ANALISIS STRATEGI BISNIS WIFI.ID PADA PT. TELEKOMUNIKASI Tbk. WILAYAH TELKOM BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.58890/jkb.v15i2.198Kata Kunci:
Wifi.id, Strategi Bisnis, Business Model CanvasAbstrak
Sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 270 juta lebih membuat Indonesia menjadi negara dengan tingkat penggunaan internet yang tinggi. Peningkatan permintaan penggunaan layanan internet di masyarakat Indonesia dimanfaatkan dengan baik oleh pihak PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat Indonesia. PT. Telkom menyediakan berbagai fasilitas komunikasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam sektor telekomunikasi menyediakan layanan yang beragam (multi service) bagi pelanggannya yaitu layanan suara (telepon), data (internet), dan gambar (IP-TV).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model bisnis Wifi.id saat ini dan menganalisis Strategi Bisnis Wifi.id PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Wilayah Telkom Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian berupa observasi, wawancara, dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC), Analisis Lingkungan Internal-Eksternal, Matriks IE, dan QSPM. Adapun narasumber untuk memperoleh informasi sebanyak 9 orang dan untuk responden kuesioner tersebut berjumlah 3 responden.
Hasil dari Model Bisnis Wifi.id saat ini menunjukkan bahwa Wifi.id sudah menerapkan Model Bisnis dengan baik. Pada tahap input menunjukkan hasil Matriks IFE sebesar 2,567 dan Matriks EFE sebesar 3,881. Sehingga, pada Matriks IE menunjukkan bahwa posisi Wifi.id pada Matriks IE berada dalam Sel II dengan kategori Grow and Build. Strategi alternatif yang dihasilkan yaitu Penetrasi Pasar, Pengembangan Pasar, Pengembangan Produk, Merger, dan Akuisisi. Setelah dilakukan perhitungan menggunakan QSPM didapatkan tiga prioritas strategi alternatif untuk Wifi.id. yaitu Merger, Akuisisi, dan Pengembangan Pasar. Dengan melakukan Merger dapat menekan biaya operasi dan juga peluang memperluas pangsa pasar dengan perusahaan yang akan diajak bekerjasama. Selain melakukan merger, perusahaan dapat mengakuisisi perusahaan lain untung meningkatkan pertumbuhan perusahaan. Untuk strategi pengembangan pasar, Wifi.id dapat lebih fokus untuk mengenalkan produk mereka kepada pasar yang lebih luas.
Unduhan
Referensi
Achmadi, Abu dan Cholid Narbuko. 2009. Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara
Ananda, M. 2020. Formulasi Strategi Bisnis Provider Internet IndiHome PT Telekomunikasi Indonesia Witel Nusa Tenggara Barat. Skripsi. Telkom University. Bandung.
Amin, R. (2015) ‘Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Internet Service Provider’, Jurnal Teknik Komputer AMIK, 1(1), pp. 66–71.
Alexander Osterwalder and Yves Pigneur. 2010. Business Model Generation. Jakarta: Kompas Gramedia
Armstrong dan Kotler. 1996. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Intermedia.
Bernadine, D. (2020). Analisis Perumusan Strategi Bisnis: Studi pada Andhika Salon Cibubur. Jurnal Ekonomi Perusahaan, 27(2), 30–53.
David, F. R. (2010). Manajemen Strategi: Konsep. Jakarta: Salemba Empat edisi 12. David, Fred R. 2009. Manajemen Strategis Konsep, Buku 1. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
David, Fred R. (2015), Manajemen Strategis, Edisi 12, Jilid I, Terjemahan oleh Dono Sunardi, Jakarta: Salemba Empat.
David, Fred, R. (2017). Strategic Management Manajemen Strategi Konsep Edisi 12. Jakarta. Salemba Empat.
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.
Hardianti, L. 2018. Metode QSPM. Retrieved Juni 10, 2018, from https://www.scribd.com: https://www.scribd.com/doc/58654777/METODE- QSPM
J. David Hunger dan Thomas L. Wheelen. 2007. Strategic Management and Business Policy, 9th Edition, Pearson Prentice Hall
K.L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi kedua belas. jilid 1. PT Index. kelompok Gramedia. Jakarta
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2009), Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta
Kotler, Philip. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid kedua. Jakarta: Erlangga Osterwalder, A., Pigneur, Y. 2012. Business model generation: a handbook for visionaries, game changers, and challengers. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Purhantara, Wahyu. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: GrahaIlmu.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta Tim PPM Manajemen. 2012. Business Model Canvas: Penerapan di Indonesia. Jakarta: Tim PPM Manajemen.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran (Edisi 3). Jakarta: Andi.
Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
APJII. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Indonesia. 2020. Survei Internet APJII 2019-2020 (Q2) [Diunduh Maret 2023]. https://apjii.or.id/survei/surveiinternetapjii20192020q2-21072046
APJII. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Indonesia. 2020. Survei Profil Internet Indonesia 2022 [Diunduh Maret 2023]. https://apjii.or.id/survei/surveiprofilinternetindonesia2022-21072047
APJII. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Indonesia. 2023. Survei Internet Service Provider Industry & Market Profile 2023 [Diunduh Juli 2023]. https://survei.apjii.or.id/survei/2023
APJII. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Indonesia. 2023. Profil Pengguna Internet Bisnis dan Korporasi [Diunduh Juli 2023]. https://survei.apjii.or.id/survei/2023
APJII. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Indonesia. 2023. Profil Pengguna Internet Indonesia Retail [Diunduh Juli 2023]. https://survei.apjii.or.id/survei/2023
Bank Indonesia BI, Data Inflasi, 2023 [Diunduh Juli 2023] https://www.bi.go.id/id/statistik/indikator/data-inflasi.aspx
BUMN, Nilai-Nilai Utama (Core Values) SDM BUMN sebagai identitas dan perekat budaya kerja yang mendukung peningkatan kinerja secara berkelanjutan. [diakses pada tanggal 05 Juni 2023] https://www.bumn.go.id/profil/erabarukami/nilai- organisasi
TELKOM, Platform Digital Learning Telkom “MyDigiLearn” Raih Penghargaan Utama Anugerah Inovasi Indonesia IDX Channel. 2022. [Diakses pada bulan Juni 2023] https://www.telkom.co.id/sites/enterprise/id_ID/news/platform-digital-learning- telkom-%E2%80%9Cmydigilearn%E2%80%9D-raih-penghargaan-utama- anugerah-inovasi-indonesia-idx-channel-2022-1745
IndiHome [Diakses pada tanggal 13 April 2023] https://indihome.co.id/
Wifi.id [Diakses pada tanggal 13 April 2023] https://www.Wifi.id/
WMS Wifi.id [Diakses pada tanggal 13 April 2023] https://wmsWifi.id/
Biznet [Diakses pada tanggal 13 April 2023] https://biznethome.net/
First Media [Diakses pada tanggal 13 April 2023] https://daftarfirstmedia.net/
Iconnect [Diakses pada tanggal 13 April 2023] https://iconnet.id/
MyRepublic [Diakses pada tanggal 13 April 2023] https://myrepublic.co.id/