PENGARUH RELIGIUSITAS DAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) PADA MAHASISWA EKONOMI SYARIAH (IAI Nasional Laa Roiba Bogor)
DOI:
https://doi.org/10.58890/jkb.v15i2.192Kata Kunci:
Religiuitas, Literasi Keuangan Syariah, Minat MenabungAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas dan mengetahui pengaruh religiusitas dan literasi keuangan Syariah Indonesia (BSI) pada mahasiswa ekonomi Syariah IAI Nasional Laa Roiba Bogor. Metode penelitian ini menggunakan metode deskroptif dengan pendekatan kuantitatatif dengan sebanyak 161 mahasiswa dengan alat analisis Regresi, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan Observasi langsung dengan melakukan pengamatan di Prodi Ekonomi Syariah IAI Nasional Laa Roiba Bogor. Hasil penelitian adalah didapat bahwa (1) Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Menabung Mahasiswa, (2) Literasi Keuangan Syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Menabung Mahasiswa, (3) Terdapat pengaruh secara simultan antara Religiusitas (X1) dan Literasi Keuangan Syariah (X2) dengan Regresi diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) variabel independen dengan variabel dependen adalah sebesar 0,758 (75,8 %), artinya bahwa besarnya kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 75,8% dan sisanya 24,2% (100% - 75,8% = 24,2 % berasal dari variabel atau faktor-faktor lain yang belum diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan tabel Model Summary diperoleh nilai kekuatan hubungan (R).
Unduhan
Referensi
Arifian, Florianus Dus (2018) . “SKETSA KONSEP LITERASI MODERN DALAM BIDANG BAHASA.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 29
Farid, Muhammad, dan Evi Aviyah (2014). “Religiusitas, Kontrol Diri Dan Kenakalan Remaja.”Jurnal Psikologi Indonesia, 3,(2), 126-129.
Febri, L. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding Dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Mahasiswa Untuk Menabung di Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor Jawa Timur) (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN
Hidayah, Nur.(2021). LITERASI KEUANGAN SYARIAH Teori dan Praktik di Indonesia . Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Ifdil, I., Lela, L., Syahputra, Y., Fitria, L., Zola, N., Fadli, R. P., ... & Amalianita, B. (2022). Academic Stress Among Male and Female Students After the Covid-19 Pandemic. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 7(3).
Muniroh, L., Suryana, D., & Budiarto, E. (2018). Mengembangkan Potensi Masyarakat melalui Kegiatan Literasi yang Efektif dan Aplikatif di Desa Sukajadi. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 166-173.
Muljawan Dadang, Priyonggo S D.(2020). Buku Pengayaan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah.
Novian, H., Anwar, M. W., Fauzi, F., & Irviani, R. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3).
Sanjaya, Wina. (1991) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman, A. M. (2006). Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sopandi, Andi.(2019) “PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI
KEPRIBADIAN TERHADAP KINERJA GURU.” SCIENTIFIC JOURNAL OF
REFLECTION:Economic, Accounting, Management and Business. 2, ( 2), 121-130
Zulfayani, A., Nurmilasari, N., Afdhal, A. M. N., Rahayu, A., Achriaty, N., & Nurfadilla, I. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Tehadap Minat Mahasiswa Menggunakan Produk Dan Layanan Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi), 6(2), 201-207.