PENGARUH PENDIDIKAN, PELATIHAN, GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CV KEMUNING PRIMA ILMU
DOI:
https://doi.org/10.58890/jkb.v16i2.355Kata Kunci:
Kinerja Karyawan, Pendidikan dan Pelatihan, Gaya Kepemimpinan, MotivasiAbstrak
Kinerja karyawan merupakan faktor kunci dalam keberhasilan organisasi, yang dipengaruhi oleh berbagai elemen seperti pendidikan dan pelatihan, gaya kepemimpinan, serta motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak gabungan dari faktor-faktor tersebut terhadap kinerja karyawan di CV Kemuning Prima Ilmu, sebuah perusahaan yang berfokus pada pelatihan dan konsultasi pendidikan. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda, penelitian ini mengevaluasi data yang dikumpulkan melalui survei terhadap karyawan CV Kemuning Prima Ilmu. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan koefisien regresi sebesar -0.2194 dan nilai p = 0.024, yang menunjukkan bahwa peningkatan pendidikan dan pelatihan dapat berdampak pada perubahan kinerja karyawan. Gaya kepemimpinan memiliki koefisien regresi sebesar -0.0532 dengan nilai p = 0.589, yang menunjukkan bahwa variabel ini tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Sementara itu, motivasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja dengan koefisien regresi sebesar -0.2310 dan nilai p = 0.021, yang menunjukkan adanya hubungan yang kompleks antara motivasi dan kinerja karyawan. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan holistik yang menggabungkan pendidikan dan pelatihan yang berkelanjutan, kepemimpinan yang inspiratif, serta strategi motivasi yang tepat dapat meningkatkan kinerja karyawan secara signifikan. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan bagi organisasi dalam merancang strategi pengembangan SDM yang lebih efektif guna mencapai tujuan bisnis yang berkelanjutan.
Unduhan
Referensi
Artina, N. (2020). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan ( Diklat ) Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Organisasi ( Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan ). 10(1), 38–52.
Avolio, B. J. & Bass, B. M. (2004). Multifactor leadership questionnaire : manual and sampler set (3rd ed.). Mind Garden.
Bernardin, H. Jhon., Russel, J. E. A. (2013). Human Resouces: An Expimetal Approach. Mc. Graw – Hill book.co.
Malida, F., & Nurhayati, E. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT XXX. 4.
Manalu, C. I. B., Syafriadi, E., & Parapat Gultom. (2024). Pengaruh Motivasi , dan Pengawasan terhadap Kinerja Karyawan dengan Disiplin sebagai variabel mediasi pada Politeknik Ganesha Medan. Bisnis, Jurnal Ekonomi, 1083–1092.
Noe, R. A., Hollenbeck, J. R., Gerhart, barry, & Wright, P. M. (2020). Fundamentals of Human Resource Management (Vol 2). Oxford University Press.
Putra, D. A., & Adriansyah, A. (2019). Pengaruh Pelatihan Kerja , Motivasi Kerja , dan Employee Engagement Terhadap Kinerja Tenaga Ahli Fraksi X DPR RI. 8114.
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2021). Management 15th Edition. Pearson Education.
Ryan, RM, & Deci, E. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(5), 68–78. https://doi.org/https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.1.68
Setyanto, Eddy., Hidayat, Taufik., & Diyah, I. A. (2024). Manajemen Organisasi. CV. Ruang karya. https://repository.stietribhakti.ac.id/957/1/Manajemen Organisasi.pdf
Setyanto, E., Ikhwan, A., Amin, S., Muhammad Shabir, U., & Suharto, S. (2019). Challenges of the change management for managing people and organizational culture. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(2 Special Issue 11). https://doi.org/10.35940/ijrte.B1503.0982S1119