PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN JASA DR WEDDING HOUSE BOGOR

Penulis

  • Jahani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Saepudin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

Kata Kunci:

Kepuasan Pelayanan, Promosi, Kepuasan Konsumen.

Abstrak

Pernikahan merupakan momen paling penting dan bahagia bagi calon pengantin, dan merupakan peristiwa yang ingin dilalui sekali seumur hidup. Sehingga setiap pasangan mempunyai impian tersendiri dihari pernikahan mereka. Dengan hal ini calon pengantin membutuhkan perusahaan jasa yang bisa melakukan apa yang mereka ingin dan butuhkan. Di era globalisasi sekarang masyarakat sangat disibukkan dengan rutinitas yang sangat padat sehingga untuk mempersiapkan pernikahan yang mereka impikan membutuhkan bantuan jasa wedding. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa DR Wedding House Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 55 responden, dengan menggunakan analisis regresi linierberganda.

Hasil uji koefisien deteminasi menunjukkan bahwa 72,5% faktor-faktor kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan promosi sedangkan sisanya 27,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas Pelayanan dan promosi secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (72,255) > Ftabel (3,18). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (2,639) dan variabel promosi menunjukkan hasil analisis thitung (4,553) dimana ttabel (1,67469) maka secara parsial kedua valiabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen jasa DR Wedding House Bogor. Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan konsumen jasa DR Wedding House Bogor promosi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fauziah, Deva Nur. Wulandari , Dewi Ayu Nur.(2018). Pengukuran Kualitas Layanan Bukalapak.Com Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal. Vol 3 (2) Februari 2

Kotler, Philip&Gary Amstrong.(2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid Satu, Edisi Empat Belas. Jakarta: Erlangga.

Listiatin , Eswika Nilasari.(2015).“Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Dealer PT.Ramayana Motor Sukoharjo”.Jurnal Paradigma.Vol. 13.No1.Februari-Juli2015.

Rondonuwu, D Priscilia.(2013).Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Layanan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Nissan March Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Vol 1 (4).

Situmorang, S.H., D. M. J. Dalimunthe., I. Muda., M. Lufti., & Syahyunan. (2008). Analisis Data Penelitian (Menggunakan Program SPSS).Cetakan Pertama. Medan: USU Press.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Kedua Puluh Satu. Bandung: Penerbit Alfabeta.

------------ -.(2015). Metode Penelitian Tindakan Komperhensif. Bandung : Alfabeta.

.(2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Kedua Puluh Tiga. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sunyoto,D.(2012).KonsepDasarRisetPemasarandanPerilakuKonsumen.Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Public).

------------- .(2013). Hak dan Kewajiban bagi Pekerja dan Pengusaha.Jakarta: Pustaka Yustisia.

Basu Swastha dan Irawan. (2010). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. (2011). Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia.

----------------. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi Empat. Yogyakarta: Andi. Uranadjan., D. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pertama. Jakarta : Penerbit Universitas Atma Jaya.

Widayat, E.,W.(2008). Pengaruh Bauran Pemasaran.Jasa dan Eceran Terhadap Keputusan Membeli di Dunkin’ Donuts Wilayah Sumatera Utara. Jurnal Keuangan dan Bisnis. ISSN: 2086-1699. Volume 2. No.2, Juli 2010. Program Studi Magister Manajemen.STIE Harapan. Medan.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-31

Cara Mengutip

Jahani, & Saepudin. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN JASA DR WEDDING HOUSE BOGOR. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 2(1), 76–83. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/140