Pengaruh Iklan, Ekuitas Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Citra Raya World of Wonders Cikupa Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.58890/jkb.v14i2.63Abstract
Sejalan dengan berkembang dan bertumbuhnya persaingan dalam dunia bisnis di era globalisasi ini,
maka persaingan bisnis juga semakin tajam dan ketat, dalam menghadapi persaingan dibidang jasa,
kepuasan pengunjung merupakan kunci keberhasilan dari suatu bisnis. Hal ini dapat di lihat dari
semakin banyaknya perusahaan yang terlibat dalam pemenuhan dan keinginan pengunjung sehingga
menyebabkan setiap perusahaan harus menempatkan orientasi pada pengunjung sebagai tujuan utama.
Kekuatan persaingan adalah persaingan merek. Dengan semakin kuatnya kekuatan merek dan kualitas pelayanan suatu jasa, maka semakin kuat pula daya tarik jasa tersebut dimata pengunjung, sehingga
terjadilah persaingan antar perusahaan untuk dapat memenuhi kebutuhan pengunjung dan memberikan kepuasan kepada pengunjung secara maksimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Iklan, Ekuitas Merek,
dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung pada Citra Raya World of Wonders Cikupa
Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory) dengan metode
penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan
adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling.
Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier
berganda.
Hasil Koefisien Determinasi menunjukkan bahwa 63,9% faktor-faktor kepuasan pengunjung dapat
dijelaskan oleh iklan, ekuitas merek dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya 36,1% dijelaskan oleh
faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara
simultan variabel iklan, ekuitas merek dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pengunjung dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (59,483) > Ftabel
(2,700). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel ekuitas merek menunjukkan hasil analisis thitung
(6,177) dan variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (5,570) dimana ttabel
(1,980) maka secara parsial kedua valiabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Kepuasan Pengunjung pada Citra Raya World of Wonders Cikupa Tangerang. Adapun variabel iklan
menunjukkan hasil analisis thitung (0,783) dimana ttabel (1,980) maka secara parsial tidak berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung pada Citra Raya World of Wonders Cikupa
Tangerang. Variabel yang dominan mempengaruhi Kepuasan Pengunjung pada Citra Raya World of
Wonders Cikupa Tangerang adalah ekuitas merek.
Downloads
References
Aaker, D. A. (2008). Manajemen Ekuitas Merek : Memanfaatkan Nilai dari suatu Merek. Cetakan Ketiga. Jakarta : Penerbit Mitra Utama
Basuki, T. B., & N. Prawoto. (2016). Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis (Dilengkapi Aplikasi SPSS & Eviews). Cetakan Pertama. Jakarta: Rajawali Pers.
Kotler, P., & K. L. Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi XII. Jilid 1. (Alih bahasa Benyamin, M). Jakarta: Penerbit Erlangga.
______________________. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi XIII. Jilid 2. (Alih bahasa Bob, S). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kriyantono, R. (2008). Tehnik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Lukman., M., D. (2014). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Produk Teh Botol Sosro Kemasan Kotak.
Jurnal Administrasi Bisnis (2014), Vol.10, No.1: hal. 64–81, (ISSN:0216–1249). Program Studi Magister Manajemen. Program Pasca Sarjana. Universitas Katolik Parahyangan Bandung.
Lupiyoadi, R. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat.
__________. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
Morissan, M. A. (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu, Jakarta : Penerbit Kencana.
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Situmorang, S. H., D. M. J. Dalimunthe., I. Muda., M. Lutfi., & Syahyunan. (2008). Analisis Data Penelitian (Menggunakan Program SPSS). Cetakan Pertama. Medan: USU Press.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Cetakan Ke Tiga Bandung: Penerbit Alfabeta.
________. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Kedua Puluh Satu. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Baru.
Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sunyoto, D. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
__________. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan Kedua. Jakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Setiawan., H. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Periklanan terhadap Kepuasan Pelanggan Harian Surat Kabar Jawa Pos Radar Kudus. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus. Tidak Dipublikasikan.
Prasetyo, D. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung pada Obyek Wisata Taman Rekreasi Pantai Kartini Rembang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Tidak Dipublikasikan.