TANTANGAN DAN PELUANG REAKTUALISASI TEORI SOSIAL PROFETIK KUNTOWIJOYO DALAM MENANAMKAN SOFT SKILLS KEWIRUSAHAAN DI INDONESIA

Penulis

  • Yuliani Sari Devi Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v16i2.322

Kata Kunci:

Sosial Profetik, Humanisme, Liberasi, Transedensi, Soft Skills

Abstrak

Penanaman soft skills dalam kewirausahaan di Indonesia menjadi elemen kunci untuk menghadapi tantangan globalisasi, teknologi, dan persaingan ekonomi yang semakin kompetitif. Teori Sosial Profetik yang digagas oleh Kuntowijoyo menghadirkan perspektif alternatif yang menggabungkan nilai-nilai agama dan etika dalam proses pengembangan kewirausahaan, terutama dalam membentuk soft skills berbasis moral dan etika agama. Artikel ini bertujuan mengeksplorasi tantangan dan peluang dalam mengintegrasikan humanisme, liberasi, dan transendensi ke dalam pembentukan soft skills wirausaha di Indonesia. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi literatur dan data sekunder. Ada beberapa tantangan dan peluang terpetakan dalam mengaktualisasikan Teori Sosial Profetik Kuntowijoyo untuk menumbuhkan soft skills wirausaha berbasis etika dan moral agama.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anwar, A., Pababbari, M., & Ibrahim, M. (2023, December 27). Analisis paradigma ilmu sosial profetik: Tela’ah pemikiran kuntowijoyo), 3(2), 23-45. https://doi.org/10.46870/jkpi.v3i2.619.

Badar, M Z. (2020, January 1). Konsep Integrasi antara Islam dan Ilmu Telaah Pemikiran Kuntowijoyo

Fauzia, A. (2021). "Kewirausahaan Sosial: Peluang dan Tantangan di Indonesia". Indonesian Journal of Social Entrepreneurship, 8(1), 12-23.

Hasanah, F. (2018). "Pengaruh Persaingan Pasar terhadap Praktik Bisnis Etis di Indonesia". Jurnal Ekonomi Islam, 12(3), 45-57.

Kuntowijoyo. (2004). Islam sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika. Bandung: Mizan.

Kuntowijoyo. (1997). Menuju Ilmu Sosial Profetik , (Bandung: Republika).

Kuntowijoyo. (2001). Muslim tanpa masjid, (Bandung: mizan).

Kuntowijoyo. (1991). Paradigm Islam, Interpretasi Untuk Aksi, (Bandung: Mizan).

Kusumawijaya, H. (2020). Kewirausahaan dan pengembangan soft skills di Indonesia. Universitas Indonesia Press.

Marlina, Dwi (2021). “Pembentukan Karakter Wirausaha Melalui Manajemen Entreprenuership Berlandaskan Nilai-Nilai Profetik di Pesantren.” Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan, vol. 1, no. 1, 2021, hlm. 17–28. https://journal.umy.ac.id/index.php/jasika

Nugroho, B. (2020). "Implementasi Nilai Agama dalam Kewirausahaan di Indonesia". Jurnal Bisnis dan Etika, 15(2), 34-41.

Raharjo, F. (31 Desember 2018). Pengilmuan Islam Kuntowijoyo dan aplikasinya dalam pengembangan pembelajaran pendidikan agama islam di perguruan tinggi umum. 1(2), 28-53. https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/67.

Redaksi Bloomberg Technoz. (11 Juli 2024). Selain dior, beberapa brand mewah ini juga eksploitasi pekerja. Bloomberg Technoz. https://www.bloombergtechnoz.com/detail-news/43305/selain-dior-beberapa-brand-mewah-ini-juga-eksploitasi-pekerja.

Surya, A. (2022). Transformasi digital dalam kewirausahaan: peluang untuk pengembangan soft skills. Universitas Airlangga Press.

Suryani, N. (2023). Pendidikan berbasis moral dalam kewirausahaan. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(1), 15-29

Tim Detik.com. (17 September 2024). Fakta baru perusahaan animasi siksa karyawan hingga bosnya dicari. Detik.com. https://news.detik.com/berita/d-7545053/fakta-baru-perusahaan-animasi-siksa-karyawan-hingga-bosnya-dicari.

Zulheri (2012). Ilmu Sosial Profetik (Tela’ah Pemikiran Kuntowijoyo) Skripsi Sarjana, UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Devi, Y. S. (2024). TANTANGAN DAN PELUANG REAKTUALISASI TEORI SOSIAL PROFETIK KUNTOWIJOYO DALAM MENANAMKAN SOFT SKILLS KEWIRUSAHAAN DI INDONESIA. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 16(2), 199–204. https://doi.org/10.58890/jkb.v16i2.322