PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI TOKO BRODYOKE

Penulis

  • Jahani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Sari Okta Rahmalina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Kelengkapan Produk, Fasilitas, Lokasi dan Kepuasan pelanggan

Abstrak

Banyak sekali toko pakaian tidak sering memperhatikan kebutuhan atas kepuasan pelanggan, dimulai dari lengkapnya barang yang tersedia, luasnya ruangan, nyamanya area berbelanja, dan lokasi yang strategis yang mengakibatkan menurunya pendapatan di setiap bulanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Kelengkapan Produk, Fasilitas dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda Pemilihan sampel digunakan dengan cara purposive sampling, adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Wibisono karena tidak diketahui populasi pelanggan toko Brodyoke. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel Kelengkapan Produk, Fasilitas dan Lokasi secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan Pelanggan di toko Brodyoke dengan analis yaitu Fhitung (9,325) Ftabel (2,70). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kelengkapan produk menunjukkan hasil analisis thitung (1,355) maka secara parsial variabel kelengkapan produk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di toko Brodyoke. Variabel selanjutnya fasilitas menunjukkan analisis Thitung (1,415) maka secara parsial variabel fasilitas tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan  pelanggan di toko  Brodyoke. Terakhir variabel lokasi merupakan satu-satunya variabel yang berpengaruh karena nilai fitung (3,815) dimana tabel (1,66088) maka secara parsial lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan di toko Brodyoke. Variabel yang dominan mempengaruhi Kepuasan pelanggan di toko Brodyoke adalah Lokasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustina, S (2011). Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Malang: Universitas Brawijaya.

Alreza, A. H. (2013). Skripsi. “Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Swalayan Bravo Di Kota Bojonegoro)”. Universitas Negeri Semarang.

Fahmi, F. (2017). Skipsi. “Pengaruh Kelengkapan Produk Pelayanan Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Swalayan Kiosk 999 Hangtuah Pekanbaru”. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Fure, H. (2013). “Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Mminat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca”. Vol 1. No 3, September 2013. Universitas Sam Ratulangi Manado. ISSN : 2303-1174

Haily, And Yanti. (2016). “Pengaruh Kualitas Layanan,Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Prima Tour And Travel”. Vol 8. No 2, Oktober 2013. Fakultas Ekonomi Batam. ISSN : 2087-7331

Handoko, B. (2016). “Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan JNE Medan”. Vol 8. No 1, April-September 2017. STIE HARAPAN Medan. Indonesia. ISSN : 2580-4170 (Online), 1693-7619 (Print)

kotler, P, and Amstrong, G. (2014). Principle of Marketing. Edisi LimaBelas.

England: Pearson Education Limited.

Layaalin,Y.N. (2017). Skripsi. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan Top 40 Family Karaoke Yogyakarta)”. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lupiyoadi & Hamdani. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan Pertama. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Pratiwi, N. (2019). Skripsi. “Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan (Tangibles Reliability Responsiveness Assurance Empathy) Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Mie Ayam Budi Bandar Lampung”. Universitas Lampung.

Rangkuty, F. (2013). Costumer Service Satification & Call Center (Berdasarkan ISO 9001). Cetakan Pertama. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

———. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan Kedua Puluh Satu Bandung: Alfabeta.

———. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta.

———. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2014). Manajemen Bisnis Ritel. Cetakan Pertama. Jakarta: CAPS. Tjiptono, F. (2013). Strategi Pemasaran. Kedua. Yogyakarta: CV Andi OFFset.

———. (2015). Strategi Pemasaran. Empat. Yogyakarta: CV Andi OFFset. Tjiptono, and Gregorius, C. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV Andi

OFFset.

Tristiana. (2016). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor Honda Vario 125”. Vol 5. NO 6, Juni 2016. STIE Indonesia. ISSN : 2461-0593

Unaradjan, D.D. (2013). Metode Penelitian &uantitatif. Cetakan Pertama. Jakarta: Universitas Atma Jaya.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-31

Cara Mengutip

Jahani, & Okta Rahmalina, S. (2024). PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI TOKO BRODYOKE. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 2(1), 48–55. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/137 (Original work published 31 Maret 2022)