Pengaruh Ekuitas Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan
(Studi Kasus Masyarakat Kota Bogor)
DOI:
https://doi.org/10.58890/jkb.v14i1.21Keywords:
Ekuitas Merek, Harga, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Dunia usaha minuman kopi yang saat ini semakin berkembang pesat dan beragam. Di tengah beragamnya eksistensi merek minuman kopi, banyak masyarakat yang akhirnya semakin kritis terhadap bagaimana kesesuaian antara penawaran yang diberikan oleh berbagai pelaku usaha minuman kopi tersebut. Jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan model analisisnya regresi linier berganda. Penentuan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 75,80% faktor-faktor keputusan pembelian Kopi Kenangan Masyarakat Kota Bogor dijelaskan oleh ekuitas merek, harga, dan promosi sedangkan 24,20% lainnya dijelaskan oleh faktor lain. Hasil Uji F menunjukkan bahwa variabel independen secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Kopi Kenangan Masyarakat Kota Bogor dengan hasil analisis nilai Fhitung = 104,144 > dari Ftabel = 2,700. Hasil Uji t menunjukkan variabel ekuitas merek hasil analisis thitung (3,541) dan promosi (6,568) > ttabel (1,983) maka secara parsial kedua variabel tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel harga menunjukkan hasil thitung (0,674) < ttabel (1,983) maka secara parsial variabel tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kopi Kenangan Masyarakat Kota Bogor.
Downloads
References
Batubara, M., Sani, S. A., Silalahi, P. R., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Scarlett Whitening. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327-1342. Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(1), 73-81.
Darna, N., dan Herlina, E. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 5(1), 287-292.
Febrian, A., dan Ahluwalia, L. (2020). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek pada Kepuasan dan Keterlibatan Pelanggan yang Berimplikasi pada Niat Pembelian di E-Commerce. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, e-ISSN : 2548-2149 Volume 13(3), 254. Universitas Airlangga.
Jansen, F. Y., Worang, F. G., & Arie, F. V. (2022). Pengaruh Ekuitas Merek, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat. 2019-2020. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10 (1), 279-288.
Kotler, P., dan K.L. Keller. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi XIII. Jilid 1. Alih Bahasa Bob S. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lestari, A., & Aslami, N. (2022). Perilaku Konsumen Asuransi terhadap Keputusan Pembelian. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 21(1), 34-42.
Mendrofa, K. H., & Hendriati, Y. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian TV Berlangganan Transvision Di Kota Batam. Rekaman: Riset Ekonomi Bidang Akuntansi dan Manajemen, 6(1), 24-32.
Nasution, R. W. S., & Aslami, N. (2022). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Meningkatnya Kepuasan Pelanggan. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 111-118.
Pebriyanti, N. K. L., Hartati, P. S., & VS, N. N. A. A. (2022). Pengaruh Promosi Online dan Electronic Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. Widya Amrita: Jurnal Manajemen.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke-26. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan Kedua. Jakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Internet:
Www.Topbrand-Award.Com (2020-2022) (Diakses Pada 05 Maret 2022)