ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE) DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP DEBT TO EQUITY RATIO (DER)

(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)

Authors

  • Krisna Sudjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Rosniva Firanika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v13i1.79

Keywords:

Return On Asset (ROA), Return On Equity ( ROE), Net Proit Margin (NPN), Debt To Equity Ratio (DER)

Abstract

Tujuan perusahaan untuk memaksimalkan laba salah satunya keputusan, yang dapat diambil oleh perusahaan adalah keputusan pendanaan, dalam pemenuhan pendanaan dapat dipenuhi dari sumber daya internal (laba yang ditahan) maupun dana eksternal yaitu penjualan obligasi dan kredit dari bank demi menghasilkan laba yang maksimal serta dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Dengan demikian profitabilitas dapat menjadi gambaran perusahaan memiliki prospek yang baik dalam perkembangan perekonomian di masa yang akan datang. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 18 perusahaan yang terdaftar di BEI. Sampel penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling, dimana hanya 6 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2018 yang memenuhi semua kriteria, sehingga didapat 18 data yang digunakan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa terdapat satu variabel yaitu Return On Asset (ROA) berpengaruh terhadap Debt To Equity Ratio (DER) dengan tanda koefisien negatif. Dan Return On Equity (ROE) berpengaruh terhadap Debt To Equity Ratio (DER) dengan tanda koefisien positif. Sedangkan satu variabel lainnya yaitu Net Profit Margin (NPM) tidak berpengaruh terhadap Debt To Equity Ratio (DER). Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa secara bersama-sama Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) Dan Net Profit Margin (NPM) Terhadap Debt To Equity Ratio (DER). Kemampuan prediksi dari ketiga variabel sebesar 70,9%, sedangkan sisanya sebesar 29,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian : suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Kelimabelas. Jakarta : Rineka Cipta.

Bambang Riyanto. (2004). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. BPFE. Yogyakarta

Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 23 No.2 Juni 2015 administrasibisnis. studentjournal.ub.ac.id

Puspitasari, Sherin. (2016). Pengaruh Struktur Aset, Current Ratio, Return On Assets, Net Profit Margin, Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Kebijakan Hutang Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia Pada Periode Tahun 2011 – 2014. Jurnal Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Sartono, Agus., (2010), Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi Edisi 4. Cetakan ketujuh. Yogyakarta : BPFE

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. (2013). Manajemen Keuangan, edisi pertama, cetakan kesembilan. Yogyakarta : Kampus Fakultas Ekonomi UII.

Published

2023-08-12

How to Cite

Sudjana, K., & Firanika, R. (2021). ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA), RETURN ON EQUITY (ROE) DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP DEBT TO EQUITY RATIO (DER) : (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018). Jurnal GICI Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 13(1), 29–44. https://doi.org/10.58890/jkb.v13i1.79 (Original work published August 12, 2023)