EVALUASI MODEL KIRKPATRICK PADA PROGRAM PELATIHAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMPIT BAHRUL ULUM SUBANG

Penulis

  • Didin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STIE GICI
  • Jahani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI

DOI:

https://doi.org/10.58890/jkb.v17i2.462

Kata Kunci:

Evaluasi pelatihan, Model Kirkpatrick, pendidik, tenaga kependidikan, SMPIT Bahrul Ulum Subang.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas program pelatihan bagi pendidik dan tenaga kependidikan di SMPIT Bahrul Ulum Subang dengan menggunakan Model Kirkpatrick yang mencakup empat tingkat evaluasi, yaitu reaksi, pembelajaran, perilaku, dan hasil. Pendekatan kualitatif diterapkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terhadap peserta pelatihan serta lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta memberikan reaksi positif terhadap materi, metode, dan fasilitator pelatihan. Dari aspek pembelajaran, terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan secara signifikan setelah pelatihan. Perubahan perilaku juga terlihat dari penerapan kompetensi yang diperoleh dalam aktivitas kerja sehari-hari. Pada tingkat hasil, pelatihan berdampak pada peningkatan kinerja akademik siswa dan efisiensi operasional sekolah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program pelatihan efektif dalam meningkatkan kompetensi profesional pendidik dan tenaga kependidikan. Meskipun memiliki keterbatasan pada konteks dan sumber daya, temuan ini diharapkan menjadi rujukan bagi pengembangan program pelatihan pendidikan yang lebih berkelanjutan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In Syakir Media Press (Vol. 4, Issue 1).

Andrian, A. D., Mulyana, A., Widarnandana, I. G. D., Armunanto, A., Sumiati, I., Susanti, L., SIwiyanti, L., Nurlaila, Q., Pangestuti, D. D., & Dewi, I. C. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara, 1, 1–216.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publications. August, 1–43.

Devlin Peck. (2023). Model Evaluasi Pelatihan Kirkpatrick (dengan Contoh). https://www.devlinpeck.com/content/kirkpatrick-model-evaluation

From, A. E., & Kirkpatrick, J. D. (2014). Implementing the Four Levels: A Practical Guide for Effective Evaluation of Training Programs. Springer Series in Optical Sciences, 184, 77–110. https://doi.org/10.1007/978-3-319-04513-9_3

Hartono. (2019). Metodologi Penelitian (Issue Mei).

M, Effendi, D. (2022). Implementasi evaluasi model kirkpatrick terhadap kualitas sistem pembelajaran. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 1. https://doi.org/10.29210/1202221160

Muhammad, O. :, Khosyiin, I., & Fakhruddin, M. (2022). Evaluasi Program Pelatihan Model Kirkpatrick. CERMIN: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Berbasis Islam Nusantara, 1(2), 42–46. https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/CERMIN

Nadur, E. S. (2017). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Membentuk Budaya Sekolah Pada Konteks Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penelitian, 21(1), 48–61. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/JP/article/view/885

Phillips, J. J., & Phillips, P. P. (2016). Handbook of Training Evaluation and Measurement Methods (Vol. 9, Issue 2). https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106

Purwaningsih, Y. (2023). Empat Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran. Jpgmi, 6(1), 26–30. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/j-pgmi

Rusydi Ananda, M. P. (2018). PROFESI PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (Telaah Terhadap Pendidik dan Tenaga Kependidikan). In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

Septian Nur Ika Trisnawati, M. P. (2021). PROFESI KEPENDIDIKAN. In Tahta Media Group (Vol. 1, Issue 2). http://eprints.umpo.ac.id/4624/1/3_PROFESI KEGURUAN full pdf.pdf

Sulistiono, E. E., & Biru, R. C. B. (2020). Pelaksanaan Pelatihan Berbasis Kebutuhan Di Berbagai Negara: Meta Sintesis Komponen Pelatihan. NOKEN : Jurnal Pengelolaan Pendidikan, 1(2), 72–83. https://doi.org/10.31957/noken.v1i2.1486

Supriyadi. (2021). EVALUASI PENDIDIKAN.pdf.

Suryadi, A. (2014). Pengembangan Profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2014.

Tamsuri, A. (2022). Literatur Review Penggunaan Metode Kirkpatrick untuk Evaluasi Pelatihan di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2723–2734. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/1154/879

Umar Sidiq, M. M. C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Winaryati, E., Munsarif, M., Mardiana, & Suwahono. (2021). Model-model evaluasi aplikasi dan kombinasinya. In Penerbit KBM Indonesia (Vol. 1, Issue 69).

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-25

Cara Mengutip

Didin, & Jahani. (2025). EVALUASI MODEL KIRKPATRICK PADA PROGRAM PELATIHAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMPIT BAHRUL ULUM SUBANG. Jurnal Gici Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 17(2), 434–447. https://doi.org/10.58890/jkb.v17i2.462