PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN EARNING PER SHARE DENGAN KURS US DOLAR TERHADAP RUPIAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TEHADDAP HARGA SAHAM PT. UNILEVER INDONESIA Tbk. TAHUN 2006-2024

Penulis

  • Judianto Tjahjo Nugroho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Eka Dyasinta Afrill Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Milesren Sitanggang Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v16i2.307

Kata Kunci:

Unilever, PLS-SEM, STATCAL

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan dan earning per share terhadap harga saham dengan kurs US Dolar terhadap Rupiah sebagai variabel interveningnya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Data yang digunakan adalah data keuangan PT Unilever Indonesia Tbk periode tahun 2006 hingga tahun 2023 dan data dari Bank Indonesia.   Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS – SEM) dengan software STATCAL updated 7 March 2024. Hasil penelitian menunjukkan earning per share signifikan mempengaruhi secara langsung harga saham, akan tetapi tidak ada varibel yang signifikan mempengaruhi harga saham melalui kurs US Dolar terhadap Rupiah.      

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdillah, Willy, dan Hartono. 2015. Partial Least Square (PLS) – Alternatif Structural Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis.. Yogyakarta: CV. Andi Offset,

Afrilla, Eka Dyasinta (2019). Pengaruh Tingkat Inflasi, Nilai Suku Bunga dan Kurs USD Terhadap Harga Saham PT Unilever Indonesia Tbk Tahun 2009-2018. STIE GICI Business School (tidak dipublikasikan)

Akmalia, A., & Pambudi, K. A. (2020). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Persediaan, Perputaran Piutang, dan Perputaran Aset terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Optimal, 17(1), 1-22

Armereo, C., & Saputra, A. A. (2020). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Dagang yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018. Akuntanika, 6(1), 24-37.S

Gio, P. U., Caraka, R. E., Mulyaningsih, H. D., sondari, m. c., Widianto, S., & Kurniawan, R. (2019, February 21). PARTIAL LEAST SQUARES PATH MODELING DENGAN STATCAL PLSPM. Retrieved from osf.io/preprints/inarxiv/dz28j

Hutabarat, F. (2021). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan. Banten: Desanta Muliavisitama

Kustiningsih, N., & Farhan, A. (2022). manajemen keuangan dasar dasar manajemen keuangan. Sidoarjo : CV Globalcare.

Nugroho, J. T. (2021). PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE INTERNET REPORTING PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2018-2020. Jurnal GICI Jurnal Keuangan dan Bisnis, 13(2), 132-143.

Nugroho, J.T, dan Rahmawati, D. 2019. Pengaruh Tingkat Perputaran pada Kas, Piutang dan Persediaan Terhadap Rentabilitas Perusahaan Retail di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 – 2018 Bursa Efek Indonesia, Jurnal GICI, 11 (2), 36 – 58.

NUGROHO, Judianto Tjahjo. PENGARUH KINERJA KEUANGAN, EARNING PER SHARE DENGAN INFLASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP HARGA SAHAM PT. UNILEVER INDONESIA Tbk TAHUN 2006 - 2023. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 486-490, aug. 2024.

Rahibah, A. ., & Tjahjo Nugroho, J. (2023). PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS DAN SOLVABILITAS TERHADAP RETURN SAHAMPADA PT BANK JAGO TBK. ELESTE: Economic Skill Journal, 3(2), 153–159. Diambil dari https://journal.stiegici.ac.id/index.php/eleste/article/view/176

Sitanggang, Milesren (2019). Pengaruh ROA, ROE dan EPS Terhadap

Harga Saham PT Ulinever Indonesia Tbk Periode 2009-2018. STIE GICI Business School (tidak dipublikasikan)

Suciati, F. et al. (2022). Pengantar Akuntansi. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Tjahjo Nugroho, J., Dyasinta Afrill, E., & Sitanggang, M. (2024). PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN EARNING PER SHARE DENGAN KURS US DOLAR TERHADAP RUPIAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TEHADDAP HARGA SAHAM PT. UNILEVER INDONESIA Tbk. TAHUN 2006-2024. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 16(2), 119–124. https://doi.org/10.58890/jkb.v16i2.307