ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS PADA ERAFONE METROPOLITAN MALL CILEUNGSI BOGOR

Penulis

  • Elza Aditya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Nurul Fadhilah STIA Menara Siswa, Bogor

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v15i2.197

Kata Kunci:

IFE, EFE, IE, SWOT, QSPM

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Profesionalisme, Banyaknya persaingan dibidang sejenis tentunya tidak mudah untuk mempertahankan posisi Erafone yang sudah melekat pada masyarakat. Ditambah dengan kemajuan teknologi yang berkembang dengan adanya perdagangan online maka menjadi tantangan tersendiri untuk mempertahankan konsumen agar datang dan mengunjungi toko Erafone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis stategi apa yang cocok digunakan Erafone Metropolitan Mall Cileungsi Bogor. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriftif atau analisis yang dilakukan dengan memaparkan atau mendeksripsi data melalui kuesioner dan wawancara. Dengan jumlah responden sebanyak 4 orang.  Metode yang digunakan dalam metode penelitian ini adalah QSPM (Quantitative Strategy Planning Matrix) yaitu sebuah metode untuk menentukan prioritas alternatif strategi yang diperoleh dari analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Analisis data yang digunakan adalah analisis Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT dan Matriks QSPM. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari matriks IFE adalah total skor sebesar 2,72 dan Matriks EFE sebesar 2,85 menempatkan Erafone Metropolitan Mall Cileungsi Bogor pada posisi kuadran V adalah Hold and Maintan (pertahankan dan memelihara), yaitu dengan melaksanakan penetrasi pasar dan pengembangan produk.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdurrahman, N, H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia. Alfiah, D. (2019). Analisis Strategi Pemasaran di Gramedia Cabang Central Park. STIE GICI Depok.

Amirullah. (2015). Manajemen Strategi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Cetakan ke limabelas. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

David, F. R. (2016). Manajemen Strategik. Jakarta: Salemba Empat.

Harja. (2016). Pengaruh Kualitas Produk,Harga, Promosi, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Pati: STIE Semarang.

Hery. (2018). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Grasindo.

Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2 Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga. Kurnia, I. (2014). Pengantar Bisnis. Tanggerang: PT. Pustaka Mandiri.

Kurniawan, A. R. (2018). Dasar-Dasar Marketing. Yogyakarta: Penerbit QUADRAN.

Nourlette, R,. R. & S., W., Hati. (2017). Penentuan Strategi dengan Pendekatan Analisis SWOT pada Hotel Nongsa Point Marina & Resort dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. ISSN 2338-4840. Politeknik Negri Batam.

Pramudiana, Y., M, Ariyanti, & N, Rubiyanti. (2015). Marketing Plan. Bandung: CV Alfabeta.

Rangkuti, F. (2018). Analisis Swot. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ridhotullah, S,.& M, Jauhar. (2018). Pengantar Manajemen. Cetakan Pertama. Jakarta: Cerdas Pustaka.

Rumuliati, N. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan pada PT.Tirta Investama DC Palapa. STIE GICI Depok.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Kedua Puluh Tiga. Bandung: Alfabeta.

Susanto, AB. (2014). Manajemen Strategik Komperhensif. Jakarta: Penerbit Erlangga. Wijayanti, T. (2018). Marketing Plan Dalam Bisnis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Cara Mengutip

Aditya, E. ., & Fadhilah, N. (2023). ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS PADA ERAFONE METROPOLITAN MALL CILEUNGSI BOGOR . Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 15(2), 154–163. https://doi.org/10.58890/jkb.v15i2.197