PELAYANAN KREDIT MULTIGUNA (KMG) TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION PADA PT. BANK DKI KANTOR CABANG PEMBANTU DEWI SARTIKA

Penulis

  • Putri Amanda Puspitasari Universitas Indraprasta PGRI
  • Prasetio Ariwibowo Universitas Indraprasta PGRI
  • Tri Anita Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v15i2.190

Kata Kunci:

Pelayanan, Kredit multiguna, Customer Satisfaction

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah atau kendala yang mengakibatkan adanya penurunan dalam pengajuan kredit multiguna (KMG) dan menentukan strategi untuk meningkatan jumlah nasabah kredit multiguna pada PT Bank DKI KCP Dewi Sartika. Strategi yang digunakan dalam meningkatkan jumlah nasabah adalah strategi marketing. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode Pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan dokumentasi lapangan dan wawancara. Kendala atau masalah yang ditemukan di Bank DKI KCP Dewi Sartika adalah kurangnya pelayanan karyawan terhadap pengajuan kredit multiguna yang mengakibatkan penurunan pengajuan kredit multiguna. Strategi penyelesaian menghadapi masalah yang terjadi yaitu melakukan strategi digital marketing dan melakukan kebijakan yaitu Bank DKI KCP Dewi sartika untuk meningkatkan pelayanan pada kredit multiguna. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencairan kredit multiguna meningkat dari periode Januari 2021 s/d Desember 2021 ke periode Januari 2022 s/d Desember 2022 dengan presentase sebesar 88% dan berpengaruh terhadap pelayanan yang juga meningkat.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agusta, Leonando, Eddy, Madiono, S. (2013). Pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan CV Haragon Surabaya. 1(3), 1399–1408.

Andri Susanto. (2014). Pelayanan Customer Relations Terhadap Peningkatan Kepuasan Nasabah PT BTN Syariah, Tbk Kantor Cabang Pembantu Malang. Nucl. Phys., 13(1), 104–116. https://doi.org/https://doi.org/10.0001/27

Anggiani, A. (2019). Pengaruh Profesionalisme Auditor Dan Tenur Audit Terhadap Kualitas Audit (Vol. 8, Issue 5). Universitas Pendidikan Indonesia.

Aprilia, V. (2019). Kualitas Pelayanan Ditinjau Dari Motivasi Kerja Pramuniaga Robinson Department Store Semarang. In Fakuktas Psikologi (Vol. 6, Issue 1). Universitas Semarang.

Awaluddin, Z. (2022). Kualitas Pelayanan Pada Perusahaan Umum Daerah Tirta Mon Krueng Baro Kabupaten Pidie. 12(September), 285–291.

Bakti, Winda, S., & Ningrum. (2019). Pengaruh Model Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Kelas V Di SD Negeri Jeruklegi Wetan 03 Tahun Ajaran 2018/2019.

Dairobi, A. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk Frisian Flag Di CV Karya Baru Bersama. In Jurnal Ekonomi Fakultas Ekonomi & Bisnis. Universitas Esa Unggul Jakarta.

Dewantoro, Agung, R. (2016). Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Paten Di Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri. http://library.umpo.ac.id

Elfian, E., & Ariwibowo, P. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Bis Transjakarta di Terminal Kampung Melayu. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis, 1(2). https://doi.org/10.21009/jdmb.01.2.05

Fadhli, K., Kosmari, M., Rahmatika, A., & Ismail, A. N. (2021). Pengaruh Pelayanan Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan CV Afco Group Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 855–863. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.735

Gustina, R. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Peningkatan Jumlah Jamaah Umroh Pada PT Pandi Kencana Murni Tours & Travel Pekanbaru [Universitas, Islam, Riau]. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/3358

Handayani, J., Deriawan, D., & Hendratni, T. W. (2020). Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya pada Kepuasan Konsumen. Journal of Business and Banking, 10(1), 91.

https://doi.org/10.14414/jbb.v10i1.2261

Harjati, Lily, Venesia, Y. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal WIDYA Ekonomika, 1(1), 64–74.

Hendro, J. (2018). Pengaruh Promosi Terhadap Penjualan Produk Pupuk Organik Hemal Bio Di PT Hemal Agrinusa Jakarta. Jurnal STEI Ekonomi, 27(2), 194–207. https://doi.org/https://doi.org/10.36406/jemi.v27i02.134

Hidayat, R., Industri, J. T., & Madura, U. T. (2009). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(1), 59–72. https://doi.org/10.9744/jmk.11.1.pp.59-72

Muflihatin, S. I., Nursamsi, & Muttaqin, M. K. (2021). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) pada PD. BPR Bank Daerah Lamongan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 76–

http://journals.synthesispublication.org/index.php/ilman.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Cara Mengutip

Amanda Puspitasari, P. ., Ariwibowo, P., & Anita, T. (2023). PELAYANAN KREDIT MULTIGUNA (KMG) TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION PADA PT. BANK DKI KANTOR CABANG PEMBANTU DEWI SARTIKA. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 15(2), 95–101. https://doi.org/10.58890/jkb.v15i2.190