PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, TATA LETAK, VARIASI PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ANGGOTA KOPERASI DI KOPERASI MAHASISWA ESCO FAKULTAS EKONOMI

Penulis

  • Christina Ekawati
  • Desy Indayani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Tata Letak, Variasi Produk, Promosi, Keputusan Pembelian.

Abstrak

Kualitas Sumber Daya Manusia menjadi sangat penting karena ini merupakan motor penggerak kemajuan bangsa dan negara termasuk dalam bidang ekonomi menuju Indonesia yang mandiri di bidang ekonomi di masa yang akan datang. Guna mewujudkan kemandirian dibidang ekonomi tersebut, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah terus mendorong berbagai pihak untuk menumbuhkembangkan koperasi di Indonesia yang merupakan sakaguru perekonomian Indonesia. Namun demikian, berkembangnya jumlah koperasi yang ada di Indonesia tersebut ternyata bukan berarti tidak menimbulkan permasalahan. Permasalahan yang dihadapi perkoperasian di Indonesia saat ini adalah walaupun secara jumlah koperasi di Indonesia terus mengalami perkembangan yang menggembirakan, namun ternyata diantaranya banyak juga koperasi yang tidak aktif melakukan kegiatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, tata letak, variasi produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian di Koperasi Mahasiswa ESCO FEB UI. Selain itu, penelitian ini akan menganalisis faktor apakah yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian di Koperasi Mahhasiswa ESCO FEB UI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 34,2% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan, tataletak, variasi produk, dan promosi sedangkan sisanya 65,8% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan uji F menunjukan bahwa secara serempak kualitas pelayanan, tata letak, variasi produk dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan analisis yaitu nilai Fhitung = (13,874) > dari Ftabel = (2,460). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung  (3,884) serta variabel variasi produk menunjukkan thitung  (3,788)  dimana ttabel  (1,984) maka secara parsial variabel kualitas pelayanan dan variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Koperasi Mahasiswa ESCO FEB UI. Adapun variabel tata letak dan promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Koperasi Mahasiswa ESCO FEB UI. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian di Koperasi Mahasiswa ESCO FEB UI adalah variasi produk.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdurrahman, N. H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Penerbit CV Pustaka Setia. (71,72, 155).

Algifari. (2016). Mengukur Kualitas Layanan Dengan Indeks Kepuasan, Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Model Kano . Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit BPFE. (2)

Alma dan Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta. (97, 98, 181, 189)

Arikunto. (2014). Manajemen Penelitian. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Rineka Citra. (76, 164).

Ginting, F.H. (2015). Manajemen Pemasaran. Cetakan ketiga. Penerbit: CV Yrama Widya. (206).

Heizer, Jay dan Render. (2009). Manajemen Operasi Buku 1. Edisi 9. Jakarta : Salemba Empat. (532)

Kotler, P., & K. L. Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi XIII. Jilid 1. (Alih bahasa Bob, S). Jakarta: Penerbit Erlangga. (15, 16).

_______. (2015). Manajemen Pemasaran. Edisi XIII. Jilid 2. (Alih bahasa Bob, S). Jakarta: Penerbit Erlangga. (166).

Limakrisna dan Purba. (2017). Manajemen Pemasaran. Edisi 2. Penerbit: Mitra Wacana Media. (73, 75, 79).

Liwe, F. (2013). Judul Pengaruh Kesadaran Merek, Keragaman Produk dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian di Kentucky Fried Chicken (KFC) Manado. Jurnal EMBA. ISSN: 2303-1174. Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 2107-2116. Jurusan Manajemen . Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado.

Lupiyoadi, R. dan Ikhsan, R. B. (2015). Praktikum metode riset bisnis. Cetakan Pertma. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. (70, 76, 134, 138, 141, 157, 167, 168).

Priyatno, D. (2016). SPSS Handbook. Cetakan pertama. Yogyakarta: Penerbit Mediakom (116, 133).

Sekaran, U. and Bougie, R. (2014). Research Methods for Business. Sixth Edition. Penerbit: Wiley. (240, 241)

Sopiah dan E. M. Sangadji. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi. (99)

Sriyanto dan Kuncoro. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Ekuitas Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian ProdukLionStar Di Modern Market Jakarta. Jurnal Ekonomi dan Manajemen. ISSN: 2252-6226. Vol.4 No.2 Oktober 2015. FE Universitas Budi Luhur.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cetakan ke-23. Bandung: Alfabeta. (6, 39, 137).

Sunyoto dan Susanti. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit CAPS (Center For Academic Publishing Service). (164, 288, 289).

Sunyoto, D. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan Kedua). Jakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service). (42).

Suparyanto, R. W., & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Bogor: Penerbit In Media. (63, 173, 176, 177, 178, 179, 180).

Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Cawang. (1603)

_______. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi. (47, 48, 49, 50, 53).

Uranadjan., D. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya. (164, 168, 225).

Walukow, Mananeke dan Sepang. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Bentenan center Sonder Minahasa. Jurnal EMBA. ISSN: 2303-1174. Vol.1 No.4 Desember 2013. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado.

www.http://bps.go.id/. Diunduh tanggal 15 November 2017.

www.http://esco-febui.com/tentang-kami. Diunduh tanggal 18 November 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-31

Cara Mengutip

Ekawati, C. ., & Indayani, D. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, TATA LETAK, VARIASI PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ANGGOTA KOPERASI DI KOPERASI MAHASISWA ESCO FAKULTAS EKONOMI . Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 2(1), 56–67. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/138