Pengaruh Variasi Produk Tabungan, Kualitas Pelayanan Dan Bukti Fisik Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bank Mandiri Cabang Pasar Pagi Lama Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.58890/jkb.v14i2.51Keywords:
Variasi Produk Tabungan, Kualitas Pelayanan, Bukti Fisik, Loyalitas NasabahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Mengetahui apakah secara simultan variasi produk, kualitas pelayanan dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, (2) Mengetahui apakah secara parsial variasi produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, (3) Mengetahui apakah secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, (4) Mengetahui apakah secara parsial bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang disertai penjelasan (eksplanatory research). Sampel sebanyak 95 responden nasabah tabungan di Bank Mandiri Cabang Pasar Pagi Lama Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode survey dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Downloads
References
Adinda. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah Tahapan pada PT. BCA KCP Pejaten, Jakarta Selatan. Skripsi. STIE GICI Business School Depok. Tidak Dipublikasikan.
Agung., J. S. (2011). Pengaruh Physical Evidence terhadap Loyalitas Konsumen Cafe Rocketz Solo. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Tidak Dipublikasikan.
Akbar M. M., & Parvez. (2009). Impact of Service Quality, Trust, and Customer Satisfaction Loyalty, ABAC Journal, Vol. 29, No.1. Januari, 24-38.
Buku Panduan Standar Operasional Pelayanan Bank Mandiri (2016).
Groover., P. M. (2010). Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Process, and System 4th Edition. London: Jhon Wiley Sons, Inc.
Hais, D. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Mandiri wilayah Gorontalo. Jurnal inovasi. ISSN : 1693-9034. Volume 7. No. 2, Juni 2010. Program Studi Magister Ekonomi dan Bisnis. Universtias Negeri Gorontalo. Sulawesi Utara.
Hasan. A. (2008). Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo.
Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Iswanto, K. (2015). Pengaruh Nilai Nasabah, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Hubungan Tehadap Kepuasan Nasabah Serta Implikasinya Tehadap Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Syariah. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya. ISSN : ISSN: 1412-4521.Volume 13. No. 2, Juni 2015. Program Studi Magister Manajemen dan Bisnis. Universtias Mercu Buana. Jakarta.
Kennedy., Singh., G. Trinh., J. Dawes., & L. Lockshin (2009). Journal of Product & Brand Management. 97.
Kotler, P., & G. Armstrong. (2009). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Edisi 12, jilid 2, Jakarta: Erlangga.
Nurhasanah. (2015). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Tahapan pada PT. Hero Supermarket, Cilandak Jakarta Selatan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Tidak Dipublikasikan.
Prasetyo, Bambang dan L. M. Jannah. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Edisi VII. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Randall, T. (2008). Satisfaction, A Behavioral Prespective on The Customer. New York: Me Graw-Hill. Companis Inc.
Richard. H. W., (2010). An Introduction to Appearance Analysis. Journal of Graphic Design. 20, (3), 34-96.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Publisher.
Situmorang, S. H., D. M. J. Dalimunthe., I. Muda., M. Lufti., & Syahyunan. (2008). Analisis Data Penelitian (Menggunakan Program SPSS). Cetakan Pertama. Medan: USU Press.
________ (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Kedua Puluh Satu. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sunyoto, D. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Cetakan Kedua. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Terence, A. S. (2007). “Periklanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu)”. Jilid I, Edisi Terjemahan, Jakarta: Erlangga.
Tim penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: Andi Publisher.
________ (2012). Service Manajement, Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset.
________ & A. Diana. (2015). Pelanggan Puas? Tak Cukup. Yogyakarta: Andi Publisher.
Uranadjan., D. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya.
Poppy., K., S. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Tabungan Britama Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Samarinda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. ISSN : 2355 – 5408. Volume 3. No.1 231–243, Juni 2015. Program Studi Magister Ilmu Administrasi dan Bisnis. Universtias Mulawarman. Samarinda.
Prawirosentono, S., 2007, Filosofi Baru Tentang Mutu Terpadu. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Website : www.bankmandiri.co.id.