PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KEMUDAHAN AKSES DAN GAYA HIDUP TERHADAP PENGGUNAAN PINJAMAN ONLINE (STUDI KASUS MAHASISWA GENERASI Z DI STIE GICI BUSINESS SCHOOL BOGOR)

Authors

  • Ninih Mutmainah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Yumartono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STIE GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v17i2.455

Abstract

Perkembangan teknologi finansial telah menyebabkan maraknya fenomena penggunaan pinjaman online, terutama di kalangan Generasi Z yang sangat terikat dengan digitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, kemudahan akses, dan gaya hidup terhadap penggunaan pinjaman online oleh mahasiswa Generasi Z di Sekolah Bisnis STIE GICI Bogor. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 58 responden yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, literasi keuangan, kemudahan akses, dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap penggunaan pinjaman online. Secara simultan, ketiga variabel independen tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa untuk memanfaatkan layanan pinjaman digital. Temuan ini menyoroti kebutuhan mendesak untuk meningkatkan edukasi keuangan dan memperkuat literasi digital yang bertanggung jawab di kalangan mahasiswa untuk meminimalkan risiko keuangan di masa mendatang. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi lembaga pendidikan, regulator, dan pelaku industri fintech dalam mengembangkan strategi perlindungan konsumen dan mendorong praktik keuangan yang sehat dan berkelanjutan.

Kata Kunci: Literasi Keuangan, Kemudahan Akses, Gaya Hidup, Pinjaman Online, Generasi Z.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-12-12

How to Cite

Mutmainah, N., & Yumartono. (2025). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KEMUDAHAN AKSES DAN GAYA HIDUP TERHADAP PENGGUNAAN PINJAMAN ONLINE (STUDI KASUS MAHASISWA GENERASI Z DI STIE GICI BUSINESS SCHOOL BOGOR). Jurnal GICI Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 17(2), 379–390. https://doi.org/10.58890/jkb.v17i2.455