SYSTEMATIC REVIEW : PENTINGNYA PENGEMBANGAN LIFE SKILL BAGI MAHASISWA 2020-2024

Penulis

  • Damaruci Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Ina Sawitri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Pupung Purnamasari Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v16i2.316

Kata Kunci:

: Pengembangan Life Skill, Kerangka Life Skills WHO, Mahasiswa Indonesia, Systematic Review, Kecerdasan Manusia

Abstrak

Artikel ini merupakan systematic review yang mengkaji implementasi dan dampak pengembangan life skill selama periode 2020–2024. Artikel ini membahas pentingnya pengembangan life skills bagi mahasiswa, dengan merujuk pada kerangka WHO yang mengidentifikasi sepuluh Life Skills utama. Life skills ini dibagi ke dalam lima kategori besar berdasarkan empat kecerdasan manusia (IQ, EQ, SQ, AQ), yakni kesadaran diri dan empati, berpikir kritis dan kreatif, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, komunikasi efektif dan keterampilan interpersonal, serta mengelola stres dan emosi. Kajian ini mereview 19 artikel penelitian bahwa setelah lulus kuliah, banyak mahasiswa menghadapi berbagai tantangan yang menghambat transisi mereka ke dunia professional yang seringkali berhubungan dengan ketidakmampuan untuk menguasai life skills. Penelitian menunjukkan bahwa integrasi pengajaran life skills melalui metode berbasis pengalaman, seperti Project-Based Learning, dapat meningkatkan kemampuan adaptasi mahasiswa dalam menghadapi dinamika dunia professional dan menghadapi tantangan karir dengan percaya diri dan efektif. Beberapa rekomendasi utama dari kajian ini mencakup perluasan pembelajaran berbasis proyek dan pengalaman agar lebih aplikatif dan relevan dengan dunia nyata, serta perancangan intervensi khusus untuk pengelolaan stres dan regulasi emosi dalam mendukung transisi mahasiswa ke dunia kerja. Kolaborasi antara pendidik dan praktisi perlu diperkuat guna memastikan relevansi pengembangan life skills dengan kebutuhan industri dan tantangan kehidupan nyata. Selain itu, diperlukan penelitian jangka panjang untuk mengevaluasi dampak program life skills terhadap kesiapan karir dan kesejahteraan mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anira, A., Syarifatunnisa, S., Ma’mun, A., & Rahayu, N. I. (2021). Integrating Life Skills through Physical Activities Programs. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 6(1), 68–74. https://doi.org/10.17509/jpjo.v6i1.26621

Fidiastuti, H. R., & Sari, N. K. (2022). Building Life Skill and Enterpreneurship Educational Skill Through Project Based Learning in Urban Farming Courses. Jurnal Biologi Tropis, 22(4), 1414–1419. https://doi.org/10.29303/jbt.v22i4.4301

Jelita, D., Hasan Ahmad Addary, A., & Artikel, S. (2023). Peningkatan Life Skills Education Mahasiswa Melalui Pengembangan Bahan Ajar Micro Teaching Berbasis Multimodal Literacy. Wahana Didaktika.

Kusdinar, Y., Ma, A., & Gaffar Abdullah, A. (2023). Life Skill Development Through Volleyball Sports in The Positive Youth Development Framework. ASEAN Journal of Sport for Development and Peace, 2(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/ajsdp/

Lestari, D., Ilato, R., Ardiansyah, Hafid, R., Mahmud, M., & Alwi, N. M. (2023). Pengaruh Kecakapan Hidup (life skill) Dan Gaya Hidup (life style) Terhadap Pola Hidup Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Oikos-Nomos, 16(1), 2023.

