pelayanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Agya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. ISSN :2461-0593. Volume 6. No.4. April 2017.
Hayati. H.Y. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di Restoran Bebek dan Ayam Goreng Pak Ndut Solo. Jurnal Sains Terapan. ISSN :2502- 1400.
Herlambang, S. (2014). Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran) Cara Mudah
Memahami Ilmu Pemasaran. Yogyakarta: Gosyen Publishing. (63).
Kotler, P., & K. L. Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jakarta: PT.Indeks.
Kotler, P., & K. L. Keller. (2015). Manajemen Pemasaran. Edisi XIII. Jilid 2. (Alih bahasa Bob, S). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kurniawan, F. J., Kunto, Y. S. (2014). Analisa Pengaruh Visibility, Credibility, Attraction dan Power Celebrity Terhadap Brand Image Bedak Marcks Venus. Jurusan Manajemen Pemasaran. Universitas Kristen Petra. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Volume 2. Nomor 1. (02).
Kurniawan, R., Yuniarto, B. (2016). Analisisi Regresi Dasar dan Penerapannya dengan R. Jakarta: Kencana. (31, 44, 91, 96, 123, 127).
Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran, Pendekatan Praktis. Edisi Pertama Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.
Sangadji, E.S., Sopiah. (2016). Salesmanship Kepenjualan. Penerbit: PT Bumi Raksa. (80).
Sejati, B., S., A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. ISSN : 2461-0593. Volume 5. No. 3, Maret 2016. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya.
Situmorang, S. H., D. M. J. Dalimunthe., I. Muda., M. Lufti., & Syahyunan. (2008).
Analisis Data Penelitian (Menggunakan Program SPSS). Cetakan Pertama. Medan: USU Press.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Kedua Puluh Satu. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sumanto, M.A. (2014). Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service). (160).
Sunyoto, D. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan Kedua). Jakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service). (28, 42).
Sunyoto, D., & Susanti, F., E. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan pertama. Yogyakarta : CAPS (Center for Academic Publishing Service). (284, 285-287).
Sutojo, Siswanto. 2009. Manajemen Pemasaran, Untuk Eksekutif Non-Pemasaran. Edisi Kedua. Penerbit Damar Mulia Pustaka. Jakarta.
Tajiri, M. J. Y. (2017) Pengaruh Citra Perusahaan, Gaya Hidup dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Minimarket Alfamart di Kota Bogor. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI. Program Studi Manajemen. Skripsi. Tidak Dipublikasikan.
Tjiptono., F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit CV. Andi
Offset. (405-406).
Uranadjan., D. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya. (164, 186).
Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen Teori Dan Praktik. Cetakan Pertama.Bandung: CV Pustaka Setia.