ANALISIS STRATEGI BISNIS WIFI.ID PADA PT. TELEKOMUNIKASI Tbk. WILAYAH TELKOM BOGOR

Authors

  • Altatit Dianawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Putri Nabila Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v15i2.198

Keywords:

Wifi.id, Strategi Bisnis, Business Model Canvas

Abstract

Sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 270 juta lebih membuat Indonesia menjadi negara dengan tingkat penggunaan internet yang tinggi. Peningkatan permintaan penggunaan layanan internet di masyarakat Indonesia dimanfaatkan dengan baik oleh pihak PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat Indonesia. PT. Telkom menyediakan berbagai fasilitas komunikasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam sektor telekomunikasi menyediakan layanan yang beragam (multi service) bagi pelanggannya yaitu layanan suara (telepon), data (internet), dan gambar (IP-TV).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model bisnis Wifi.id saat ini dan menganalisis Strategi Bisnis Wifi.id PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Wilayah Telkom Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian berupa observasi, wawancara, dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC), Analisis Lingkungan Internal-Eksternal, Matriks IE, dan QSPM. Adapun narasumber untuk memperoleh informasi sebanyak 9 orang dan untuk responden kuesioner tersebut berjumlah 3 responden.

Hasil dari Model Bisnis Wifi.id saat ini menunjukkan bahwa Wifi.id sudah menerapkan Model Bisnis dengan baik. Pada tahap input menunjukkan hasil Matriks IFE sebesar 2,567 dan Matriks EFE sebesar 3,881. Sehingga, pada Matriks IE menunjukkan bahwa posisi Wifi.id pada Matriks IE berada dalam Sel II dengan kategori Grow and Build. Strategi alternatif yang dihasilkan yaitu Penetrasi Pasar, Pengembangan Pasar, Pengembangan Produk, Merger, dan Akuisisi. Setelah dilakukan perhitungan menggunakan QSPM didapatkan tiga prioritas strategi alternatif untuk Wifi.id. yaitu Merger, Akuisisi, dan Pengembangan Pasar. Dengan melakukan Merger dapat menekan biaya operasi dan juga peluang memperluas pangsa pasar dengan perusahaan yang akan diajak bekerjasama. Selain melakukan merger, perusahaan dapat mengakuisisi perusahaan lain untung meningkatkan pertumbuhan perusahaan. Untuk strategi pengembangan pasar, Wifi.id dapat lebih fokus untuk mengenalkan produk mereka kepada pasar yang lebih luas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmadi, Abu dan Cholid Narbuko. 2009. Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara

Ananda, M. 2020. Formulasi Strategi Bisnis Provider Internet IndiHome PT Telekomunikasi Indonesia Witel Nusa Tenggara Barat. Skripsi. Telkom University. Bandung.

Amin, R. (2015) ‘Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Internet Service Provider’, Jurnal Teknik Komputer AMIK, 1(1), pp. 66–71.

Alexander Osterwalder and Yves Pigneur. 2010. Business Model Generation. Jakarta: Kompas Gramedia

Armstrong dan Kotler. 1996. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Intermedia.

Bernadine, D. (2020). Analisis Perumusan Strategi Bisnis: Studi pada Andhika Salon Cibubur. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 27(2), 30–53.

David, F. R. (2010). Manajemen Strategi: Konsep. Jakarta: Salemba Empat edisi 12. David, Fred R. 2009. Manajemen Strategis Konsep, Buku 1. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

David, Fred R. (2015), Manajemen Strategis, Edisi 12, Jilid I, Terjemahan oleh Dono Sunardi, Jakarta: Salemba Empat.

David, Fred, R. (2017). Strategic Management Manajemen Strategi Konsep Edisi 12. Jakarta. Salemba Empat.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.

Hardianti, L. 2018. Metode QSPM. Retrieved Juni 10, 2018, from https://www.scribd.com: https://www.scribd.com/doc/58654777/METODE- QSPM

J. David Hunger dan Thomas L. Wheelen. 2007. Strategic Management and Business Policy, 9th Edition, Pearson Prentice Hall

K.L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi kedua belas. jilid 1. PT Index. kelompok Gramedia. Jakarta

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2009), Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta

Kotler, Philip. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid kedua. Jakarta: Erlangga Osterwalder, A., Pigneur, Y. 2012. Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Purhantara, Wahyu. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta Tim PPM Manajemen. 2012. Business Model Canvas: Penerapan di Indonesia. Jakarta: Tim PPM Manajemen.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran (Edisi 3). Jakarta: Andi.

Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

APJII. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Indonesia. 2020. Survei Internet APJII 2019-2020 (Q2) [Diunduh Maret 2023]. https://apjii.or.id/survei/surveiinternetapjii20192020q2-21072046

APJII. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Indonesia. 2020. Survei Profil Internet Indonesia 2022 [Diunduh Maret 2023]. https://apjii.or.id/survei/surveiprofilinternetindonesia2022-21072047

APJII. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Indonesia. 2023. Survei Internet Service Provider Industry & Market Profile 2023 [Diunduh Juli 2023]. https://survei.apjii.or.id/survei/2023

APJII. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Indonesia. 2023. Profil Pengguna Internet Bisnis dan Korporasi [Diunduh Juli 2023]. https://survei.apjii.or.id/survei/2023

APJII. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Indonesia. 2023. Profil Pengguna Internet Indonesia Retail [Diunduh Juli 2023]. https://survei.apjii.or.id/survei/2023

Bank Indonesia BI, Data Inflasi, 2023 [Diunduh Juli 2023] https://www.bi.go.id/id/statistik/indikator/data-inflasi.aspx

BUMN, Nilai-Nilai Utama (Core Values) SDM BUMN sebagai identitas dan perekat budaya kerja yang mendukung peningkatan kinerja secara berkelanjutan. [diakses pada tanggal 05 Juni 2023] https://www.bumn.go.id/profil/erabarukami/nilai- organisasi

TELKOM, Platform Digital Learning Telkom “MyDigiLearn” Raih Penghargaan Utama Anugerah Inovasi Indonesia IDX Channel. 2022. [Diakses pada bulan Juni 2023] https://www.telkom.co.id/sites/enterprise/id_ID/news/platform-digital-learning- telkom-%E2%80%9Cmydigilearn%E2%80%9D-raih-penghargaan-utama- anugerah-inovasi-indonesia-idx-channel-2022-1745

IndiHome [Diakses pada tanggal 13 April 2023] https://indihome.co.id/

Wifi.id [Diakses pada tanggal 13 April 2023] https://www.Wifi.id/

WMS Wifi.id [Diakses pada tanggal 13 April 2023] https://wmsWifi.id/

Biznet [Diakses pada tanggal 13 April 2023] https://biznethome.net/

First Media [Diakses pada tanggal 13 April 2023] https://daftarfirstmedia.net/

Iconnect [Diakses pada tanggal 13 April 2023] https://iconnet.id/

MyRepublic [Diakses pada tanggal 13 April 2023] https://myrepublic.co.id/

Published

2023-12-30

How to Cite

Dianawati, A. ., & Nabila, P. (2023). ANALISIS STRATEGI BISNIS WIFI.ID PADA PT. TELEKOMUNIKASI Tbk. WILAYAH TELKOM BOGOR. Jurnal GICI Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 15(2), 164–176. https://doi.org/10.58890/jkb.v15i2.198