PENGARUH KINERJA KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus di BPRS Amanah Ummah Leuwiliang)
DOI:
https://doi.org/10.58890/jkb.v16i1.263Kata Kunci:
Kinerja, Kepuasan NasabahAbstrak
BPRS Amanah Ummah Leuwiliang, yang merupakan badan usaha yang bergerak dalam bidang jasa harus memperhatikan kinerja karyawannya dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Sebab pelayanan yang diberikan oleh karyawan itu akan memberikan dampak kepada perusahaan, baik positif maupun negatif. Dari hal tersebut, timbul permasalahan yang membuat penulis tertarik melakukan penelitian untuk menunjukan bahwa ada pengaruh positif dari kinerja karyawan terhadap kepuasan nasabah pada BPRS Amanah Ummah. Tujuan Penelitian Ini adalah untuk membahas dan mengetahui tentang pengaruh kinerja karyawan terhadap kepuasan nasabah pada BPRS Amanah Ummah Leuwiliang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, yaitu dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 orang responden sebagai sample untuk mendapatkan tanggapan tentang dimensi kinerja karyawan terhadap kepuasan nasabah. Selain menggunakan kuisioner penulis juga menggunakan metode wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Jumlah sampel ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Adapun pengujian statistik dengan uji regresi linier sederhana, uji hipotesis dengan uji t, dan uji R2 (koefisien determinasi). Hasil dari penelitian ini bahwa Hasil uji hipotesis dengan uji t pada variabel X (kinerja karyawan) diperoleh nilai t hitung 10,587 > t tabel 1,984, maka kinerja karyawan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di BPRS Amanah Ummah Leuwiliang. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa kinerja karyawan mempengaruhi kepuasan nasabah sebesar 53,4% dan sisanya sebesar 46,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.
Unduhan
Referensi
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kristanto, Jajat. (2017). Manajemen Pemasaran Internasional: Sebuah Pendekatan Strategi. Jakarta: Erlangga.
Mangkunagara, Anwar Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cet 14. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, M. N. (2018). Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Supranto, J. (2017). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Cet 4. Jakarta: Rineka Cipta.
Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.