PENGARUH KUALITAS PENDIDIKAN, CITRA, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA MURID SDIT (SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU) MIFTAHUL ULUM CINERE

Penulis

  • Mega Indah Edityawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI
  • Subhan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v17i1.397

Kata Kunci:

Kualitas Pendidikan, Citra, Kepercayaan, dan Kepuasan

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini ada untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pendidikan, Citra, Kepercayaan Terhadap Kepuasan Orang Tua Murid SDIT Miftahul Ulum Cinere Depok. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan dengan metode penelitian berupa pengumpulan berupa data menggunakan kuesioner. Model analisi data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 85 responden, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 74,3% faktor-faktor kepuasan orang tua murid dapat dijelaskan oleh kualitas pendidikan, citra, kepuasan sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan variabel kualitas pendidikan, citra, dan kepercayaan secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan orang tua murid SDIT Miftahul Ulum Cinere dengan hasil analisi yaitu nilai F hitung (81,811) > F tabel (2,710). Hasil uji t menunjukan bahwa terdapat berpengaruh positif dan signifikan antara variabel kualitas pendidikan, citra, dan kepercayaan terhadap kepuasan secara parsial dengan hasil analisis t hitung variabel kualitas pendidikan (2,721) variabel citra (2,981) dan variabel kepercayaan (4,578) > t tabel (1,663). Variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan orang tua murid SDIT Miftahul Ulum Cinere yaitu variabel Kepercayaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aigata Dipa I Made, Anggaraini Nita Ni Putu, Ribek Ketut Pande. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Presepsi Harga, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Orang tua peserta didik pada Tk Kartika Mandala Denpasar. ISSN: 2721-6810 Vol 3, Hal 586-597.

Andayu Githa Asrie. (2019). Analisis Citra Merek, Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Orang Tua Murid Di Sanggar Seni Ayodya Pala. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis ISSN: 2598-4888 Hal 25-43.

Fauzy, Akhmad. (2019). Metode Sampling. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Firmansyah, Anang, Muhammad. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning dan Strategy). Surabaya: CV Penerbit Qiara Media.

Harjadi, Dikdik, dan Arrarini, Iqbal. 2021. Experientel Marketing Dan Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Milenial. Cirebon: Insenia.

Hermanto. 2019. Faktor Pelayanan, Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan. Surabaya: CV Jakad Publishing.

Hidayat, Rofiq. 2021. Manajemen Pendidikan Pemasaran. Sleman: Komojoyo Press.

https://dataindonesia.id/pendidikan/detail/kemendikbud-catat-436707-sekolah-di-indonesia-pada-20232024, (diakses 19 Januari 2024).

Ibrahim, Tatang dan Rusdiana, A. 2021. Manajemen Mutu Terpadu Total Quality Management. Bandung: YRAMA WIDYA.

Indrasari Meithiana. 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Junaris, Imam, dan Haryanti, Nik. 2022. Manajemen Pemasaran Pendidikan. Purbalingga: CV Eureka Media Aksara.

Malay, Muhammad Nursalim. (2022). Belajar Mudah & Praktis Analisis Data dengan SPSS dan JASP. Bandar Lampung: CV Madani Jaya.

Marisa Maya, Yolandia, dan Lusia Vivi. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan serta dampaknya terhadap Loyalitas Orang Tua (studi kasus pada SDIT Al Muhajirin jakarta). Jurnal Manajemen FE-UB ISSN: 2746-3680 Vol 10, Hal 23-47.

Nalendra, Aditya, R A, dkk. 2021. Statistika Seri Dasar Dengan SPSS. Bandung: media sains indonesia.

Ningsih, Rahayu, Ekawati. 2021. Prilaku Konsumen Pengembangan Konsep dan Praktek dalam Pemasaran. Yogyakarta: Idea Press Yogyakarta.

Purnomo, Hery, dkk. 2020. Signifikan Prediktor Kepuasan Konsumen Jasa Hotel. Nganjuk: CV Adjie Media Nusantara.

Rahman, Akil, Muhammad. 2021. Manajemen Kualitas Suatu Penghantar. Sulawesi Selatan: CV Berkah Utami.

Rifai, Khamdan. 2023. Kepuasan Konsumen. Jember: UIN Khas Press.

Saat, Sulaiman, dan Mania, Sitti. 2020. Penghantar Metodologi Penelitian. Sulawesi: pusaka almaida.

Sahir, Hafni, Syafrida. 2021. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: kbm indonesia.

Siregar, Wahyuni, Rini, dkk. 2022. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Medan: CV Pusdikara Mitra Jaya.

Sitorus, Ade, Sunday, dkk. 2022. Brand Marketing: The Art of Branding. Bandung: CV Media Sains Indonesia.

Syafaruddin dan Syukri, Makmur. 2022. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Medan: CV Pusdikra Mitra Jaya

Widiyarti, dan Suranto. 2019. Konsep Mutu Dalam Manajemen Pendidikan Vokasi. Semarang: Alprin.

Widodo, Slamet, dkk. 2023. Buku Ajar Metode Penelitian. Pangkalpinang: cv science tehcno direct.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-05

Cara Mengutip

Indah Edityawati, M., & Subhan. (2025). PENGARUH KUALITAS PENDIDIKAN, CITRA, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN ORANG TUA MURID SDIT (SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU) MIFTAHUL ULUM CINERE. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 17(1), 63–73. https://doi.org/10.58890/jkb.v17i1.397 (Original work published 5 Juli 2025)