Analisa Strategi Peningkatan Daya Saing PT. Daya Boho Mandiri

Penulis

  • Sentot Eko Baskoro Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Alvin

DOI:

https://doi.org/10.58890/eleste.v4i2.181

Kata Kunci:

Jasa Pelayanan Kontruksi, Matriks IFE/EFE, QSPM, SWOT

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis peningkatan daya saing pada PT. Daya Boho Mandiri dan Untuk mengetahui strategi bisnis yang dapat diterapkan pada PT. Daya Boho Mandiri berdasarkan analisis SWOT.  Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara dan kuesioner. Dan Metode analisis data yang digunakan adalah SWOT, matriks IFE dan EFE, dan QSPM dengan hasil wawancara pada 5 orang informan. Hasil analisis dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah menghasilkan faktor internal kekuatan dan kelemahan, dan faktor eksternal peluang dan ancaman yang mempengaruhi perkembangan bisnis pada PT. Daya Boho Mandiri, dan didapatkan hasil analisis QSPM dari hasil penelitian SWOT yang telah dilakukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi yang dihasilkan dalam analisis QSPM adalah dengan menggunakan Strategi S-O (Strength – Opportunity) yang dimana para karyawan akan mengerti soal proses tender, dapat memberikan harga yang tepat secara cepat, dan juga menyesuaikan modal serta kelengkapan alat yang tercantum dalam dokumen tender.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Alvin

Sentot Eko Baskoro adalah seorang praktisi di bidang hukum korporasi. Pendidikan formalnya dimulai dari Sarjana Matematika dari ITS Surabaya, Sarjana Hukum dari UPN Veteran Jakarta, Magister Manajemen Internasional dari MM-UI dan Magister Hukum dari UGM Yogyakarta.

Selain aktif di dalam kegiatan kemasyarakatan, ia juga mengikuti beberapa program pengayaan keilmuan dengan berbagai sertifikasi di beberapa bidang, yaitu Audit Hukum, Manajemen Risiko maupun Tata Kelola Perusahaan. Kini, ia aktif sebagai Senator Ikatan Alumni ITS, Ketua Bidang Hukum Asosiasi Agen & Broker Penjamin Indonesia, Wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi GRC Indonesia, Rotary Club District 3410, sebagai Juri dari kegiatan TopCSR dan TopBUMD Award, dan kegiatan pada berbagai organisasi lainnya.

Referensi

Asnudin, A. (2008). Potensi Bisnis Usaha Jasa Konstruksi di Indonesia. Wilayah Palu. Jurnal SMARTe. Volume 6 No.4 November 2008: 228-240. Program Studi Teknik Sipil. Universitas Tadulako.

Nugraheni, S. R. W., Widyastutik, Syarifah Amalia, Iskandar Panjaitan, Ika Yulisyawati, & Florika Malau. (2021). Strategy to Improve the Competitiveness of Indonesian Construction Services Sector. Wilayah Bogor. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan. ISSN: 2686-2514. Volume 10 No. 2 Desember 2021. Fakultas Ilmu Ekonomi, Institut Pertanian Bogor

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-04

Cara Mengutip

Eko Baskoro, S., & Sihombing, K. A. B. (2024). Analisa Strategi Peningkatan Daya Saing PT. Daya Boho Mandiri. Economics Learning Experience & Social Thinking Education Journal, 4(2), 96–102. https://doi.org/10.58890/eleste.v4i2.181 (Original work published 4 Oktober 2024)