PENGARUH KPOP BTS SEBAGAI BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKOPEDIA

Penulis

  • Ricky Rizkie STIE GICI BUSINESS SCHOOL

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v16i2.315

Kata Kunci:

Brand Ambassador, Brand Image, Keputusan Pembelian.

Abstrak

E-commerce menjadi salah satu kunci perkembangan jaman dimana bisa menjual dan membeli kebutuhan melalui online. Adapun permasalahan target marketing yang bersaing untuk mempromosikan perusahaan e-commercenya masing – masing dengan cara memilih brand ambassador sebagai muka utama e-commerce itu sendiri yang memperkuat promosi agar pengunjung tertarik dan membuat jumlah pengunjung semakin meningkat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Tokopedia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (Explanatory) dengan metode penelitian menggunakan pengumpulan data kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Purposive sampling. Dan adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden, dengan menggunakan analisis linear berganda.Hasil uji regresi menunjukkan bahwa sebesar 49,4% faktor – faktor keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh Brand ambassador dan brand image, sedangkan sisanya sebesar 50,6% dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel brand ambassador dan brand image secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan hasil analisisFhitung = (49,367) > Ftabel = (3,090). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Brand Ambassador menunjukkan hasil analisis thitung (-1,821) dan variabel Brand Image menunjukkan hasil analisis thitung (9,089) dimana ttabel (1,98472), maka secara parsial variabel Brand Ambassador tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan variabel yang dominan adalah Brand Image terhadap Keputusan Pembelian.

Kata Kunci : Brand Ambassador, Brand Image, Keputusan Pembelian

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Agustiyanti. (2021, September Sabtu). Katadata.co.id. Diambil kembali dari Bos Tokopedia Ungkap Keuntungan BTS & Blackpink Jadi Brand Ambassador: https://katadata.co.id/agustiyanti/digital/6145c93973df1/bos-tokopedia-ungkap-keuntungan-bts-blackpink-jadi-brand-ambassador

Ahdiat, A. (2023, Januari Selasa). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal IV 2022. Diambil kembali dari Katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/31/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-iv-2022

Ahoranson, V., Karpasitis, C., Wenstein, T., & Koral, G. (2022). ECSM 2022 9th European Conference on Social Media. South Africa: Academic Conferences and Publishing Limited.

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama Internasional.

Arifin, H. S. (2019). Pemasaran Era Milenium. Deepublish.

Alfiah, A., & Damayanti, D. (2020). APLIKASI E-MARKETPLACE PENJUALAN HASIL PANEN IKAN LELE (Studi Kasus: Kabupaten Pringsewu Kecamatan Pagelaran). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 111–117. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i1.241

Dilasari, E. M., Yosita, G., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Cita Rasa Dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Janji Jiwa Bandar Lampung. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(1), 25–42. https://doi.org/10.24042/revenue.v3i1.10448

Edrin, F., & Fhatiyah, N. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Kasus Pada Event Free Photocard BTS Tokopedia ). Proceeding Seminar Nasional Bisnis Seri IV, 78–84.

Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Faradasya, Cantika Indah., Trianasari, N. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Kpop Stray Kids Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. E-Proceeding of Management, 8 (2)(2), 865–873.

Fasha, A. F., Robi, M. R., & Windasari, S. (2022). DETERMINASI KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI: BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/JMPIS.V3I1.840

Kapirossi, B., & Probowo, R. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga , dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian ( Studi di Antariksa Kopi Semarang ). 7(25), 66–73. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.929

Paramitha, M. P. (2022). Pengaruh Brand Ambassador , Brand Image , dan Brand Awareness Terhadap Purchase Decision MS Glow di Indonesia atau Rencana Induk Pembangunan. Jurnal Iilmiah Mahasiswa FEB, 1–18.

Rahmawati, H., Supriyono, & Fitriyah, Z. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan. Manajemen, 11(1), 15.

Tololiu, R. M., Roring, F., Tololiu, R. M., & Roring, F. (2022). Pengaruh Promosi Dan Testimoni Pelanggan Terhadap Minat Beli Konsumen Hp Samsung Di Marketplace Facebook ( Studi Kasus Pada Toko MozamarManado ) Influence of Promotions and Customer Testimonials on Consumer Purchase Interests of Samsung Hp in the Facebo. Jurnal EMBA, 10(4), 1110–1121.

Yohana F. C. P. Meilani, I. B. M. P. B., & Ian N. Suryawan, R. R. M. (2020). The Influence of Brand Awareness, Brand Image, and Brand Trust on Brand Loyalty. Jurnal Manajemen, 24(3), 412. https://doi.org/10.24912/jm.v24i3.676

Zakariansyah, & Fachmy. (2021). PENGARUH IKLAN, DISKON, DAN KUALITAS PELAYANAN DRIVER TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GOFOOD (Studi Kasus Pada Wilayah Jakarta Timur). REPOSITORY STIE INDONESIA (STEI) Jakarta, 12, 16.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Rizkie, R. (2024). PENGARUH KPOP BTS SEBAGAI BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKOPEDIA. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 16(2), 160–169. https://doi.org/10.58890/jkb.v16i2.315