Luciandika, A., Andajani, K., Ariani, D., & Mamah, M. (2021). Pengembangan Website “Sunting Pintar” sebagai Inovasi Pembelajaran Penyuntingan bagi Mahasiswa Berbasis Life Skill dan Entrepreneurship. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 260. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.2927

Margareta, E., Siahaan, M., Kristiani Sianturi, F., Ekonomi, P., & Keguruan Dan, F. (2023). Pengaruh Minat Berwirausaha, Life Skill, Dan Literasi Digital Terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 4(3), 2023. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Ngatijo, N., Bemis, R., & Puspitasari, R. D. (2022). Penggunaan PjBL Terintegrasi Steam Dan Life Skill Mahasiswa Dalam Pembelajaran Kimia Anorganik. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 14(1), 57–67. https://doi.org/10.22437/jisic.v14i1.16615

Ningrum, S. W., Sari, P., Lestari, S., & Septiana, N. (2023). Pelatihan Kewirausahaan pada Rumah Anggrek Arsyila sebagai Upaya Peningkatan Life Skill Mahasiswa. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(4), 1199–1204. https://doi.org/10.54082/jamsi.838

Nuraini, S., & Saragih, M. Y. (2022). Urgensitas CRN TV Dalam Pengembangan Life Skill Jurnalistik Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN SU. Journal of Social Community, 7(2).

Nuri, N., & Bijanto, B. (2021). Analisis Peningkatan Life skill Mahasiswa dalam Pembelajaran Metoda PJBL Pada Mata Kuliah Fisika Pada Prodi Teknik Elektro. Unnes Physics Education Journal Terakreditasi SINTA, 10(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Risma, Ma’mun, A., Berliana, & Nuryadi. (2021). Life Skills Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani FKIP Universitas Galuh. JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan), 6(1). https://doi.org/10.17509/jtikor.v6i1.41905

Setiawan, R., Aprillia, A., Gunawan, I., Setyawan, S., Ida, I., Tjiptodjojo, K. I., Abednego, F., & Tan, R. (2022). Life skill program in business and entrepreneurship. Community Empowerment, 7(3), 602–612. https://doi.org/10.31603/ce.6291

Susilawati, Rizky, R., Mira Yunita, A., Hakim, Z., Heri Wibowo, A., Gilar Pratama, A., Sugiarto, A., Setyowati, S., Nuraflian Susanti, E., Nailul Wardah, N., & Sujai, L. (2023). Program Peningkatan Kecakapan Hidup Berbasis Vocational Skill Untuk Membangun Jawa Wirausaha Mahasiswa Semester Akhir Mahasiswa Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Jurnal Dharmabakti Nagri, 1(3), 133–139.

Wahyu, R., Martianto, U., Yusuf, R., Hatimatunnisani, H., & Sudrajat, A. (2022). Efektivitas Komunikasi Asertif Dalam Meningkatkan Keterampilan Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Melalui Pelatihan Financial Life Skill. Junal Pendidikan, Humaniora,Linguistik Dan Sosial; JURNAL JAGADDHITA.

Wardhani, J. D., & Katoningsih, S. (2022). Persepsi Mahasiswa Program Studi PGPAUD terhadap Implementasi Life Skills dalam Program MBKM. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5318–5330. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2353

Wijayanti, A., & Ernawati, T. (2021). Bagaimana Menerapkan Life Skills dan Ngerti, Ngrasa, Nglakoni Pada Worksheet Digital Berbasis Integrated-Science. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 1–7. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.1686

Wistiawati, A. T., Putro, S. C., & Irianto, W. S. G. (2020). Hubungan Sosial Kognitif dan Life Skills Education terhadap Kemampuan Adaptasi Calon Guru pada Era Revolusi Industri 4.0 Mahasiswa S1 PTE Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 4(2), 88. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.14291

Yunus, M., & Syahriza, M. (2023). Literasi Keuangan Syariah sebagai Essential Life Skills bagi Mahasiswa di STAI Jamiatut Tarbiyah Lhoksukon. AMEENA JOURNAL, 1(4), 387.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Damaruci, Sawitri, I., & Purnamasari, P. (2025). SYSTEMATIC REVIEW : PENTINGNYA PENGEMBANGAN LIFE SKILL BAGI MAHASISWA 2020-2024. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 16(2), 170–178. https://doi.org/10.58890/jkb.v16i2.316 (Original work published 31 Desember 2024)