PENGARUH LAYANAN, PROMOSI, DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN MELALUI APLIKASI MAXRIDE DI KOTA MEDAN

Penulis

  • Fandi Iskandar Sopang Universitas Dharmawangsa, Indonesia
  • Budi Antoro Universitas Dharmawangsa, Indonesia
  • Listya Junaidi Universitas Dharmawangsa

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v17i2.450

Kata Kunci:

Pelayanan, promosi, diskon, keputusan pembelian

Abstrak

Di kota Medan, terdapat banyak layanan transportasi online seperti Go-Jek, Grab, Maxim, dan indriver. Namun, pada tahun 2024, Maxride hadir di Medan sebagai layanan transportasi online dalam bentuk Bajai. Berdasarkan wawancara dengan Jun Franco Purba, Manajer Layanan Nasional PT BAJAJ AUTO INDONESIA, saat ini terdapat lebih dari 150 unit Bajai yang beroperasi di Medan. Selain itu, transportasi bergaya Bajaj ini memiliki daya tarik tersendiri di kalangan anak-anak dan juga berfungsi sebagai cara untuk mengobati rasa rindu di kalangan orang tua. Namun, persaingan bisnis yang semakin ketat, terutama dari perusahaan sejenis, mengharuskan perusahaan untuk bergerak lebih cepat dalam mencari konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pengguna aplikasi Maxride di kota Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan analisis SEM (SmartPLS). Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2.245 pengguna, dan sampel diambil menggunakan rumus Slovin dengan margin of error 10%, menghasilkan ukuran sampel 96 responden. Hasil menunjukkan bahwa variabel layanan dan promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi Maxride, sebesar 88,2%. Namun, variabel diskon tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menunjukkan bahwa keputusan pembelian pengguna aktif lebih dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kemudahan, kualitas layanan, kecepatan respons, dan efektivitas promosi informatif daripada diskon harga. Diskon dianggap tidak memiliki dampak signifikan karena sifatnya yang tidak konsisten, nilai diskon yang relatif kecil, dan fakta bahwa keputusan pembelian lebih didorong oleh kebutuhan pengguna dan loyalitas terhadap layanan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alfadillah, M. R., & Pasaribu, V. L. D. (2025). Analysis of Effective Promotion Strategies in Online Transportation Companies Impacting Their Use. International Journal of Asian Business and Development, 1(4), 245–254. https://doi.org/10.55927/metropolis.v1i4.292

Alfahri, & Sopang, F. I. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Tenor Angsuran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Pada PT. Alfa Scorpii Gatot Subroto Medan. Journal Economic Management and Business, 2(1), 100–117.

Bansal, S. P., Singh, R., & Gangotia, A. (2014). Measuring the Impact of Sales Promotion, Service Quality and Customer Experience: A Case of e-Ticketing. Transnational Corporations Review, 6(4), 419–428. https://doi.org/10.5148/tncr.2014.6407

Büyükdağ, N., Soysal, A. N., & Ki̇tapci, O. (2020). The effect of specific discount pattern in terms of price promotions on perceived price attractiveness and purchase intention: An experimental research. Journal of Retailing and Consumer Services, 55. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102112

Edwin Nwannebueze, E., & Igwe, S. R. (2021). the Effect of Trust and Service Quality on Purchase Decisions of Online Shoppers. International Journal of Advanced Academic Research |, 7(10), 2488–9849. www.ijaar.orgwww.ijaar.org

Edwin, Z. (2021). Perilaku konsumen Di Era Modern. In Yayasan Prima Agus Teknik.

Firmansyah, F. (2021). Influence of product quality, price, and promotion on purchase decision of Philips Products. Jurnal Ekonomi LLDIKTI Wilayah 1 (JUKET), 1(1), 26–36. https://doi.org/10.54076/juket.v1i1.47

Gabler, C. B., Myles Landers, V., & Reynolds, K. E. (2017). Purchase decision regret: Negative consequences of the Steadily Increasing Discount strategy. Journal of Business Research, 76, 201–208. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.01.002

Ghozali. (2021). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro (Vol. 12, Issue 4). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting

Halik, A., & Nugroho, M. (2022). The Role of Consumer Pleasure Moderating the Effect of Content Marketing and Price Discount on Online Shopping Decision and Loyalty of Generation Z. Media Ekonomi Dan Manajemen, 27(1), 35. https://doi.org/10.24856/mem.v27i01.2259

Hasbi, R., & P. Hadi, S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Portobello Café Semarang (Studi Kasus pada Konsumen Portobello di Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 10(2).

