PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI DI TOKOPEDIA (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS SURAPATI)
DOI:
https://doi.org/10.58890/jkb.v15i2.195Kata Kunci:
Brand Ambassador, Brand Awareness, Buying InterestAbstrak
Perkembangan perdagangan online menjadi sebuah fenomena dalam ekonomi sebuah negara yang diharapkan dapat memberikan dampak positif mensejahterakan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia. Terlebih saat pandemi Covid-19 terjadi, trend belanja Online menjadi pilihan utama konsumen. Tokopedia adalah salah satu mall online di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace dan mall online. Model analisa yang digunakan adalaah analisa regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden,dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 49,5% faktor faktor minat beli dapat dijelaskan oleh brand ambassador dan brand awareness sedangkan sisa nya 50,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel brand ambassador dan brand awareness secara serempak berpengaruh posiitf dan signifikan terhadap minat beli. Hasil uji T menunjukan bahwa variabel brand ambassador menunjukan hasil analisis tidak berpengaruh positif dan signifikan. kemudian brand awareness secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli di Tokopedia pada mahasiswa Iniversitas Surapati.
Unduhan
Referensi
Aaker, D.A (2013). Manajemen Pemasaran Strategis (1st ed). Salemba Empat
Astuti, Widya. (2019). Pengaruh Desain Produk, Harga dan Iklan Terhadap Minat Beli Produk OPPO di Kalangan Masyarakat Jakarta Selatan
Amstrong, Kotler (2015), “Marketing an Introducing Prentice Hall Twelfth Edition”, England : Pearson Education, Inc
Dina Febiana. (2014). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei pada pengunjung yang melakukan pembelian pada Bikers Resto dan Cafe di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Vol 16 no 1.
Dinnie, Keith. 2015. Nation Branding : Concept,Issue, Practice E-boook. New York :Rotledge
Devita Wardiyastuti. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Melelui Brand Image (Studi kasus pada followers Instagram wedanganradjiaman sebagai calon konsumen). Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta 2017
Greenwoo, Lea. (2012). How to build a good bussiness. Jakarta: Gramedia Kertamukti, Rama 2015 Strategi Kreatif dalam Periklanan : konsep pesan , media branding. Anggaran Depok : PT Raja Grafindo Persada
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global, Bandung: Alfabet
Mitra,M & Arnia,S (2017) Pengaruh Persepsi Kualita dan Kesadara Merek Terhadap Loyalitas Merek Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengguna lampu Led Hammocs di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen,3(2),96-110.
Heppiana lestari. Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (survei online pada konsumen innisfree di Indonesia dan China
Mulyaputri, V.M. (2020). Pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness terhadap Minat Beli Merek Kopi Kenangan di Kota Surabaya. Ilmu Manajaemen 9(1)
Purnomo, Aldy (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Cetakan Pertama. Penerbit CV Wade Group
Ranu Burhanudin (2017). Pengaruh Iklan Traveloka di Televisi Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi di Indonesia) The Impact of Traveloka Television Advertisement On Purchase Intention (study in Indonesia) Issn :2355-9357 EProcedding Of Mangement : Vol 4, 2 Agustus 2017 / page 1453
Royan, Frans. 2004. Marketing Selebrities . Jakarta : PT Elex Media Komputido Setiawan,Iwan. (2021). pengaruh citra merek, kesadaran merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek pengguna smartphone samsung di kota Depok
Sugiarto. (2017). Metode Penelitian Bisnis, Yogyakarta : Penerbit Andi
Sugiyono. (2015) . Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D Cetakan ke 22. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D Cetakan ke 26. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis . Bandung: Alfabeta
Suliyanto. (2017). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi,Tesis & Disertasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI
Suciningtyas. (2012). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian
Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit : Andi, Yogyakarta
Widiana, Wayan Plong. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap
Loyalitas Konsumen Pata Gigi Pepsodent PT Unilever. E-Jurnal Manajemen Unud ,Vol 5,No 4,2016:1942-1968
Wirdamulia A (2019). Strategi Pengelolaan makna Merek (M.K Fahmi (Ed) 1st ed PT Penerbit IPB Press 70
https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/5ec48b7f099d1/e-commerce-tumbuh-ditengah-
pandemi-covid-19 Diakses pada 24 Me