PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM DIGITAL MARKETING DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KONSUMEN TAHUN 2025

Penulis

  • Belinda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Diah Nofitasari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v17i1.391

Kata Kunci:

Artificial Intelligence, Perilaku Konsumen, Personalisasi Pemasaran

Abstrak

Penelitian ini menganalisis peran artificial intelligence dalam transformasi strategi pemasaran digital dan dampaknya terhadap perilaku konsumen di Indonesia pada tahun 2025. Menggunakan metodologi kuantitatif berbasis data sekunder, penelitian ini mengidentifikasi pola implementasi AI dalam berbagai sektor industri, faktor-faktor yang memoderasi efektivitasnya, serta proyeksi evolusi perilaku konsumen. Hasil penelitian menunjukkan disparitas adopsi AI berdasarkan skala bisnis dan sektor dengan personalisasi konten sebagai aplikasi dominan. Implementasi AI berkontribusi signifikan terhadap peningkatan metrik pemasaran kunci seperti conversion rate (42,3%) dan penurunan customer acquisition cost (31,5%). Persepsi konsumen terhadap personalisasi berbasis AI bersifat ambivalen dengan keseimbangan antara apresiasi terhadap relevansi konten dan kekhawatiran privasi data. Model prediktif menunjukkan bahwa hingga 2025, mayoritas keputusan pembelian online akan dipengaruhi oleh rekomendasi berbasis AI, menandai transisi paradigmatik dalam ekosistem pemasaran digital Indonesia. Penelitian ini menyediakan kerangka strategis bagi marketer untuk mengoptimalkan implementasi AI sekaligus mempertimbangkan dimensi etis dan regulatoris.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali, Muhammad Ikhsan, Rahmani, Nur Ahmadi Bi, & Nurwani. (2023). Analisis Penerapan Artificial Intelligence terhadap Efektivitas Social Media Marketing pada Akun Instagram Cuci Sepatu Kelen dengan Pendekatan Model AIDA Nur Ahmadi Bi Rahmani Nurwani semakin kompleks bagi pengusaha di seluruh dunia . Persaingan dalam int. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 1(5), 99–115.

Fatihah, Dian Candra, & Saidah, Iis Saidah. (2021). Model Promosi Marketplace Berbasis Artificial Inteligence (AI) di Indonesia. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3), 806–817. https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i3.35908

Khasanul Huda, Muhammad, & Izzadin, Ahmad. (2024). Implementasi Artificial Intelligence Dalam Meningkatkan Efisiensi Dan Layanan Di Marketplace Digital.

Khutami, Jumanul Qalby, Adinda, Nadira, Asmara, Putri, Auliana, Lina, & Raharja, Jaja. (2024). PENGARUH ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP CUSTOMER EXPERIENCE. 13(2), 510–517.

Luthfiansyah, Amri, Saputra, Tedi, Haikal, Marcho Maulana, & Sanjaya, Vicky F. (2024). PERTUMBUHAN PENJUALAN E-COMMERCE. 1, 184–191.

Mira Lestari, Kurnia M, Zakir, Supratman, Aulia Gusli, Ramadhoni, Gurun Aua, Jl, Putiah, Kubang, Banuhampu, Kec, & Bukittinggi, Kota. (2024). Penerapan AI dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMAN 3 Bukitinggi. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 277–289. Retrieved from https://journal.aripi.or.id/index.php/Yudistira/article/view/434

Prameswari, A. A., & Santosa, B. S. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Merek Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 10(2), 1–15. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/16687/08. naskah publikasi .pdf?sequence=10&isAllowed=y

Pristiwanto. (2024). DIGITAL MARKETING TRANSFORMATION IN THE AI ERA : A LITERATURE REVIEW OF TRENDS , STRATEGIES , AND THEIR IMPACT ON MODERN CONSUMERS TRANSFORMASI DIGITAL MARKETING DI ERA AI : TINJAUAN LITERATUR TENTANG TREN , STRATEGI , DAN DAMPAKNYA PADA KONSUMEN MODERN P. 7, 8507–8528.

Rahma, Savira, Amalia, Dina, Erika, Meifa, Kusuma, Nantri, & Ilayana, Fii. (2024). Pengaruh Penggunaan AI , Literasi Digital , dan Pengalaman Pengguna Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada E-Commerce Shopee. 3(2), 147–159.

Rezeky Nur Amalia, Agus Salim, & Agus Hadi Utama. (2024). Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Obrit Future Academy. Al-Hayat: Natural Sciences, Health & Environment Journal, 2(1), 57–73. https://doi.org/10.47467/alhayat.v2i1.1863

Siratan, Elkuny Dovir, Yulita, Henilia, & Widaningsih, Titi. (2024). Penggunaan Kecerdasan Buatan Dalam Mengurangi Perilaku Penghindaran Iklan. 4, 12248–12261.

Umar, Resky, & Nurhajijah, Sitta. (2024). Analisis pemasaran pada umkm x pasca covid-19. 02(02), 39–45.

Zebua, Della Yunika, Zebua, Alfan Pintalius, Informasi, Teknologi, Nias, Universitas, Sipil, Teknik, & Teknik, Fakultas. (2025). Tantangan etika dalam profesi teknologi informasi. 02, 35–44.

Zulkarnain, Zulkarnain, Jesselyn, Jesselyn, Hansvirgo, Hansvirgo, Gunawan, Fendy, & Dion, Sandy Alferro. (2024). Peran Artificial Intelligence ( AI ) dalam Peningkatan IT Governance : Kajian Literatur. 2(3).

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Belinda, B., & Diah Nofitasari. (2025). PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM DIGITAL MARKETING DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KONSUMEN TAHUN 2025. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 17(1), 100–108. https://doi.org/10.58890/jkb.v17i1.391