Kaur, M., & Singh, M. (2022). a Study on Women Employees and Their Worklife Balance. https://www.researchgate.net/publication/359705522

Kinasih, A. S., Pertiwi, D., Sadikin, A., & Sanjaya, V. F. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Mahasiswa UIN RIL. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 190–215. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i2.990

Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing Management. In Pearson (Vol. 53, Issue 9).

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip – Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Kotler, Philip, & Gary, A. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Maulana, A., Halim, H., & Ekonomi, F. (2024). Pengaruh Harga Diskon Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Minimarket Ardymart Palembang. Communnity Development Journal, 5(2), 3974–3980. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021.

Mesatania, C. P. (2022). Factors Influencing Online Buying Behavior: A Case of Shopee Customers. Management Science and Business Decisions, 2(1), 18–30. https://doi.org/10.52812/msbd.34

Mishra, M., Kushwaha, R., & Gupta, N. (2024). Impact of sales promotion on consumer buying behavior in the apparel industry. Cogent Business and Management, 11(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2310552

Pratiwi, K., Nasution, U. H., & Firah, A. (2025). Pengaruh Penetapan Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minyak Pada Pt. Berlian Eka Sakti Tangguh (Best) Di Medan. JUDIS: Jurnal Multidisiplin Dan Sains, 1(2), 78–94. https://doi.org/10.63854/jms.v1i2.34

Priyanto, M., & Sudrartono, T. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Aksesoris Pakaian Di Toko Mingka Bandung. Value, 2(1), 57–66. https://doi.org/10.36490/value.v2i1.184

Rakhmetzhan, A., & Medukhanova, L. (2017). The influence of digital marketing on consumer behaviour. KazNU BULLETIN. International Relations and International Law Series, Vol 78(№ 2), 123–130. https://doi.org/10.26577/irily-2017-2-834

Salma, F. A., Saryadi, S., & Wijayanto, A. (2022). Pengaruh Promosi dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Tokopedia. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 758–763. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.36079

Sheikh Qazzafi. (2019). Consumer Buying Decision Process. International Journal of Scientific Research and Engineering Development, 2(5), 130–133.

Simange, C., Tawas, H. N., & Roring, F. (2023). Analisis Pengaruh Potongan Harga, Citra Merek, Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Di Alfamidi Kec. Tobelo Tengah. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 761–771. https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.50226

Siswanto, E. P., & Hastuti, M. A. S. W. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Toko Mourish Shoplist Tulungagung. Jurnal Economina, 2(7), 1816–1828. https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.680

Sopang, F. I. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Mie Instan (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Dharmawangsa). Journal Economy and Currency Study (JECS), 3(2), 24–36. https://doi.org/10.51178/jecs.v3i2.291

Sparkman, R. M., Hair, J. F., Anderson, R. E., Tatham, R. L., & Grablowsky, B. J. (1979). Multivariate Data Analysis with Readings. In Journal of Marketing Research (Vol. 16, Issue 3). https://doi.org/10.2307/3150726

Sudharmo, G. (2010). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Tobing, N., Hoesin, W., & Subagja, I. K. (2022). The Effect of Promotion and Service Quality on Purchase Decisions Through Purchase Interest on Grabfood Application in East Jakarta. International Journal of Business and Social Science Research, 25–33. https://doi.org/10.47742/ijbssr.v3n10p3

Wuysang, J., Tamengkel, L. F., & Punuindoong, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Royal Wedding Organizer Manado. Productivity, 3(4), 304–308.

Yahya, M. Z., & Sukandi, P. (2023). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pengguna Marketplace Shopee Masyarakat Kota Bandung). Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi, 20(1), 623–635. https://doi.org/10.33197/jbme.vol20.iss1.2022.1057

Yamin, S. (2021). Olah Data Statistik dengan SPSS, SmartPLS, dan AMOS: Edisi Revisi. In SPSS Indonesia. Elex Media Komputindo.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-12

Cara Mengutip

Iskandar Sopang, F., Antoro, B., & Junaidi, L. (2025). PENGARUH LAYANAN, PROMOSI, DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN MELALUI APLIKASI MAXRIDE DI KOTA MEDAN. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 17(2), 356–365. https://doi.org/10.58890/jkb.v17i2.450