PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KECERDASAN EMOSIONAL DAN DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA NEGERI 1 BATUJAYA
DOI:
https://doi.org/10.58890/jkb.v17i2.449Keywords:
Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kecerdasan Emosional, Disiplin Kerja Guru, Kinerja Guru.Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui, 1) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kecerdasan Emosional dan Disiplin Kerja Guru secara Bersama-sama terhadap Kinerja Guru pada SMA Negeri 1 Batujaya. 2) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Pada SMA Negeri 1 Batujaya. 3) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru Pada SMA Negeri 1 Batujaya. 4) Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Pada SMA Negeri 1 Batujaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 guru. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reabilitas, regresi linier berganda dan uji T. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kecerdasan Emosional dan Disiplin Kerja Guru secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru pada SMA Negeri 1 Batujaya. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh > Ft = 22,975 > 2,769. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Pada SMA Negeri 1 Batujaya. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,002 < 0,05 dan th > tt =3,232 > 2,003. 3) Terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan Kecerdasan Emosional Guru terhadap Kinerja Guru Pada SMA Negeri 1 Batujaya. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,133 > 0,05 dan th < tt = 1,526 < 2,003. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Disiplin Kerja Guru terhadap Kinerja Guru Pada SMA Negeri 1 Batujaya. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,006 < 0,05 dan th > tt = 2,872 > 2,003
Downloads
References
Abdul Ghofar, & Sukemi. (2023). Perilaku Organisasi dan Manajemen Kinerja. Pradina Pustaka, Sukoharjo.
Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The influence of the transformational leadership and work motivation on teachers performance. International Journal of Scientific and Technology Research, 7(7), 19–29.
Aswanrahman, A., Yunus, M., & Elpisah, E. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(3), 224–230. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n3.p224-230
Azis, A. Q., & Suwatno, S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 11 Bandung. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 246. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18020
Dewi, R., & Khotimah, S. H. (2020). Pengaruh Profesionalisme Dan Disiplin Kerja Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 279. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7839
Dira, A. F. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Lingkungan Kerja Terhadap Karyawan GICI BUSINESS SCHOOL. Kata Pengantar, 14(2008–1312), 1. http://gicipress.com/wp-content/uploads/2022/04/Jurnal-Vol-14-No-1-Tahun-2022.pdf#page=5
Haq, N., Tholkhah, I., & Primarni, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Efikasi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(2), 173–188. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.108
Herlina, Erisna, & Fitria, H. (2020). Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas pgri palembang 10 januari 2020. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 599.
Idris, M. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 411–415. http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/tadibi/article/view/123
Istikomah, I. (2018). STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(2). https://doi.org/10.51311/nuris.v5i2.107
Jufrizen, J. (2018). Peran Motivasi Kerja Dalam Memoderasi Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. The National Conferences Management and Business (NCMAB), 405–424.
Mahfud, M. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Dan Displin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Se-Kota Bima. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 1–17.
Natsir, U. D., Tangkeallo, D. I., & Tangdialla, R. (2020). Effect of principal’s leadership on teacher performance in junior high school: A case of Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2), 4196–4203.
Nurzaima, N. (2018). Identifikasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3). https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1847
Papilaya, J., Tuakora, P., & Rijal, M. (2019). Compensation, transparency, and motivation effects on the performance of junior high school teachers in Western Seram, Indonesia. International Journal of Instruction, 12(3), 439–458. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12327a
Priadi, A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus SMA Negeri 6 DAN SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan). Jurnal Semarak, 1(3), 62–77.
Prihartini, Y., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. 19(02), 79–88.
Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467
Rahardian, Z. R., & Indrawati, E. S. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Disiplin Kerja Pada Guru Smp Negeri 6 Dan 8 Di Kabupaten Pemalang. Jurnal EMPATI, 7(1), 345–351. https://doi.org/10.14710/empati.2018.20247
Rakib, M., & Rahman, N. (2022). Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 6 Nomor 1 Januari 2022 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 PENGARUH APLIKASI RENCANA KERJA ANGGARAN SEKOLAH TERHADAP THE EFFECT OF SCHOOL BUDGET WORK PLAN APPLICATION ON THE ACCOUNTABILI. 6, 251–259.
Rosaliawati, B. N., Mustiningsih, M., & Arifin, I. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 61–71. https://doi.org/10.17977/um027v3i12020p61
S, S., Herlambang, T., & Cahyono, D. (2018). Dampak Motivasi, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 131–147. https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1785
Salimin, S., Fitria, H., & Destiniar, D. (2020). Effect of Principal’s Leadership Style and Motivation toward Teacher’s Performance. International Journal of Educational Review, 3(1), 77–87. https://doi.org/10.33369/ijer.v3i1.12178
Satriyono, G., & Vitasmoro, P. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru Di Smp Negeri 4 Kediri. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(1), 31. https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i1.104
Suciningrum, F., Rhamanda, A. Z., & Handayani, M. (2021). PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3864629
Sulaimah, U., Riyanto, R., & Aminin, S. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru SD Negeri Sekecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 39–53. https://doi.org/10.35912/jahidik.v1i1.242
Susilo, H., Subagja, I. K., & Samosir, P. S. (2022). The effect of leadership style and motivation on employee performance with job satisfaction as intervening variable at the Gici business school of economic sciences. International Journal of Multidisciplinary Research and Growth Evaluation, 258–262. https://doi.org/10.54660/ANFO.2021.3.1.13
Sutrisno, S., & Ervin, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Muhammadiyah 44 Pamulang. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(1), 58. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v3i1.3374
Tiswarni, T. (2019). USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU (Studi Deskriptif Kualitatif di SMP N 1 Argamakmur Kabupaten Bengkulu utara). At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 261. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1650
Tugiono, T. (2020). Implementasi Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 215–222.
Usman, U. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 2(2), 126–140. https://doi.org/10.46773/muaddib.v2i2.86
Utama, D. S., Syahran, & Milwan. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Muhammadiyah Kota Tarakan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(5), 1879–1896. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/view/930/509
Weto, H. W., Wahyono, R., & Supanto, F. (2020). The Influence of School Culture, Teacher Performance, Principal Leadership on Quality of Education in High Schools in Ende Regency. International Journal of Advances in Scientific Research and Engineering, 06(08), 146–156. https://doi.org/10.31695/ijasre.2020.33870
Widya, U., & Klaten, D. (2021). Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 5 Nomor 6 November 2021 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8575 PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH , DISIPLIN KERJA , TERHADAP THE INFLUENCE . 5(November), 1807–1815.
Winarsih, S. (2018). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. International Conference of Moslem Society, 2(2), 95–106. https://doi.org/10.24090/icms.2018.1864





