Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbalife Nutrition di Ghidza Club Cibinong
DOI:
https://doi.org/10.58890/jkb.v17i1.392Kata Kunci:
Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Keputusan PembelianAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbalife Nutrition di Ghidza Club Cibinong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitaf berupa strategi asosiatif dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner, pengamatan, dan wawancara. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan rumus slovin. Adapun sampel tersebut berjumlah 50 responden. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 84,5% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh Kualitas Produk, Kualitas Pelayana dan Harga sedangkan sisanya 15,5% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu nilai Fhitung (90,133) > Ftabel (2,790). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas produk menunjukkan hasil analisis thitung (7,252), variabel kualitas pelayanan menunjukkan hasil analisis thitung (3,466), dan variabel harga menunjukkan hasil analisis thitung (2,368), dimana ttabel (2,011) maka secara parsial ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbalife Nutrition di Ghidza Club Cibinong. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah kualitas produk.
Unduhan
Referensi
Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Managerial- Jurnal Penelitian Ilmu Managemen, 2(2), 62–72.
Asman Nasir. (2021). Studi kelayakan bisnis (Kodri (ed.)). CV. Adanu Abimata.
Asrizal Efendy Nasution dan Muhammad Taufik Lesmana (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan).
Aulia Eva Mardliana (2019) IAIN Ponorogo. Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Rabbani Denisa Ponorogo.
Azis Santoso, Edwin. (2019). Pengaruh Citra Merek Kualitas Produk Dan Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Toko Shasya Cake Di Kecamatan Banjarsari. Universitas Siliwangi.
Azwar, H. (2020). Analisis kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Sosio e-Kons, 11(3), 259-267.
Baisyir, Fauzi, M. Q. 2021. Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Kepuasan. Journal of Management Review.
Buchari Alma. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.
Dzikra, F. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Mobil Ud. Sari Motor Di Pekanbaru. Eko Dan Bisnis: Riau Economic And Business Review, 11(3), 262-267.
Ely, A., & Badrus, S. (2021). Penataan Produk SMK/MAK Kelas XII.
Firmansyah, A. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Penerbit Qiara Media.
Ghozali, I. (2018). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program. AMOS 24. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, Ririn. 2020. Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.
Jeany, Mauli Siagian. ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BPR Artha Prima Perkasa’, Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 7.3 (2020), 330–41.
Kotler, A. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(3), 35-43.
Kothler, Philip, Amstrong. 2018. Pemasaran, Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta.
Kothler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta : Erlangga.
Kurniawan , F., Arifin, Z., & Fanani, D. (2018). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1-7.
Maria Lapriska Revita, Agtovia Frimayasa, dan Aris Kurniawan (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung.
Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada E Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53.
Rahman, S. L. A., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan, kemudahan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43-53.
Sinulingga, N. A. B., & Sihotang, H. T. (2021). Perilaku Konsumen: Strategi dan Teori (Vol. 1). Iocs Publisher.
Situmorang, Afrizal Helmi. (2017). Riset Pemasaran. Medan: USU Pres.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suliyanto., (2018) Metode Penelitian Bisnis : untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi. Edisi 1 .Yogyakarta : Andi. Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Manajemen Pemasaran, 9(021), 113–123.
Tjiptono Fandy, Anastasia Diana (2020) Pemasaran : Penerbit Andi Yogyakarta.
Tjiptono. Fandy & Diana. Anastasia. 2019. Kepuasaan Pelanggan-Konsep, Pengukuran, dan Strategi. Yogyakarta : ANDI. ISBN 978 – 623 – 01 –0194 – 6.