PENGARUH VARIASI PRODUK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUSANA MUSLIM MEREK SHAHLA MUSLIM SYAR’I DI GALLERY UMMU AFIFA COLLECTION
DOI:
https://doi.org/10.58890/jkb.v13i1.85Kata Kunci:
Variasi Produk, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian.Abstrak
Trend fashion busana muslim yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya menjadi peluang bagi produsen busana muslim di Indonesia. Banyaknya variasi busana muslim saat ini membuat produsen harus terus berinovasi menciptakan trand fashion busana muslim baru untuk di tawarkan ke konsumen. Selain itu kulitas yang di tawarkan pun harus sebanding dengan harga yang di bayar oleh konsumen, agar produk yang ditawarkan dapat bersaing dengan brand lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisin Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim Merek Shahla Muslim Syar’i di Gallery Ummu Afifa Collection. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei yaitu penelitian yang datanya dikumpulkan dari sampel atas populasi untuk mewakili seluruh populasi dengan maksud untuk penjajagan (explorative), deskriptif, penjelasan (explanatory atau confirmatory), evaluasi, prediksi atau peramalan, penelitian operasional dan pengembangan indikator-indikator sosial dengan metode penelitian berupa pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model analisis data yang digunakan adalah regresi liner berganda. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 100 responden dengan menggunakan analisis regresi liner berganda. Hasil uji regresi menunjukan bahwa 64,7% faktor-faktor keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variasi produk, kualitas produk dan harga sedangkan sisanya 35,5% dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji F menunjukan secara simultan variabel variasi produk, kualitas produk dan harga secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil analisis yaitu Fhitung (61,465) > Ftabel (2,700) ) serta nilai signifikansinya di atas 0,05. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel kualitas produk menunjukan hasil thitung (8,270) dan variabel harga menunjukan hasil thitung (3,777) dimana ttabel (1,984) maka secara pasial kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian busana muslim merek Shahla Muslim Syar’i di Gallery Ummu Afifa Collection. Adapun variabel variasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian busana muslim merek Shahla Muslim Syar’i. dengan hasil analisis thitung (1,300) < ttable (1,984).Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian busana muslim merek Shahla Muslim Syar’i adalah kualitas produk.
Unduhan
Referensi
Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Assauri, Sofjan. (2014). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Edisi 1.Jakarta: Rajawali Pers
Groover P, Mikel. 2010. Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Process,and systems 4th Edition. London: John Wiley Sons, Inc
Kotler, P., & K.L. Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Belajar.
(2014) Manajemen Pemasaran : Penertbit Erlangga
(2015). Manajemen Pemasaran. Edisi XIII. Jilid 2. (Ahli Bahasa Bob, S). Jakarta: Penerbit Erlangga
Lela,. M. (2015) Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Perusahaan Distro Panser Clothing Parahyangan Plaza Bandung. Skripsi Universitas Islam As-Syafiiyah
Nur Faedah (2016). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Lea Pada Showroom Lea di Samarinda. Skripsi Universitas Mulawarman
Situmorang, S. H., D. M. J. Dunthe., I. Muda., M. Lutfi., & Syahyunan (2008).Aanalisis Data Penelitian (Menggunakan Program SPSS). Cetakan Pertama. Medan : USU Press
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Kedua Puluh Lima. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sunyoto, D. (2013). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit PT CAPS (Center for Academic Publishing Service).
(2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan Kedua). Jakarta: Penerbit PT CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Suparyanto, R.W (2015) Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Bogor. Penerbit : In Media Swastha, Basu. (2014). Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
Unaradjan. D. D., (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Universitas ATMA JAYA.
Umboh, S. O., Altej T., Soepeno, D., (2015) Analisis Kualitas Produk, Brand image dan Life style Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Wanita di Missisippi Manado Town Square. Skripsi Universitas Sam Ratulangi Manado.