PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA PENGIRIMAN SHOPEE XPRESS KEBAGUSAN RAYA PASAR MINGGU

Penulis

  • Elsa Septyana Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Khoirul Umam Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Endy Grade Tampubolon Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v16i1.260

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada jasa pengiriman Shopee Xpress Kebagusan Raya Pasar Minggu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif pendekatan deskriptif untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas (kualitas pelayanan) dengan variabel terikat (kepuasan pelanggan). Teknik analisis yang digunakan, yaitu teknik analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji t dengan bantuan microsoft excel dan manual. Berdasarkan hasil penelitian perhitungan regresi linear sederhana diperoleh Y = -3,293 + 0,368X. kemudian pada uji t diperoleh hasil yang menunjukkan nilai t_hitung  variabel kualitas pelayanan sebesar 9,6765 > t_tabel 1,660. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada jasa pengiriman Shopee Xpress Kebagusan Raya Pasar Minggu berpengaruh signifikan sebagai penentu kepuasan pelanggan pada jasa pengiriman Shopee Xpress Kebagusan Raya Pasar Minggu.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aliansyah, T., & Hafasnuddin, S. (2017). Pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah bank aceh syariah cabang banda aceh. Jurnal Manajemen, 1(1), 32-39.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (6th ed.). Bandung:Rineka Cipta.

Aswawi, N., & Masyhuri. (2016s). Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang Press.

Bago, R., Sutardjo, A., & Anggraini, M. D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Café’Els Coffe Dipadang. Matua Jurnal, 4(2), 215-226.

Endaryono, B. T., & Ariwibowo, P. (2021). Pengaruh Biaya Pemasaran, Omzet Penjualan terhadap Laba Perusahaan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(1), 124-136.

Kaheriyah, F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Excellent Kids Game Muara Teweh. Jurnal Ilmu Ekonomi (Manajemen Perusahaan) Dan Bisnis, 6(1), 1–13

Kasmir. (2017). Customer Services Excellent Teori dan Praktik (1st ed.). Jakarta: Rajawali Pers. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1138858

Prihandoyo, C. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Cabang Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi, 10(1), 116-129.

Priansa. (2018). Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suwartono. (2017). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian (E. Risanto (ed.)). CV Andi Offset.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Septyana, E. ., Khoirul, K., & Grade Tampubolon, E. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA PENGIRIMAN SHOPEE XPRESS KEBAGUSAN RAYA PASAR MINGGU. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 16(1), 37–48. https://doi.org/10.58890/jkb.v16i1.260