DAYA SAING EKSPOR LADA INDONESIA KE VIETNAM, AMERIKA SERIKAT DAN INDIA
DOI:
https://doi.org/10.58890/jkb.v16i1.230Kata Kunci:
Daya Saing, ECI, EPD, Lada, RCAAbstrak
Lada merupakan komoditas rempah yang memiliki potensi untuk dikembangkan dalam karena kualitasnya yang unggul. Penelitian ini bertujuan melakukan analisis terhadap daya saing lada guna mengidentifikasi pasar ekspor yang menjanjikan dan berpotensi pada pengembangan di negara tujuan. Data yang dipakai ialah data sekunder yang merupakan penggabungan data time series dan data cross section. Rentang tahun yang digunakan mulai dari tahun 2017 sampai tahun 2022 yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS), Trade Map, dan Uncomtrade. Analisis data digunakan dengan metode Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Product Dynamics (EPD), dan Export Competitiveness Index (ECI). Hasil analisis menunjukan ekspor lada Indonesia ke negara tujuan seperti Vietnam, USA, dan India memiliki keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif di negara tujuan karena nilai RCA lebih dari 1. Daya saing ekspor lada Indonesia ke negara tujuan bervariasi, nilai ECI rata-rata menunjukkan bahwa Indonesia memiliki daya saing yang baik dalam ekspor lada ke India, tetapi cenderung lebih lemah daripada Vietnam dan Amerika Serikat. Nilai ECI > 1 menunjukkan Indonesia memiliki keunggulan kompetitif di pasar ekspor lada ke India, sedangkan nilai ECI < 1 untuk Vietnam dan USA menunjukkan bahwa Indonesia memiliki daya saing yang lebih rendah di pasar ekspor tersebut.
Unduhan
Referensi
Aldy Purnomo., & Rochmat. 2017. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Ponorogo:CV Wade Group.
Balassa, B. (1965) Trade Liberalization and Revealed Comparative Advantage. The Manchester School of Economic and Social Studies, 33, 99-123. https://doi.org/10.1111/j.1467-9957.1965.tb00050.x
Balqis, P., & Yanuar, R. (2021). Daya Saing Ekspor Lada Indonesia di Pasar Amerika dan Eropa. Forum Agribisnis, 11(2), 182–194. https://doi.org/10.29244/fagb.11.2.182-194
Esterhuizent, D. (2006). Measuring and Analysing Competitiveness in The Agribusiness Sector: Methodological and Analytical Framework. University of Pretoria. Petroria.
Evival, R. 2013. Tanaman Rempah dan Fitofarmaka. Lampung: Lembaga Peneitian Universitas Lampung
Kamaludin, R. (2018). Competitiveness and Exports Sustainability of The Indonesian Natural Rubber. Sriwijaya International Journal Of Dynamic Economics And Business, 2(1), 85–98. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/sijdeb
Latif, A., Mardiana, A., & Yusuf, H. N. H. (2022). Analisis Peningkatan Ekspor dan Impor Serta Pengaruhnya Terhadap Neraca Perdagangan di Indonesia tahun 2017-2021. Gorontalo Development Review (GOLDER), 5(2), 115–126.
Latifah, Z., & Kadir. (2021). Performa Komoditas Minyak Sawit Indonesia Di Tataran Global: Mampukah Kita Menjadi Pemain Kunci? JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 14(3), 250. https://doi.org/10.19184/jsep.v14i3.26550
Manalu, D. S. T., Harianto, Suharno, & Hartoyo, S. (2022). Analisis Daya Saing Serta Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pangsa Pasar Negara Eksportir Utama Kopi di Negara Importir Utama Kopi. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 16(1), 1–24.
Nurhayati, E., Hartoyo, S., & Mulatsih, S. (2018). Pengembangan Pasar Ekspor Lada Indonesia. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 12(2), 267–288. https://doi.org/10.30908/bilp.v12i2.335Balqis, P., & Yanuar, R. (2021). Daya Saing Ekspor Lada Indonesia di Pasar Amerika dan Eropa. Forum Agribisnis, 11(2), 182–194. https://doi.org/10.29244/fagb.11.2.182-194
Putri, R. D. S., & Muljanto, S. (2021). Pengaruh Perdagangan Internasional (Ekspor-Impor) dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Journal of Public Auditing and Financial Managemen, 2021(1), 13–26.
Sari, A. C., Mukhlis, I., & Utomo, S. H. (2022). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekspor Dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2021. Jurnal Economina, 1(4), 908–920. https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.197
Ulhaq, F. D., Wahidah, A. H., Hasanah, U. U., Hartanti, M. I., & Fajrina, A. (2021). Potensi perdagangan komoditas lada dari indonesia ke vietnam sebagai salah satu pasar non-tradisional. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan, 10(1), 55–71. https://doi.org/10.29244/jekp.10.1.2021.55-71