ANALISIS KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KLINIK PM 1
DOI:
https://doi.org/10.58890/jkb.v17i1.364Keywords:
Kompetemsi SDM Kesehatan, Karakteristik Kompetensi SDM KesehatanAbstract
Sumber daya manusia kesehatan yaitu berbagai jenis tenaga kesehatan klinik maupun nonklinik yang melaksanakan upaya medis dan intervensi kesehatan masyarakat. Kinerja dari pelayanan kesehatan sangat tergantung kepada pengetahuan, keterampilan dan motivasi dari orang-orang yang bertanggung jawab terhadap pelayanan kesehatan. Sumber daya manusia kesehatan berhubungan erat dengan masing-masing fungsi suatu organisasi kesehatan dan juga berinteraksi diantara fungsi-fungsi tersebut. Untuk mencapai visi dan misi suatu organisasi diperlukan keterampilan dan kemampuan SDM yang mampu mendiagnosa permasalahan dan mengintervensi sehingga didapatkan penyelesaian dari setiap permasalahan yang menjadi tugas pokok dan fungsi organisasi. Sumber daya manusia tersebut juga dapat menjadi ancaman bagi pelaksana kebijakan, strategi, program, dan prosedur suatu kegiatan apabila tidak dikelola dengan baik dan tepat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi SDM Kesehatan di Klinik PM 1 yang mencakup seluruh karakteristi kompetensi SDM Kesehatan antara lain pengetahuan, keterampilan, sikap, konsep diri, dan motivasi. Jenis penelitian kualitatif dengan metode wawancara mendalam, dilakukan kepada 1 key informan dan 5 secondary informan. Sudah seluruh pegawai memilik pengetahuan dan keterampilan yang baik, memiliki sikap yang sabar serta sopan dalam menghadapi pasien yang cenderung tidak sabar, masih ada beberapa yang tidak memiliki konsep diri atau merasa tidak percaya diri pada pekerjaannya, memiliki motivasi yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Diharapkan kepada pihak instansi untuk memberikan pelatihan-pelatihan khusus kepada pegawai untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang lebih optimal.
Downloads
References
Aguinis, H. (2019). Performance Management For Dummies. Hoboken, NJ: Wiley.
Burhanudin, M. N., Widada, D. & Profita, A. ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KLINIK UNIVERSITAS MULAWARMAN MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM). J. Ind. Serv. (2019) doi:10.36055/jiss.v5i1.6509
Donahue, W. E. (2018). Building leadership competence: A competency based approach to building leadership ability. [Publisher].
Haryani, D. H. (2018). Pengaruh kualitas SDM terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Merdeka Kota Palembang. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin.
Haryanto, F. K., & Anindita, R. (2019). Peranan kompetensi SDM terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pasien di Klinik Hemodialisa NU Cipta Husada. Jurnal Esa Unggul, (2019), 1–16.
Ismail, E. G., Harsanto, S., & Masirah, (2020). Modul manajemen mutu terpadu (Cet. 1). [S.l.]: [s.n.].
Mardiani, N. N., Isharijadi, I., & Styaningrum, F. (2019). Pengaruh kompetensi karyawan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien
Malingkas, V., & Tulusan, F. (2018). Pengaruh kualitas tenaga medis terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Administrasi Publik, 4(65).
Noviana, L., & Gorda, A. E. S. (2018). Harapan pasien, kompetensi pegawai, kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(3), 118–134.
Prawito, S. (2020). Manajerial supervisi sekolah. Yogyakarta: Deepubl
Priansa, D. J. (2018). Perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia. Bandung: Alfabeta.
Rindaningsih, I. (2018). Buku ajar administrasi dan supervisi pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA Press. https://doi.org/10.21070/2018/978-602-5914-17-1
Rusvitawati, D., Sugiati, T. & Dewi, M. S. PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN RUMAH SAKIT SARI MULIA BANJARMASIN. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen) (2019) doi:10.20527/jwm.v7i1.172
Sutrisno, Edy. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cet. 11. Jakarta: Prenada Media Group, 2020.
Spencer, spencer and. competence at work. (john wiley and sons, 1993).
Suhartina, Ginting, T., Suyono, T., & Sipayung, W. A. (2020). Pengaruh kompetensi dan kualitas petugas kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Sei Agul Medan
Teshome woyesa, negalign berhanu, fikruh tafese, geremew muleta. perceived competency of human resource managers in referral hospital ethiopia. Glob. journals Res. 15, (205AD)
Tjiptono, F. (2018). Manajemen jasa (Cet. 6). Yogyakarta: Andi.
Ulrich, D., & Yeung, A. (2019). Reinventing the organization: How companies can deliver radically greater value in fast changing markets. Boston, MA: Harvard Business Review Press.
Yamit, Z. (2018). Manajemen kualitas produk dan jasa. Yogyakarta: Ekonisia.
Wijaya, T. (2019). Manajemen kualitas jasa: Desain Servqual, QFD & Kano (Edisi 2). Jakarta Barat: Indeks PT.