PENGARUH PROMOSI, BRAND AMBASSADOR, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BODY LOTION SCARLETT WHITENING (STUDI KASUS MASYARAKAT DI KOTA DEPOK)

Penulis

  • Agustini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Nurchaeliza Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v16i2.352

Kata Kunci:

Promosi, Brand Ambassador, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstrak

Tujuan dengan adanya penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui serta untuk menganalisis Pengaruh Promosi, Brand Ambassador dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian produk Body lotion Scarlett Whitening pada masyarakat di Kota Depok. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Untuk jumlah sampel daripada penelitian ini adalah berjumlah 100 responden. Hasil uji regresi menunjukkan hasil dengan angka sebesar 77,8% menjelaskan bahwa dengan faktor keputusan pembelian oleh harga, kualitas produk, dan merek sedangkan sisanya 22.2% dijelaskan faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Sedangkan pada hasil uji F semua variabel menunjukkan secara simultan pengaruh antara variabel keputusan pembelian, promosi, brand ambassador dan kualitas produk secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung 116,657 lebih besar dari Ftabel =2,700. Untuk hasil uji T menunjukkan bahwa variabel promosi menunjukkan hasil thitung (18,483) dimana ttabel (1.985) mengakatan bahwa variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Body lotion pada masyarakat di Kota Depok. Sedangkan untuk variabel brand ambassador dengan hasil thitung (1,438) dimana ttabel (1.985) dan untuk variabel kualitas produk dengan hasil thitung (0,585) dimana ttabel (1.985) menunjukan hasil bahwa variabel brand ambassador dan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Body lotion pada masyarakat di Kota Depok. Variabel yang dominan dalam penelitian ini dan mempengaruhi keputusan pembelian Body lotion pada masyarakat di Kota Depok adalah variabel promosi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, K. M, Jannah. Aiman, Ummul. Taqwin (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Ajnya, I. & I, M, Jatra. dkk. (2023). Brand Ambassador, Citra Merek, Dan Niat Beli: Konsep dan Aplikasi. Cetakan Pertama. Jawa Tengah: MEDIA PUSTAKA INDO

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT INOVASI PRATAMA INTERNASIONAL

Aripin, Z. (2021). Marketing Management. Yogyakarta: Deepublish Publisher

Arista, K. C., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh Label Halal, Harga dan Song Joong Ki Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 9(4).

Astuti, M. N, Matondang. (2020). Manajemen Pemasaran: UMKM dan Digital Sosial Media. Cetakan Pertama. Sleman: DEEPUBLISH

Dewa, C. B. dkk. (2022) Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Expert

Fatihudin, D. A, Firmansyah. (2019). Pemasaran Jasa. Cetakan Pertama. Yogyakarta: DEEPUBLISH

Garaika. Darmanah. (2019). Metodologi Penelitian. Lampung: CV HIRA TECH

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. Jawa Timur: UNITOMO PRESS

Jaya, I Made Laut Mertha Jaya. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. (Teori Penerapan dan Riset Nyata). Yogyakarta: ANAK HEBAT INDONESIA

Kurniawan, A.R. (2021). MARKETING 101. Yogyakarta: QUADRANT

Maulana, A., & Lestariningsih, M. (2022). Pengaruh harga, brand ambassador dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitening. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(9).

Masyithoh, D. Suyadi. S, Susilowati. N, Febriyanto. F,S, Nastain. (2023). Analisis Fluktuasi Pemasaran Produk Madu PT, KEMBANG JOYO SRIWIJAYA. Cetakan Pertama. Malang: Media Nusa Creative

Nizamuddin, H. Dkk. (2021). Metodologi Penelitian Kajian Teoritis Dan Praktis Bagi Mahasiswa. Cetakan Pertama. Riau: DOTPLUS Publisher

Rahmahyanti, R. N., & Andriana, A. N. (2023). Pengaruh Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk MS Glow. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 4(4), 1143-1151.

Riyanto, S.,& A, A., Hatmawan. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif (Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: DEEPUBLISH PUBLISHER.

Sahir, S.H. (2021). Metodologi Penelitian. Cetakan 1. Yogyakarta: PENERBIT KBM INDONESIA

Saat, S., & S. Mania. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula. Cetakan Kedua (Edisi Revisi). Sulawesi Selatan. PUSAKA ALMAIDA

Sukmawati, D. A. R., Mathori, M., & Marzuki, A. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc:(Studi pada Konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 579-599.

Yulianti, F. dkk. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: DEEPUBLISH

Zusrony, E. (2021). Perilaku Konsumen Di Era Modern. Cetakan Pertama. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

https://depokkota.bps.go.id/indicator/12/78/1/proyeksi-penduduk-menurut-kelompok-umur-di-kota-depok.html (diakses tanggal 7 Febuari 2024)

https://compas.co.id/article/body-lotion-scarlett/ (diakses tanggal 23 Febuari 2024)

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Agustini, & Nurchaeliza. (2024). PENGARUH PROMOSI, BRAND AMBASSADOR, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BODY LOTION SCARLETT WHITENING (STUDI KASUS MASYARAKAT DI KOTA DEPOK). Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 16(2), 239–247. https://doi.org/10.58890/jkb.v16i2.352