PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOPI SINGGAH BOGOR

Penulis

  • Dahlia Herawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v16i1.267

Kata Kunci:

Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian.

Abstrak

Salah satu industri yang masih berkembang sampai saat ini adalah industri makanan dan minuman. Industri ini merupakan bisnis yang menjanjikan pasalnya potensi pasar bisnis makanan dan minuman sangat besar sebab makanan dan minuman merupakan kebutuhan dasar manusia, sehingga akan menciptakan permintaan yang luar biasa. Seperti usaha minuman kedai Kopi Singgah Bogor yang sampai saat ini masih bertahan dalam perkembangan dunia usaha dengan tingkat persaingan yang ketat, usaha ini berdiri karena kegemaran dan kecintaan masyarakat kepada kopi, terlebih jika melihat cara individu mengalokasikan uang dan waktu yang dapat menggambarkan gaya hidup juga terjadi pada fenomena minum kopi di sebuah kedai kopi yang belakangan ini sedang merebak.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian di Kopi Singgah Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 80 responden.

Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 69,7% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh indikator produk, harga, lokasi, dan promosi sedangkan sisanya 30,3% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran menunjukkan hasil analisis thitung (13,520) dimana ttabel (1,665) maka variabel bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Kopi Singgah Bogor.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Endaryono, B. T., & Ariwibowo, P. (2021). Pengaruh Biaya Pemasaran, Omzet Penjualan terhadap Laba Perusahaan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(1), 124-136. https://doi.org/10.47467/reslaj.v3i1.327

Iswantoro, A. (2020). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan. Cetakan Pertama. Jakarta: CV. Jendela Sastra Indonesia Press.

Nasib. R, Amelia., & I, Lestari. (2019). Dasar Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Setiadi, N., J. (2019). Perilaku Konsumen. Edisi Ketiga. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta ,cv.

Fikri, R., Kurniawan, B., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Bersubsidi (Studi Pada Konsumen Perumahan Citraraya City Di Jambi) (Doctoral dissertation, Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Mirnawati. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Motor Suzuki Satria Pada PT. Sinar Galesong Mandiri Makassar. Skripsi. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Widayat, F., F. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek, Diskon Harga, dan Wiraniaga Terhadap Keputusan Membeli di Supermarket Mahabharata. Skripsi. Program Studi Manajemen. STIE GICI. (Tidak di Publikasikan).

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Herawati, D. (2024). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOPI SINGGAH BOGOR. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 16(1), 82–90. https://doi.org/10.58890/jkb.v16i1.267